Advertisement

Advertisement

Advertisement

7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Ciri, dan Bedanya dengan Ayam Negri

Telur ayam kampung vs telur ayam negeri, mana pilihanmu?

7 Manfaat Telur Ayam Kampung, Ciri, dan Bedanya dengan Ayam Negri

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Telur ayam kampung dipercaya memiliki kandungan gizi yang lebih unggul dibanding telur ayam negeri. Benarkah demikian?

Berbagai sumber mengatakan, telur ayam kampung merupakan hasil ternak alami dari ayam yang dipelihara dengan cara dilepasliarkan. Ayam kampung memperoleh pakan alami dari tumbuhan seperti biji-bijian atau hewan seperti cacing atau serangga dan bukan dari bekatul.

Sementara telur ayam negeri merupakan hasil ternak yang dipelihara sedemikian rupa, difasilitasi dengan kandang higienis, dan diberi pakan biji-bijian serta bekatul. Proses ternak dan pakan ayam inilah yang menjadi alasan mengapa telur ayam kampung diyakini memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibanding telur ayam negeri.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat telur ayam kampung, ciri-ciri, dan bedanya dengan telur ayam negeri, kamu bisa simak penjelasan yang sudah Yummy App rangkum di artikel ini!

Advertisement

1. Ciri-ciri telur ayam kampung

ilustrasi telur ayam kampung
ilustrasi telur ayam kampung (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Untuk dapat mengenali bentuk dari telur ayam kampung, kamu bisa melihatnya dari beberapa ciri berikut:

Ciri cangkang

Telur ayam kampung memiliki warna cangkang putih cerah dengan sedikit semburat warna kuning kecokelatan. Tekstur cangkangnya pun halus jika disentuh dan terlihat mengkilap tanpa ada bercak-bercak.

Dibanding telur ayam negeri, ukuran telur ayam kampung lebih kecil dengan ujung bagian ovalnya sedikit lebih runcing. Kulit cangkangnya juga lebih keras dan padat sehingga cenderung tidak mudah untuk dipecahkan.

Ukuran dan bentuk

Kuning telurnya bewarna kuning terang cenderung oren dengan komposisi kuning telur lebih besar dibanding putih telur. Tekstur kuning telurnya pun cukup padat karena kadar airnya sedikit. Hal ini juga dikarenakan telur ayam kampung memiliki kandungan protein yang tinggi.

Advertisement

2. Kandungan gizi telur ayam kampung

ilustrasi telur ayam kampung
ilustrasi telur ayam kampung (pexels.com/klaus-nielsen)

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Data Komposisi Pangan Indonesia, pada setiap 100 gram telur ayam kampung, terdapat:

  • 174 kal energi
  • 10,8 gram protein
  • 14 gram lemak
  • 1,2 gram karbohidrat
  • 68 miligram kalsium
  • 268 miligram fosfor
  • 4.9 miligram besi

Telur ayam kampung juga merupakan sumber kalium, natrium, beta karoten, asam lemak omega-3, dan antioksidan.

3. Manfaat telur ayam kampung

ilustrasi ayam kampung
ilustrasi ayam kampung (freepik.com/freepik)

Setelah melihat kandungan gizi yang dapat kamu peroleh dari mengonsumsi telur ayam kampung, kamu bisa memilihnya untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi harian.

Di samping itu, telur ayam kampung juga memiliki manfaat kesehatan lainnya yang bisa kamu peroleh, di antaranya:

1. Mengoptimalkan fungsi otak

Pada telur ayam kampung, terdapat kolin, vitamin lengkap, dan mineral lain yang dapat membantu fungsi otak berkembang lebih optimal.

2. Mendukung perkembangan sel tubuh

Kandungan protein dan asam amino esensial yang ada pada telur ayam kampung dapat membantu kinerja organ dan sel tubuh berjalan dengan baik.

3. Membangun masa otot

Selain membantu kinerja organ dan sel tubuh, protein dan asam amino esensial juga mampu memperbaiki kerusakan akibat aktivitas. Sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi para atlet atau orang-orang yang ingin memiliki bentuk tubuh atletis untuk dapat memperkuat kinerja otot saat beraktivitas.

4. Menjaga kesehatan mata

Pada telur ayam kampung, terdapat vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang merupakan antioksidan yang baik untuk meningkatkan fungsi mata. Sehingga, mampu mengatasi risiko kehilangan penglihatan degenerasi makula atau katarak.

5. Membantu program diet

Terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi, telur ayam kampung dapat membuatmu kenyang lebih lama dan mencukupi gizi harianmu.

Konsumsi telur ayam kampung di pagi hari untuk sarapan selama menjalankan diet, dapat mempersiapkan tubuhmu untuk energi di pagi hingga siang hari.

6. Mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kesehatan jantung

Terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan trigliserida yang merupakan kolesterol jahat pemicu risiko penyakit jantung.

Jumlah omega-3 pada telur ayam kampung jauh lebih banyak dari jenis telur ayam negeri. Sehingga mampu memelihara kesehatan jantung dengan mengatur kadar kolesterol di dalam tubuh.

7. Menjaga keseharan kulit

Kandungan vitamin lengkap dalam kadar tinggi, terutama vitamin A, C, dan E, sangat dibutuhkan untuk memperbaiki dna menjaga kulit.

Vitamin A dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, sementara vitamin C dibutuhkan untuk menghasilkan kolagen dan vitamin E memberikan perlindungan pada sel kulit dari bahaya stres oksidatif yang mencegah penuaan dini dan penyembuhan bekas luka.

4. Perbedaan telur ayam kampung dan telur ayam negeri

ilustrasi telur ayam negeri
ilustrasi telur ayam negeri (freepik.com/freepik)

Perbedaan fisik dan cangkang

Kedua jenis telur ayam ini memiliki ciri fisik yang sangat mudah dibedakan. Dilihat dari cangkangnya, telur ayam negeri atau ayam ras memiliki cangkang bewarna cokelat gelap dan beberapa bewarna cokelat muda.

Sementara untuk telur ayam kampung, warnanya cenderung putih terang dengan sedikit warna kuning kecokelatan yang terlihat samar.

Ukuran telur ayam kampung pun lebih kecil dibanding telur ayam ras. Selain itu, bentuknya lebih lancip dibanding telur ayam ras yang berbentuk oval sempurna.

Perbedaan kandungan nutrisi

Untuk kandungan nutrisinya, kedua jenis telur ayam ini sebetulnya tidak jauh beda. keduanya mengandung jumlah kalori dan lemak yang cenderung sama.

Namun, telur ayam kampung unggul pada jumlah kandungan vitamin dan asam lemak omega-3 yang jauh lebih banyak dibanding telur ayam negeri atau ayam ras. Selain itu, telur ayam kampung juga sedikit lebih unggul di kandungan protein dan karbohidrat.

Apakah aman dimakan setengah matang?

Telur ayam kampung diklaim aman jika diproses atau dikonsumsi setengah matang. Hal ini karena ketahanan tubuh ayam kampung terhadap penyakit lebih tinggi dibanding ayam negeri atau ayam ras. Oleh karena itu, telur yang dihasilkan pun juga dapat melawan penyakit dengan sama baiknya.

Sementara untuk ayam negeri, sebaiknya tidak dikonsumsi setengah matang. Telur ini positif mengandung salmonela yang rawan menyebabkan penyakit jika dikonsumsi manusia.

Salmonela bisa mati dalam suhu yang sangat panas, sehingga memasak telur ayam negeri hingga matang adalah pilihan yang lebih baik.

Setelah mengetahui informasi mengenai manfaat telur ayam kampung dan perbedaannya dengan telur ayam negeri, kini kamu tidak perlu lagi bingung menentukan pilihan untuk mengonsumsi jenis telur yang mana. Keduanya tentu sama-sama baik dan bermanfaat bagi tubuh.

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Hana Arnin

Hana Arnin

Bubur Telur Ayam Kampung #MabarYummyCommunityRamadhan

Bubur Telur Ayam Kampung #MabarYummyCommunityRamadhan

(2.0)

5 langkah

3.2 rb

Artikel Lainnya di tips

Advertisement