12 Menu Nasi Padang Paling Favorit dan Enak

Olahan daging sampai sayur, mana yang paling kamu suka?

12 Menu Nasi Padang Paling Favorit dan Enak

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Nasi padang merupakan salah satu ikon kuliner tradisional khas Indonesia, tepatnya sebagai warisan kuliner Minangkabau. Rasanya yang menggugah selera membuat siapa pun ingin kembali menyantapnya.

Kali ini, Yummy App akan mengajak kamu mengenal aneka menu nasi padang yang paling favorit. Apa saja, ya?

1. Rendang

Siapa, sih, yang tidak tahu dengan menu nasi padang satu ini? Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang kenikmatannya telah diakui dunia.

Rendang dibuat dengan daging sapi, santan, dan campuran rempah-rempah aromatik. Rendang dimasak perlahan sampai daging empuk dan bumbu meresap.

Dalam budaya Indonesia, rendang memiliki makna mendalam dan sering disajikan pada acara dan perayaan khusus. Cita rasanya yang gurih serta bumbu rempah yang melekat, menjadikan rendang sebagia salah satu best seller di rumah makan padang.

2. Ayam Pop

ayam pop padang
ilustrasi ayam pop padang (flickr.com/Anita Jacobson)

Menu makan padang selanjutnya yaitu ayam pop yang lembut dan berempah. Untuk mengolah ayam pop, potongan ayam direndam dalam campuran bumbu, termasuk kunyit, bawang putih, dan ketumbar, sebelum digoreng hingga matang sempurna. Tidak heran jika menu nasi padang yang satu ini banyak juga diburu oleh banyak orang.

Sesuai dengan lidah lokal, ayam pop biasa dinikmati bersama sambal terasi pedas. Selain itu, ayam pop juga kerap disajikan sebagai hidangan utama dalam berbagai perayaan atau pertemuan santai. Ayam pop merupakan contoh masakan Indonesia yang unik, memadukan tradisi dan rasa dalam kenikmatan yang renyah dan gurih.

3. Ayam Bakar

Dari sekian banyak olahan ayam pada menu nasi padang, kamu pasti setuju jika ayam bakar termasuk salah satu menu terfavorit.

Ciri khas ayam bakar ini adalah aromanya yang harum. Sedapnya ayam bakar padang berasal dari pengolahannya yang spesial.

Sebelum dibakar, ayam direndam dalam perpaduan bumbu dan rempah, terlebih dulu sehingga memberikan cita rasa yang kaya dan menggoda. Bumbu rendaman tersebut biasanya terdiri dari campuran kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah, dan lainnya.

Baca Juga: Kalori Ayam Bakar, Kandungan Gizi dan Manfaat Ayam Bakar

4. Daging Cincang

gulai daging cincang khas padang
ilustrasi gulai daging cincang (yummy.co.id/Anisa Ajeng)

Bagi Sobat Yummy pecinta daging sapi, belum afdal rasanya jika belum mencoba menu varian daging cincang di rumah makan padang. Tekstur daging cincang bisa berbeda-beda tergantung persiapannya. Bisa empuk saat dimasak dengan gulai, maupun sedikit renyah saat dipanggang atau digoreng. 

5. Sayur Nangka

Rasa sayur nangka merupakan perpaduan antara gurih, manis, dan sedikit pedas. Bumbu gulai kelapa dan santan menyerap ke dalam daging nangka yang empuk, membuat sayur nangka menjadi salah satu menu nasi padang yang jadi incaran.

6. Telur Dadar

telur dadar padang
ilustrasi telur dadar padang (flickr.com/belangaid)

Telur dadar padang berbeda dari telur dadar pada umumnya. Lapisannya lebih tebal dan lebar, dibuat dari campuran telur, kelapa parut, garam, tepung beras, daun bawang, kaldu ayam, bawang, hingga kunyit.

Meski kelihatan tebal, namun tekstur telur dadar padang ringan dengan bagian luar yang kriuk.

Daya tarik hidangan ini terletak pada kesederhanaannya. Persiapannya tidak memakan banyak waktu, sehingga cocok untuk hidangan yang simpel namun enak!

Baca Juga: Berapa Jumlah Kalori Telur Dadar? Ini Kandungan Gizi dan Manfaatnya

7. Dendeng Batokok

Dendeng batokok merupakan masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan dendengnya yang beraroma dan empuk. Rasanya merupakan perpaduan antara manis, gurih, dan pedas.

Rasa nikmat dendeng batokok dihasilkan dari kombinasi bumbu marinasi, yaitu kecap, bawang putih, bawang merah, gula jawa, dan berbagai bumbu. Teksturnya sangat kenyal,  sehingga Sobat Yummy tidak akan kesusahan untuk menyantapnya.

8. Gulai Tunjang

gulai tunjang padang
ilustrasi gulai tunjang padang (flickr.com/Vanda F Andriani)

Gulai tunjang disajikan dengan daging sapi trotters (tunjang) yang dimasak dalam kaldu santan berbumbu, sehingga menghasilkan daging yang lembut. Kelezatan hidangan ini muncul dari perpaduan bumbunya yang terdiri dari kunyit, lengkuas, dan serai, sehingga menciptakan rasa yang gurih dan sedikit manis.

Menu nasi padang yang satu ini merupakan salah satu menu paling banyak dicari, lho. Jangan lupa untuk mencobanya, ya.

9. Gulai Ikan

Gulai ikan padang bisa menggunakan daging ikan pari atau kakap. Daging ikan direbus dalam campuran bumbu hingga empuk. Perpaduan rasa gurih, manis, pedas, serta lembutnya daging ikan, menambah kelezatan gulai ikan secara keseluruhan.

Pastikan Sobat Yummy mencoba menu ini ketika berkunjung ke rumah makan padang, ya.

10. Ikan Kembung Bakar

ikan kembung bakar menu nasi padang
ilustrasi ikan kembung bakar (flickr.com/abang debey)

Bagi Sobat Yummy pecinta ikan, wajib mencoba ikan kembung bakar yang biasa ditemukan pada menu nasi padang. Daging ikan kembung direndam dengan campuran rempah-rempah yang beraroma, seperti kunyit, jahe, dan bawang putih, sehingga memberikan rasa yang enak dan gurih. 

11. Usus Sapi

Usus sapi atau babat sapi juga termasuk hidangan populer di rumah makan padang. Usus sapi memiliki tekstur kenyal yang unik. Sering kali diolah campuran bahan-bahan rempah seperti santan, kunyit, lengkuas, dan ketumbar, sehingga menciptakan rasa gurih dan sedikit pedas.

12. Ayam Goreng Lengkuas

ayam goreng lengkuas menu nasi padang
ilustrasi ayam goreng lengkuas (yummy.co.id/Sari Damayanti)

Selain ayam pop, menu nasi padang yang tidak kalah populer yaitu ayam goreng lengkuas. Olahan ayam satu ini begitu unik dan tentu kaya rasa, sebab diolah dengan parutan lengkuas, daun salam, daun jeruk, sereh, merica, dan ketumbar.

Tak perlu khawatir dengan rasa lengkuasnya. Dalam olahan ayam goreng ini, lengkuas parut justru terasa manis dan gurih. Nikmat walau hanya disantap sendiri bersama nasi hangat.

Baca Juga: ​Berapa Kalori Nasi Padang dalam Satu Porsinya? Cari Tahu Yuk!

Dari deretan menu nasi padang di atas, mana, nih, yang jadi andalan Sobat Yummy kalau ke rumah makan padang?

Kalau ingin memasaknya sendiri juga gampang, lho. Tinggal download aplikasi Yummy App yang tersedia gratis di Play Store dan App Store. Lalu, ikuti langkah-langkahnya, deh!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Gulai Daging Cincang

Gulai Daging Cincang

(5.0)

35 mnt

1.9 rb

Artikel Lainnya di tips