​Mengenal Teknik Mengukus Makanan dan Kelebihannya, Pahami Tipsnya

Teknik anti ribet!

​Mengenal Teknik Mengukus Makanan dan Kelebihannya, Pahami Tipsnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ada beberapa teknik memasak yang umum dilakukan. Beberapa teknik memasak yang diketahui banyak orang antara lain adalah menggoreng, menumis, merebus, dan mengukus.

Dalam artikel ini, Yummy App akan membahas mengenai teknik mengukus makanan dan kelebihannya. Terus baca artikel ini agar kamu mengetahui lebih lanjut mengenai teknik memasak satu ini.

1. Teknik mengukus makanan

1. Teknik mengukus makanan

Teknik memasak satu ini memanfaatkan uap dari rebusan air yang mendidih dalam prosesnya. Umumnya, diperlukan panci khusus untuk mengukus yakni berupa sekat berlubang di dalam panci. Melalui lubang pada sekat tersebut, uap panas dari air mendidih akan naik lalu memanaskan makanan yang diletakkan di atasnya.

Seringkali ada kebingungan antara teknik mengukus dengan teknik merebus. Perbedaan teknik mengukus dan merebus terletak pada peletakkan bahan makanan.

Pada teknik merebus, bahan makanan dimasukkan ke dalam air mendidih. Sedangkan pada teknik mengukus, bahan makanan diletakkan di atas sekat dan hanya memanfaatkan uap panas dari air mendidih saja.

2. Cara mengukus makanan

2. Cara mengukus makanan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pada teknik mengukus, bahan makanan diletakkan di atas uap panas dari air mendidih. Kamu bisa menggunakan panci khusus untuk mengukus atau menggunakan panci yang memiliki kedalaman cukup untuk mengukus. Alat terpenting dalam teknik ini adalah sekat berlubang yang digunakan sebagai jalan uap panas.

Yang harus kamu lakukan adalah mengisi panci dengan air setidaknya satu per tiga dari tinggi panci. Letakkan sekat berlubang ke dalam panci lalu didihkan air dalam keadaan panci yang tertutup.

Setelah mendidih, letakkan bahan makanan di atas sekat berlubang dan tutup panci lalu tunggu beberapa menit menyesuaikan dengan bahan makanan yang dimasak.

3. Kelebihan teknik mengukus

3. Kelebihan teknik mengukus

Ada beberapa kelebihan teknik memasak dengan mengukus yang perlu kamu ketahui. Yang pertama adalah kesehatan yang lebih terjamin apabila dibandingkan dengan teknik merebus.

Hal ini dikarenakan teknik merebus melarutkan vitamin yang terkandung pada bahan makanan. Sedangkan teknik mengukus akan menjaga vitamin pada bahan makanan.

Selain itu, teknik mengukus bisa mempertahankan cita rasa dan warna makanan. Sampah makanan akan berkurang karena makanan yang dikukus dapat diolah lagi. Teknik mengukus juga terbilang lebih hemat dan praktis.

4. Contoh masakan yang dikukus

4. Contoh masakan yang dikukus

Ada banyak contoh masakan yang melalui proses teknik mengukus. Masakan yang menggunakan teknik ini sebagai tenik memasak utama adalah dimsum, cilok, chawan mushi, schotel pasta, dan lain-lain. 

Contoh masakan yang menggunakan teknik ini sebagai alternatif antara lain bolu kukus, brownis kukus, pepes ikan, dan lain-lain. Masakan-masakan tersebut umumnya menggunakan teknik lain seperti teknik memanggang untuk bolu dan brownies atau teknik membakar untuk pepes ikan. Namun, teknik mengukus bisa menjadi teknik pilihan untuk hasil yang sedikit berbeda dengan cita rasa yang lebih khas.

Nah, demikian penjelasan seputar teknik mengukus. Teknik ini mudah dilakukan untuk kamu praktikkan di rumah. Selain itu, teknik memasak satu ini juga dapat menjaga kesehatan bahan makanan yang kamu gunakan. Selamat mencoba!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Nirastorytummy

Nirastorytummy

Tempe Kelapa Kukus

Tempe Kelapa Kukus

(5.0)

5 langkah

recooks-0
pipi

pipi

Gyeran-Jjim (Telur Kukus ala Korea)

Gyeran-Jjim (Telur Kukus ala Korea)

(5.0)

5 langkah

238

Artikel Lainnya di tips