Perbedaan Chopper dan Blender yang Wajib Kamu Ketahui!

Ketahui perbedaan ini sebelum membeli salah satunya!

Perbedaan Chopper dan Blender yang Wajib Kamu Ketahui!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kalau kamu sedang mencari peralatan dapur yang multifungsi, kamu mungkin pernah membandingkan chopper dan blender. Kedua alat ini memang memiliki fungsi yang mirip, yaitu untuk memotong bahan makanan. Meskipun begitu, ternyata tekstur yang dihasilkan kedua alat ini sangat berbeda, lho.

Blender cenderung memiliki mesin yang lebih kuat. Sedangkan chopper ada yang menggunakan mesin dan juga tenaga manual sehingga hasilnya mirip dengan cacahan tangan. Sebenarnya masih banyak perbedaan chopper dan blender yang harus kamu tahu. Beberapa perbedaan ini bisa jadi referensi untuk membeli salah satunya! Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu food chopper?

chopper elektrik
ilustrasi chopper (youtube.com/Maspion)

Food chopper dikenal sebagai alat untuk mencacah makanan atau memotong secara dadu atau juga mengiris. Chopper dirancang agar pengguna bisa memotong bahan makanan tanpa memotongnya terlebih dahulu seperti blender.

Alat memasak ini memiliki dua jenis yang berbeda. Pertama ada yang tidak disertai daya listrik seperti blender, karena itu kamu masih harus menggunakan tenaga saat menggunakannya. 

Cara menggunakan chopper jenis ini adalah dengan menempatkan bahan makanan di atas chopper. Bahan makanan didorong atau menarik pegangannya untuk melewati bilah pisau tajam yang ada di bawahnya. Inilah yang menjadi perbedaan terbesar antara chopper tidak berdaya listrik dan blender. 

Kedua, ada chopper yang menggunakan daya listrik atau baterai. Chopper jenis ini menggunakan listrik atau baterai untuk menjalankan bilah pisau yang ada. Perbedaannya dengan chopper manual adalah harganya yang lebih mahal. Meskipun menggunakan mesin, chopper mesin ini tidak dapat memproses makanan sehalus blender.

Jika dilihat dari hasilnya, ada beberapa jenis food chopper yang dijual dipasaran. Beberapanya adalah pemotong buah dan sayur, pemotong tomat, french fry cutter, spiral turning slicers, dan penggiling daging.

Baca Juga: Banyak Noda Membandel di Kompor? Coba Tips yang Satu Ini!

Apa itu blender?

perbedaan chopper dan blender
ilustrasi blender (freepik.com/yuliiaka)

Blender adalah alat penghalus makanan yang menggunakan mesin sebagai tenaganya. Alat ini dilengkapi dengan mata pisau kuat yang siap menghaluskan makanan dengan tekstur keras sekalipun. Biasanya dua bilah pisau yang ada pada blender ditempatkan di dasar wadah yang tinggi, mirip seperti kendi.

Namun seperti namanya, blender dimaksudkan untuk menghaluskan atau mencairkan apapun yang ada di dalamnya. Alat ini tidak akan meninggalkan tekstur makanan seperti chopper.

Biasanya blender lebih sering digunakan untuk pembuatan smoothies atau jus dengan tekstur yang sangat cair dan lembut. Meski begitu, blender juga menyertakan beberapa level kecepatan untuk mengontrol proses penghalusan makanan di dalamnya. 

Hal yang paling mudah untuk membedakan antara chopper dan blender adalah dari penggunaan mesin. Blender menggunakan mesin sehingga tekstur makanan yang menggunakan alat ini menjadi lebih halus dibandingkan chopper

Chopper vs blender

Jika dilihat dari penjelasan definisi kedua alat memasak ini, kamu mungkin sudah mendapatkan beberapa perbedaan yang mencolok. Berikut ini penjelasan tentang perbedaan chopper dan blender yang harus kamu tahu!

  • Perbedaan fungsi:chopper dirancang untuk memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil yang masih memiliki tekstur asli dari bahan makanan. Sementara blender dirancang untuk melembutkan makanan hingga teksturya berubah menjadi lebih halus ataupun cair. 
  • Perbedaan kapasitas:chopper didesain dengan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan dengan blender. Idealnya, chopper berfungsi untuk memproses makanan dalam jumlah kecil saja. Sementara blender memiliki kapasitas tabung yang jauh lebih besar. Makanya, blender dapat memproses bahan makanan dengan volume yang lebih besar.
  • Perbedaan pisau yang digunakan:chopper menggunakan bilah pisau yang lebih pendek, namun dapat berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat chopper lebih ideal untuk memotong dibandingkan menghaluskan. Sementara blender memiliki bilah pisau yang lebih panjang dan berputar dengan kecepatan sedang. Hal inilah yang membuat blender lebih dapat menghaluskan makanan.
  • Perbedaan desain:chopper memiliki desain atau bentuk yang lebih kecil dibandingkan blender. Chopper juga lebih mudah diangkut kemanapun kamu membutuhkannya. Sementara blender ukurannya lebih besar dan lebih kokoh.

Bisakah food chopper digunakan sebagai blender?

Mungkin kamu ingin membeli salah satunya, namun mendapatkan dua fungsinya sekaligus. Tapi sayangnya, chopper tidak bisa digunakan sebagai blender. Meskipun terlihat serupa, kedua alat ini dirancang dengan tujuan yang berbeda.

Menggunakan chopper sebagai blender juga ternyata berbahaya. Pisau pada chopper akan mudah rusak jika kamu paksakan bekerja diluar fungsinya. Pisau chopper juga beresiko menimbulkan cedera jika terlepas saat digunakan. 

Kini kamu sudah tahu perbedaan chopper dan blender. Dari perbedaan di atas kamu bisa menyimpulkan alat seperti apa yang kamu lebih butuhkan di rumah. Untuk itu, jangan sampai keliru saat hendak membelinya, ya. 

Baca Juga: 8 Jus yang Baik Diminum saat Haid, Bantu Redakan Nyeri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Naila Rizqa

Naila Rizqa

Tahu Cacah Timun

Tahu Cacah Timun

(5.0)

5 langkah

308

Artikel Lainnya di tips