Comscore Tracker

​Membersihkan Udang dengan Tepat dalam 8 Langkah Mudah

​Terhindar dari amis dan bau
​Membersihkan Udang dengan Tepat dalam 8 Langkah Mudah

Udang merupakan salah satu hasil laut yang kaya nutrisi dan punya manfaat baik untuk tubuh. Udang mengandung protein, kalsium, yodium, hingga asam lemak omega-3 dan omega-6.

Agar dapat menikmati manfaat baiknya, udang kerap kali diolah menjadi ragam masakan lezat. Proses pengolahannya pun beragam, seperti digoreng, dibakar, atau dikukus.

Namun seperti hewan laut lainnya, udang memiliki bau amis yang bisa mengganggu selera makan. Ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut agar udang tetap segar dan terhindar dari bau amis.

1. Periksa kondisi kesegaran udang

Sebelum mulai mengolah udang, cek kondisi dan kesegaran udang. Mengolah udang yang tidak segar akan berdampak pada cita rasa masakan dan buruk bagi kesehatan. 

Mengenali ciri udang yang sudah tidak segar cukup mudah, yakni bau amisnya terlalu menyengat, berlendir, dan tekstur yang lebih rapuh.

Sementara untuk udang segar, dapat dikenali dari teksturnya yang padat dengan daging berwarna putih cenderung transparan, terlihat mengkilap, dan aroma tidak menyengat.

2. Bilas menggunakan air mengalir

Setelah memastikan kesegaran udang, masukkan udang pada wadah atau keranjang berlubang agar air bilasan tidak tertampung di wadah. Bilas udang menggunakan air bersih yang mengalir dari kran.

Perhatikan kebersihan udang satu per satu, pastikan udang bersih dari lendir atau kotoran yang menempel.

3. Jangan bersihkan dengan air panas

Membersihkan udang cukup dengan air dingin atau air suhu ruang saja, sebab udang sangat mudah matang. Jika udang direndam ke dalam air panas, saat diolah teksturnya akan alot dan akan berpengaruh pada cita rasa makanan.

4. Membuang bagian kepala dan kaki

Kepala dan kaki udang umumnya bisa dikonsumsi karena teksturnya yang garing dan renyah setelah diolah. Namun tidak masalah jika kamu tidak ingin memasukkan kepala dan kaki udang ke dalam masakanmu. Kamu bisa melakukan metode ini untuk melepaskan kepala dan kaki udang.

Caranya, jepit kepala udang dengan jari telunjuk dan jari jempol, lalu pegang tubuh udang dengan tangan satunya. Putar dan tarik kepala udang hingga terlepas.

Untuk melepas kaki udang, balik udang pada bagian perutnya. Cubit kaki-kaki udang dan tarik hingga terlepas. Setelah itu langsung buang kepala dan kaki udang agar tidak menimbulkan bau tidak sedap.

5. Opsional, tapi kamu bisa melepaskan kulitnya juga

Sebagian orang juga enggan mengonsumsi kulit udang karena keras dan akan sangat sulit dikunyah. Jika kamu ingin membuangnya, lakukan dengan hati-hati jika tidak ingin bentuk dagingnya berubah atau terbelah.

Mulai mengupas pada bagian kaki yang tadi sudah dibuang, lakukan secara perlahan agar tidak merusak bentuk dagingnya. Atau bisa juga dimulai dengan menarik kulit di area yang dekat dengan kepala.

Selain itu, kulit udang juga bisa dibuang dengan mengiris kulit di sepanjang punggungnya menggunakan pisau, tepat di atas saluran vena bewarna hitam yang berbentuk tali. Setelah diiris, kulit udang bisa langsung dikupas dengan mudah. Ini adalah cara yang cukup lazim digunakan.

6. Buang bagian ekor dan bersihkan bagian punggung udang

Bagian ekor udang juga merupakan salah satu bagian yang cukup keras dan sulit untuk dikunyah saat dikonsumsi. Jika kamu memilih untuk membuangnya, kamu bisa langsung menariknya dengan tangan hingga terlepas. Setelah membuang bagian ekor, angkat pula saluran vena dan usus yang bewarna hitam di punggung udang.menggunakan pisau atau tangan, lakukan dengan hati-hati hingga bersih.

7. Lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis

Udang memiliki aroma amis khas makanan olahan laut lainnya. Meski normal, namun tetap saja hal ini dapat mengganggu selera makan. Untuk mengatasinya, taburi garam dan perasan jeruk nipis secara merata pada udang yang sudah dibersihkan.

8. Bilas kembali udang dan simpan di dalam freezer

Untuk memastikan tidak ada lagi kotoran atau serpihan kulit yang masih menempel, bilas kembali udang menggunakan air bersih mengalir. Setelah dibilas, pindahkan udang pada wadah tertutup dan simpan di lemari pembeku agar udang kesegaran udang bertahan lebih lama.


Itulah 8 cara membersihkan udang dengan tepat. Langkah-langkah ini bisa kamu lakukan untuk menjaga kesegaran dan kebersihan udang yang akan dikonsumsi. Hal ini dilakukan agar tidak merusak cita rasa dan manfaatnya.