Apa Itu Teknik Roasting? Ini Perbedaan Roasting dan Grilling

Antara roasting dan grilling berbeda, lho! Yuk, cari tahu!

Apa Itu Teknik Roasting? Ini Perbedaan Roasting dan Grilling

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Dalam dunia perdapuran, banyak sekali istilah memasak dan tak jarang terkadang orang awam kurang mengerti maksudnya, bahkan menyamakan istilah satu dengan yang lain. Hal ini karena dalam istilah memasak tersebut, prosesnya hampir sama meski sebenarnya berbeda. Seperti memasak dengan teknik roasting dan grilling.

Di dapur profesional, istilah roasting dan grilling dikategorikan pada teknik memasak secara panas-kering. Tapi bagi orang awam, baik roasting dan grilling merujuk pada kegiatan memanggang, sehingga banyak orang mengira bahwa keduanya adalah istilah ataupun teknik yang sama.

Perlu Sobat Yummy ketahui, ternyata teknik roasting dan grilling sangat berbeda, lho! Banyak perbedaan mendetail antara keduanya bisa kamu pelajari di artikel kali ini. So, simak dan ketahui lebih lanjut di bawah ini!

Apa itu teknik toasting?

teknik roasting adalah
ilustrasi teknik roasting (unsplash.com/ashim d silvia)

Teknik roasting adalah istilah yang merujuk pada memasak bahan pangan di depan hamparan bara. Tapi dalam praktiknya sendiri, roasting merupakan teknik memasak dengan memasukkan bahan pangan pada oven ataupun wadah tertutup lainnya dengan suhu yang tidak terlalu tinggi.

Highlight dari teknik roasting yakni memanggang secara perlahan dengan waktu yang lebih lama, sehingga panas akan meresap ke seluruh bagian bahan pangan yang dimasak. Makanan akan menghasilkan tingkat kematangan yang merata dengan tekstur juicy. Maka, makanan yang dipanggang pun menciptakan cita rasa lebih lezat.

Biasanya makanan dengan pemasakan roasting antara lain, ayam, ikan, daging merah, ataupun sayuran. Teknik ini juga terkadang menggunakan alat seperti rotiserrie yang digantung di dalam tabung oven.

Saat bahan pangan yang dimasak ditusukkan pada rotiserrie, benda tersebut akan memutar sehingga memungkin suhu panas akan merayap lebih merata ke semua bagian makanan.

Apa itu teknik grilling?

teknik grilling adalah
ilustrasi teknik grilling (unsplash.com/paul hermann)

Sementara itu, teknik grilling adalah teknik memasak bahan pangan langsung di atas sumber panas yang umumnya berasal dari arang kayu, gas, ataupun listrik. Penampang yang digunakan untuk teknik grilling yaitu lempengan besi panas, tapi juga bisa menggunakan pan (teflon) untuk meng-grill makanan diatasnya.

Suhu dalam teknik pemasakan ini juga cenderung lebih tinggi, umumnya 170 hingga 300 derajat Celsius, sehingga proses memasakn pun relatif lebih cepat matang. Makanan yang menggunakan pematangan dengan teknik grilling antara lain, masakan steak daging, iga, dan ikan.

Baca Juga: ​4 Hal Penting dalam Menggunakan Teknik Grilling

Perbedaan Roasting dan Grilling

1. Perbedaan suhu

Perbedaan paling mencolok antara teknik roasting dan grilling, yakni terletak pada suhu keduanya. Roasting yang pemasakannya di dalam oven, cenderung menggunakan suhu lebih rendah daripada grilling yang langsung di atas bara api.

Suhu pada teknik roasting biasanya berkisar 150–200 derajat Celsius. Sedangkan pada pemasakan dengan teknik grilling dimulai dari suhu 200–300 derajat Celsius. Perlu Sobat Yummy ketahui, adanya perbedaan suhu ini juga mempengaruhi rasa hingga tekstur makanan yang dihasilkan.

2. Perbedaan waktu

perbedaan teknik roasting dan grilling
ilustrasi roasted potatoes (pinterest.com/iamhomesteader)

Baik roasting ataupun grilling memiliki waktu pemasakan yang berbeda. Hal ini karena perbedaan suhu pemasakan antara keduanya.

Roasting yang menggunakan suhu lebih rendah, sehingga memerlukan pematangan makanan yang lebih lama. Sedangkan tingginya suhu pada teknik grilling, membuat proses pematangan makanan lebih cepat dibandingkan roasting.

3. Jenis bahan pangan

Jenis bahan pangan yang dimasak pun berbeda. Teknik roasting menghasilkan makanan yang matang merata karena dipanggang dengan waktu yang lebih lambat, maka bahan pangan yang dimasak umumnya potongan besar dari ayam ataupun daging, serta sayuran seperti kentang dan wortel.

Sedangkan grilling paling cocok digunakan dalam pemasakan steak atau bahan lainnya dalam potongan kecil ataupun tipis. Hal ini karena intensitas api yang tinggi, sehingga memudahkan makanan pada proses pematangan.

4. Perbedaan tujuan

sosis panggang
ilustrasi sosis grilled (unsplash.com/markus spiske)

Sobat Yummy harus tahu, nih! Tidak asal memanggang, teknik roasting dan grilling memiliki tujuannya masing-masing.

Lama waktu dan suhu lebih rendah yang digunakan pada teknik roasting, memungkinkan untuk panas merayap lebih rata keseluruh bagian makanan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan juice yang flavorful pada daging atau jenis makanan lainnya yang dipanggang, sehingga dapat mempertahankan cita rasa lezat alami pada makanan. Roasting juga dapat membuat bahan pangan memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk.

Sedangkan grilling, karena dimasak langsung di atas bara api, maka metode memasak dengan cara ini cenderung akan menghasilkan makanan dengan rasa dan warna smokey pada daging.

Selain itu, tidak hanya makanan dengan potongan yang tipis, terkadang di restoran yang menjual steak fancy, teknik grilling juga dilakukan pada potongan daging yang lebih tebal. Hal ini bertujuan agar mempercepat proses pematangan pada permukaan luar steak, tapi untuk bagian dalamnya tetap mentah dan juicy, atau yang dikenal sebagai tingkat kematangan medium rare.

5. Perbedaan alat memasak

Alat terpenting dalam melakukan pemasakan roasting, yakni oven. Kemudian perlengkapan lain yang dibutuhkan antara lain, loyang, wadah tertutup dari porselen tahan panas, ataupun menggunakan rotiserrie.

Sementara itu, grilling membutuhkan sumber api langsung, seperti arang kelapa, ataupun menggunakan kompor. Dilengkapi dengan perlengkapan seperti lempengan besi, teflon, ataupun jeruji panggang untuk memanggang biasanya pada daging kebab atau sate.

So, Sobat Yummy sudah paham antara teknik roasting dan grilling, kan? Meskipun sama-sama kegiatan memanggang, ternyata keduanya memiliki proses dan pengaplikasian yang sangat berbeda.

Pemasakan dengan teknik roasting akan menghasilkan makanan bertekstur lembut. Sedangkan dengan grilling, makanan lebih cepat kering dan terdapat after taste smokey. Jadi kamu suka makanan dengan pemasakan roasting atau grilling?

Baca Juga: 7 Cara Menggunakan Oven Listrik yang Baik dan Benar

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Neetasyl

Neetasyl

Roasted Chicken Wings

Roasted Chicken Wings

(5.0)

2400 mnt

260

Artikel Lainnya di tips