​Nappuccino, Kombinasi Minum Kopi dan Tidur Siang Biar Tubuh Energik!

Harus dicoba setidaknya sekali

​Nappuccino, Kombinasi Minum Kopi dan Tidur Siang Biar Tubuh Energik!

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Kopi sudah menjadi minuman penambah energi yang diandalkan banyak orang, terutama oleh pekerja yang akan lembur seharian. Namun, cara minum yang salah justru bisa mengurangi keampuhan kopi dalam mendobrak stamina, loh.  

Untuk menyiasati itu, sebuah tren bernama nappucino muncul dan diklaim jadi solusi tokcer agar tubuh energik sepanjang hari. Praktik nappucino sendiri mengharuskan kamu minum kopi lalu tidur siang sejenak di sela aktivitas. 

Lalu pertanyaannya, bagaimana mungkin kita bisa tidur setelah menenggak secangkir kopi? Apakah nappucino bisa berdampak positif terhadap produktivitas? Kita akan cari tahu bersama lewat artikel berikut!

1. Apa itu nappucino?

ilustrasi nappucino
ilustrasi nappucino (pexels.com/Tatiana Syrikova)

Nappucino adalah istilah lain dari coffee nap yang memadukan kegiatan minum kopi sebelum melakukan tidur siang sejenak. Nappucino diperkenalkan oleh Daniel Pink dalam buku bertajuk "When: The Scientific Secrets of Perfect Timing" tahun 2018. 

Meski terdengar kontradiktif, tapi perpaduan antara kopi dan tidur siang dianggap dapat menciptakan sinergi yang baik. Praktik nappucino bahkan menghasilkan kewaspadaan dan produktivitas yang lebih efektif daripada hanya minum kafein atau tidur siang saja.

Secara klinis, tidur siang sangat bermanfaat dalam membantu orang membuat keputusan dan melakukan pemecahan masalah dengan lebih baik. Bila ditambah konsumsi kopi di waktu yang tepat, nappucino dinilai sebagai strategi hebat untuk beristirahat tanpa merusak seluruh hari yang tersisa.

2. Bagaimana cara kerja nappucino?

Beberapa kopi berkafein
ilustrasi kopi berkafein (freepik.com/rawpixel.com)

Saat mendengar konsep nappucino, kamu mungkin berpikir bahwa minum kopi akan membuatmu kesulitan tidur siang. Namun, harus diingat kalau diperlukan beberapa waktu hingga tubuh merasakan efek kafein.

Sebuah studi tahun 2010 berjudul Caffeine and Adenosinemenunjukkan bahwa praktik nappucino mampu mendorong tingkat energi karena efeknya pada adenosin, yakni zat kimia yang membuatmu mengantuk dan menstimulus untuk tidur. 

Adenosin akan bersirkulasi ke seluruh tubuh ketika kamu merasa lelah. Aliran adenosin itu mulai turun setelah kamu tertidur. Menurut para peneliti, minum kopi sebelum tidur siang bisa membantu tubuh membuang kadar adenosin tersebut.

Mengonsumsi kafein bisa mencegah penerimaan adenosin di otak, sementara tidur siang dapat meningkatkan efek kopi dengan menambah ketersediaan reseptor. Itulah mengapa nappucino bisa meningkatkan level energi lebih optimal dibanding sekadar minum kopi atau tidur siang.

Baca Juga: 10 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Bikin Gak Habis Pikir!

3. Tips melakukan nappucino

ilustrasi nappucino
ilustrasi nappucino (pexels.com/Darlene Alderson)

Melakukan nappucino cukup mudah kalau kamu bisa menemukan waktu di sela-sela kesibukan. Nappucino sebaiknya dilakukan setelah makan siang tapi tidak terlalu mepet dengan waktu tidur. Berikut panduan nappucino merujuk laman Sleep Foundation:

  • Pertama siapkan ruang untuk tidur. Ini bisa sesederhana menemukan ruang gelap dan sunyi. Kamu bisa menggunakan kursi mobil atau di mana pun kamu merasa nyaman dengan gangguan cahaya dan suara yang minim.
  • Selanjutnya, dapatkan kopi yang kamu suka. Tujuannya adalah minum sekitar 100-200 miligram kafein atau setara dengan double shot espresso.
  • Minumlah kopi dengan cepat, jadi alih-alih kopi panas pertimbangkan es kopi. Menghabiskan kopi sesegera mungkin memberi waktu bagi tubuh untuk bersiap sebelum efek kafein bekerja dalam rentang waktu 30 menit.
  • Setelah menghabiskan kopi, usahakan untuk tidur siang antara 10-20 menit. Durasi optimal untuk nappucino adalah 20 menit, melebihi itu akan masuk ke kondisi tidur lebih dalam. Jika kamu tidur lebih lama, itu tidak akan menguntungkan karena menyebabkan kelesuan.

Secara total, nappucino membutuhkan waktu sekitar 25-30 menit. Rencanakan lima menit untuk persiapan memilih tempat tidur, minum kopi, dan mengatur alarm.

4. Manfaat melakukan nappucino

ilustrasi nappucino
ilustrasi nappucino (pexels.com/Vlada Karpovich)

Tidur siang di tempat kerja sangat dianjurkan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan keterampilan profesional. Apalagi jika dikombinasikan dengan konsumsi kafein, itu dapat bekerja secara ajaib untuk meningkatkan produktivitas kamu. 

Beberapa manfaat melakukan nappucino antara lain:

  • Membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kekebalan tubuh. 
  • Mengurangi hormon stres dan menurunkan peluang terkena penyakit jantung.
  • Memiliki efek positif pada kinerja kreativitas. 
  • Meningkatkan kemampuan otak untuk memproses informasi yang kompleks dan membuat keputusan lebih baik.
  • Membalikkan penurunan persepsi visual sehingga memudahkan untuk mengatasi pekerjaan atau informasi berlebihan di tempat kerja.

Meskipun penelitian tentang efektivitas nappucino terbatas, tapi itu terbukti dapat meningkatkan energi lebih baik dari sekadar minum kopi atau tidur siang saja. Segelas kopi tepat sebelum tidur siang selama 20 menit mungkin cara terbaik untuk merasakan manfaat nappucino.

Untuk menghindari gangguan tidur di malam hari, berhentilah minum kopi setidaknya enam jam sebelum tidur. Nappucino patut dicoba, selama kamu tidak berlebihan mengonsumsi kafein. 

Baca Juga: 9 Jenis Kopi Terpopuler yang Wajib Kamu Cicipi, Khas Semua!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Astri Anjarwati

Astri Anjarwati

Ice Cream Chocolate

Ice Cream Chocolate

(5.0)

5 langkah

469

laily puspitasari

laily puspitasari

Es Kopi Susu Karamel

Es Kopi Susu Karamel

(5.0)

5 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips