Kenapa Valentine Identik dengan Coklat? Ini Alasannya

Ternyata ini alasannya!

Kenapa Valentine Identik dengan Coklat? Ini Alasannya

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Kenapa Valentine identik dengan cokelat? Pertanyaan ini seringkali muncul setiap tahun saat 14 Februari tiba, dan di balik hari kasih sayang sedunia ini tersimpan sejumlah alasan menarik kenapa cokelat menjadi ikon di hari Valentine. Di artikel ini, Yummy App akan membahas alasan kenapa Valentine identik dengan cokelat, simak, yuk!

Kenapa Valentine Identik dengan Cokelat? Ini Alasannya

kenapa valentine identik dengan coklat (freepik.com/freepik)
kenapa valentine identik dengan coklat (freepik.com/freepik)

Kenapa Valentine identik dengan cokelat? Hari Valentine dan coklat menjadi tidak terpisahkan karena kombinasi pengaruh sejarah, budaya, dan pemasaran. Tradisi mengasosiasikan coklat dengan romansa sudah ada sejak era Victoria, di mana coklat dianggap sebagai suguhan mewah. 

Selain itu, alasan kenapa Valentine identik dengan cokelat adalah rasanya yang manis menjadikannya simbol kasih sayang dan cinta. Tentu hal ini sesuai dengan makna Hari Valentine.

Praktik budaya pun semakin memperkuat kaitan antara cokelat dengan Valentine. Pada awal abad ke-20, pertukaran cokelat sebagai tanda cinta mendapatkan popularitas, terutama dengan diperkenalkannya kotak berbentuk hati. 

Kotak-kotak yang dihias dengan gambar romantis ini menjadi simbol ikonik Hari Valentine. Ketika orang-orang menerima gagasan untuk mengekspresikan cinta melalui tindakan manis, hubungan antara Hari Valentine dan cokelat semakin erat. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan cokelat juga memainkan peranan penting dalam membentuk keterkaitan ini.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Cokelat Valentine Terbaik 2024, Jadi Makin Cinta!

kenapa valentine identik dengan coklat (freepik.com/freepik)
kenapa valentine identik dengan coklat (freepik.com/freepik)

Selama bertahun-tahun, para pembuat cokelat memanfaatkan kesempatan ini untuk memanfaatkan esensi romantis Hari Valentine, termasuk mempromosikan cokelat sebagai hadiah penting untuk mengekspresikan cinta. Iklan, kemasan, dan cokelat spesial bertema Hari Valentine membanjiri pasar, memperkuat gagasan bahwa memberi cokelat adalah tindakan yang bermakna dan menyentuh hati. 

Selain itu, cokelat juga identik dengan perasaan jatuh cinta dan perhatian. Rasanya yang manis membuat siapa pun yang memakannya akan merasa bahagia, apalagi bila cokelat tersebut diberikan oleh kekasih hati.

Oleh karena itu tidak heran jika kenapa Valentine identik dengan cokelat. Hari spesial ini menjadi identik dengan cokelat karena adanya tradisi yang terus dianut secara global sebagai ekspresi cinta dan kasih sayang yang manis legit.

Baca Juga: 7 Ide Kado Valentine Unik dan Romantis

Dengan berbagai faktor sejarah, simbolisme, dan tentu saja selera manisnya, tidak mengherankan jika cokelat telah menjadi ikon tak terpisahkan dari perayaan Valentine, jangan lupa install Yummy App untuk mengetahui berbagai rekomendasi menu yang cocok untuk pemberian Valentine selain cokelat!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Cromboloni Isi Coklat

Cromboloni Isi Coklat

(5.0)

90 mnt

recooks-0
Angken Keenan

Angken Keenan

Churros Cokelat

Churros Cokelat

(5.0)

30 mnt

94

Artikel Lainnya di tips