Berapa Lama Merebus Kentang yang Tepat? 

Set timer biar lebih pasti

Berapa Lama Merebus Kentang yang Tepat? 

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Kentang adalah salah satu bahan paling serbaguna dan digemari banyak orang, karena itu bisa diolah jadi aneka hidangan lezat. 

Saat ingin membuat perkedel, kemu mungkin berpikir harus merebus kentang berapa menit ya, sampai empuk? Karena kentang yang masih mentah atau overcook jelas bukan yang dimau.

Meski merebus kentang tidak sulit, tapi mengetahui durasi yang ideal bisa memberikan hasil yang lebih baik. Nah, untuk mengetahui estimasi waktu berapa lama merebus kentang, simak informasi selengkapnya berikut ini ya.

Berapa lama merebus kentang sampai matang?

ilustrasi kentang rebus
ilustrasi kentang rebus (unsplash.com/Jaye Haych)

Berapa lama merebus kentang yang tepat sebenarnya akan bervariasi tergantung pada ukuran kentang tersebut. Di mana, kentang utuh berukuran besar yang sudah dipotong dadu akan memakan waktu lebih lama daripada kentang utuh berukuran kecil. 

Melansir informasi dari Bon Appetit, secara umum merebus kentang adalah sekitar 10-40 menit. 10-12 menit untuk kentang berukuran kecil, 15-20 menit untuk kentang besar yang dipotong dadu kecil-kecil, dan 30-40 menit untuk kentang besar yang dipotong dadu besar-besar.

Jika ada beragam ukuran kentang di panci yang sama, kamu bisa membiarkan kentang berukuran lebih besar untuk direbus lebih lama. Sementara kalau ingin matang bersamaan, kamu bisa memotong dadu kentang dengan ukuran yang kira-kira sama. 

Cara tersebut membuat kentang dimasak dengan kecepatan yang sama. Detail cara merebus kentang yang benar bisa disimak berikut.

Baca Juga: Resep Ratatouille Kentang, Kuliner Khas Prancis yang Populer

Tips merebus kentang agar cepat empuk

ilustrasi tips merebus kentang agar cepat empuk
ilustrasi tips merebus kentang agar cepat empuk (unsplah.com/Gilberto Olimpio)

Setelah mengetahui berapa lama merebus kentang dengan tepat, selanjutnya adalah beberapa tips dalam merebus kentang yang juga perlu untuk kamu ketahui.

Kalau kamu ingin kentang yang lebih beraroma, pertimbangkan untuk merebusnya dalam campuran kaldu. Ikuti langkah berikut untuk mendapat kentang rebus dengan tingkat kematangan sempurna:

1. Bersihkan kentang

Mulailah dengan menggosok kentang untuk menghilangkan kotoran, lalu bilas. Kamu juga bisa membuang kulitnya dengan pisau kupas, atau membiarkannya begitu saja.

Mempertahankan kulit kentang bisa menambah beberapa vitamin dan nutrisi, tapi itu tergantung pada preferensi masing-masing. Hilangkan bagian yang muncul tunas dan area hijau dengan pisau.

2. Siapkan kentang

Potong kentang menjadi empat bagian atau dadu untuk mempercepat durasi memasak. Biarkan utuh untuk kentang berukuran kecil, sementara yang lebih besar bisa dibagi menjadi dua. Berapa pun ukuran kentang yang dipotong, pertahankan ukuran yang sama agar kentang matang di saat bersamaan. 

3. Rebus kentang

Masukkan potongan kentang ke dalam panci besar. Untuk 1 kg kentang, gunakan panci berukuran 4 liter. Tambahkan air dingin secukupnya hingga menutupi bagian atas kentang. Tambahkan 1/2 sdt garam ke dalam air.

4. Nyalakan kompor dan didihkan air

Kurangi api dari sedang menjadi rendah. Tutup panci masak kentang dalam air mendidih sampai empuk. Sekitar 10 menit untuk kentang mini, 15–20 menit untuk kentang besar yang dipotong dadu. Kamu bisa menggunakan garpu untuk mengecek tingkat kematangan kentang. Garpu yang meluncur dengan mudah saat ditusuk pertandan matang.

5. Tiriskan kentang

Tuang kentang yang sudah direbus ke dalam saringan atau ambil menggunakan sendok berlubang. Kentang rebus dapat bertahan hingga 3 hari di kulkas setelah didinginkan dan diwadahi berpenutup. 

6. Tip tambahan

Kentang yang terlanjur dipotong atau dikupas harus direndam di dalam air dingin jika tidak segera direbus. Kentang kupas yang dibiarkan di suhu ruang akan berwarna kecokelatan. Kamu bisa menyimpan kentang dalam air hingga 24 jam sebelum dimasak.

Jadi jawaban untuk pertanyaan berapa lama merebus kentang adalah disesuaikan dengan ukuran kentang. Memotong kentang menjadi beberapa bagian memudahkan proses pematangan, sehingga durasi merebus jadi lebih singkat. Jangan lupa untuk mengecek tingkat kematangan sewaktu di atas kompor ya, agar tidak terlalu lunak atau terlalu cepat diangkat.

Baca Juga: 9 Resep Olahan Kentang untuk Lauk Makan, Lezat dan Bergizi!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ayu Putri Irianto

Ayu Putri Irianto

Ayam Kentang Rebus Jahe

Ayam Kentang Rebus Jahe

(5.0)

5 langkah

501

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Perkedel Kentang Keju

Perkedel Kentang Keju

(5.0)

8 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips