10 Rekomendasi Merk Susu Evaporasi yang Enak dan Harganya

Sudah pernah minum merek ini tersebut, belum?

10 Rekomendasi Merk Susu Evaporasi yang Enak dan Harganya

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Susu merupakan sumber nutrisi yang kaya akan vitamin dan tentunya penting bagi kesehatan. Secara umum susu mengandung protein, karbodhidrat, lemak, serta vitamin dan mineral.

Kandungan susu yang sedemikian rupa memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Mulai dari kesehatan tulang, penyedia energi, meningkatkan kemampuan kognitif dan intelektual, serta mengoptimalkan fungsi otak dan saraf. 

Susu yang beredar di pasaran, nyatanya memiliki berbagai macam varian, lho. Salah satunya adalah susu evaporasi.

Susu evaporasi merupakan susu sapi segar yang memiliki tekstur yang sedikit kental karena kadar airnya telah dihilangkan melalui proses pemanasan pada suhu 120–122ᵒC.

Meskipun telah mengalami proses pemanasan, susu evaporasi masih mampu mempertahankan nutrisi yang ada di dalamnya sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat dari susu evaporasi antara lain menjaga kesehatan tulang, menaikkan berat badan, membuat masakan menjadi lebih lezat, serta menjadi sumber energi karena kaya akan kandungan kalori dan protein.

Nah, Yummy App kali ini sudah merangkum rekomendasi merk susu evaporasi yang enak beserta harganya.

1. Carnation

Carnation kaleng
ilustrasi Carnation (nestle.co.id)

Susu evaporasi Carnation keluaran Nestle pastinya sudah kita sering lihat baik di pasaran maupun di pedagang minuman. Tekstur dari susu ini hampir seperti kental manis.

Susu Carnation dapat dibanderol dengan harga sekitar Rp11.000 hingg Rp18.000 dengan ukuran 405 gram. Susu Carnation ini bisa dijadikan sebagai campuran untuk membuat pudding, aneka kue, roti hingga pudding.

2. Tiga Sapi

Susu Tiga Sapi
ilustrasi Tiga Sapi (indofood.com)

Susu Evaporasi Tiga Sapi dapat menjadi bahan campuran untuk makanan bersantan, seperti gulai, opor, rendang, dan sayur lodeh. Selain memberikan cita rasa yang lezat, dengan menggunakan susu ini dalam campuran makanan akan meminimalisir bahaya kolesterol.

Susu evaporasi yang satu ini dikemas dalam wadah karton tetrapack yang steril dan tentunya juga aman. Dengan ukuran kemasan 500 gram, susu ini dijual dalam kisaran harga Rp14.000 – Rp22.000.

3. Milko

Susu Milkok
ilustrasi Milko (milko.co.id)

Milko Susu Evaporasi merupakan susu evaporasi pertama yang hadir dalam kemasan botol dengan konsentrasi tinggi, creamy, dan rasa yang gurih. Susu ini cocok untuk dijadikan campuran ke minuman maupun bahan aneka kue.

Meskipun kemasannya kecil dengan berat bersih 210 gram, Milko Susu evaporasi memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Dengan kemasan yang praktis dan mudah disimpan, Milko Susu Evaporasi dapat dibanderol dengan harga Rp7.000–Rp7.900.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Susu Rendah Lemak untuk Diet, Wajib Dicoba!

4. Dairygold

Susu evaporasi dairygold kaleng
ilustrasi Dairygold (culinagemilangindonesia.co.id)

Susu Evaporasi Dairygold menghadirkan formulasi susu evaporasi yang sedikit berbeda denhan susu lainnya. Biasanya, susu evaporasi memerlukan tambahan air agar teksturnya seidikit encer, sedangkan susu evaporasi Dairygold tidak perlu diencerkan lagi.

Susu evaporasi Dairygold memiliki ukuran 385 gram dan bisa didapatkan dengan harga Rp23.000–Rp25.000.

5. Sunbay

Susu Sunbay kaleng
ilustrasi Sunbay (productnation.co.id)

Jika kamu mencari merk susu evaporasi dengan harga yang cukup ekonomis dibanding merk lainnya, mungkin susu Evaporasi Sunbay bisa dijadikan sebagai opsi.

Susu Evaporasi Sunbay memiliki kualitas rasa yang dapat bersaing dengan cita rasanya yang gurih dan creamy. Cita rasanya mampu menambah kelezatan pada setiap masakan yang dihidangkan.

Susu Evaporasi Sunbay bisa didapatkan dengan harga Rp11.000–Rp13.000.

6. F&N

Susu evaporasi F&N
ilustrasi susu F&N (fnnfoods.com)

Produk susu evaporasi ini datang dari negara tetangga alias Malaysia. F&N Evaporated Filled Milk dapat dijadikan sebagai bahan campuran di seluruh hidangan baik kue, makanan, maupun minuman.

Tekstur dalam susu ini terbilang cair dengan berat bersih 380 gram dengan harga kisaran Rp18.000–Rp18.500. Meskipun produk susu ini berasal dari luar negeri, kamu dapat menemukannya dengan mudah di toko online maupun supermarket terdekat.

Baca Juga: Bayi Tidak Cocok Susu Formula? Ini Ciri-cirinya

7. Teapot

Susu evaporasi kaleng Teapot
ilustrasi susu Teapot (fn.com)

Susu evaporasi Teapot memiliki karakteristik unik dengan kandungan protein yang relatif tinggi dari lemak, memberikan ciri khas gurih dan kelezatan pada rasanya. Keistimewaan ini menjadikannya pilihan yang menarik dalam dunia produk susu.

Penggunaan susu evaporasi ini juga bervariasi. Dengan popularitasnya sebagai bahan olesan untuk berbagai hidangan serta sebagai tambahan istimewa pada minuman seperti thai tea. Rentang harga antara Rp15.000 hingga Rp15.500 per kalengnya.

8. Marigold

Susu evaporasi Marigold kaleng
ilustrasi Marigold (fn.com)

Rekomendasi selanjutnya, juga datang dari negara tetangga. Marigold Dawn Susu Evaporasi menjadi pendatang dari Singapura. Produk impor yang satu ini mampu memberikan hasil akhir hidangan yang creamy.

Rasa susu yang lebih kuat ketimbang susu evaporasi lainnya membuat harga dari susu ini cukup tinggi dibandingkan susu evaporasi lainnya. Marigold Dawn Susu Evaporasi bisa didapatkan dengan harga Rp21.000–Rp27.000 tiap kemasannya.

9. Frisian Flag Omela

Susu evaporasi kaleng Frisianflag
ilustrasi susu Omela (frisianflag.com)

Susu evaporasi Frisan Flag Omela memiliki karakteristik rasa gurih yang memiliki potensi untuk memperkaya pengalaman rasa dalam berbagai hidangan, seperti kopi, teh, es buah, dan makanan lainnya. Kualitas rasa ini tentunya akan menambah dimensi baru pada setiap hidangan yang dihidangkan.

Selain menghadirkan kelezatan, susu evaporasi ini juga diperkaya dengan kandungan nutrisi penting seperti vitamin A, B1, dan D3. Keberadaan protein, karbohidrat, dan lemak dalam komposisinya juga menambah nilai gizi pada susu ini. Rentang harga yang variatif, yakni antara Rp11.500 hingga Rp24.000.

10. Luna

Susu evaporasi Luna kaleng
ilustrasi susu Luna (luna.com)

Kali ini, rekomendasi datang dari negara yang cukup jauh dari Indonesia. Luna Evaporated Milk merupakan susu evaporasi yang berasal dari Arab Saudi. Susu ini dapat menghasilkan sajian yang creamy dan sangat lezat.

Luna Evaporated Milk dapat dijadikan sebagai campuran kopi dan teh dengan cara mengencerkannya terlebih dulu menggunakan air. Luna Evaporated Milk bisa didapatkan dengan harga Rp25.000.

Berbagai kegunaan susu evaporasi, seperti tambahan pada sarapan, campuran kue dan adonan, tambahan pada minuman dingin, dan lainnya, dapat memberikan ide untukmu dalam berkreasi pada setiap makanan.

Baca Juga: Perbedaan Susu Kental Manis dan Krimer, Yakin Sudah Paham?  

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dapur Embun

Dapur Embun

Nasi Mentai Tuna

Nasi Mentai Tuna

(5.0)

6 langkah

238

Artikel Lainnya di tips