15 Rekomendasi Franchise Makanan Buat Pemula, Modal Kecil Omzet Besar

Bisnis FnB memang ga ada sepinya, sih

15 Rekomendasi Franchise Makanan Buat Pemula, Modal Kecil Omzet Besar

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Apakah kamu tertarik untuk mencoba memulai bisnis makanan dan minuman di tahun ini? Bisnis kuliner memang potensial sebab produknya selalu dibutuhkan pasar. Sebagai pemula, salah satu model bisnis yang bisa kamu coba adalah franchise atau waralaba.

Tipe bisnis franchise memungkinkan kamu memiliki hak untuk melaksanakan usaha menggunakan merek, nama, sistem, dan prosedur tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya. Tidak heran, bisnis franchise makanan untuk pemula sering dilirik menjadi pilihan karena lebih mudah dijalankan.

Kalau kamu tertarik untuk bergabung menjadi salah satu mitra, berikut ini Yummy App rekomendasikan daftar menu makanan dan minuman franchise untuk pemula dengan modal kecil. Yuk, simak!

1. Pentol Planet

ilustrasi franchise Pentol Planet
ilustrasi franchise Pentol Planet (Google Maps/Syafatih Live)

Rekomendasi franchise makanan untuk pemula yang bisa kamu mulai dengan modal terjangkau adalah Pentol Planet. Bisnis ini didirikan pada tahun 2007 di Trenggalek, Jawa Timur, dan kini telah memiliki mitra yang tersebar di Jawa Tengah dan Bali.

Sebagai jajanan murah meriah dan nikmat, pentol atau bakso mini selalu laris manis diborong pembeli. Jika kamu tertarik untuk meraup keuntungan dari bisnis kuliner dengan modal kecil, franchise Pentol Planet bisa dijadikan pilihan.

Untuk menjadi juragan di stand Pentol Planet milik sendiri, kamu cukup membayar kemitraan dengan modal awal mulai dari Rp1,5 juta saja. Jumlah segitu tidak menguras tabungan, bukan? 

2. Crispy Crab

Franchise makanan yang satu ini menyediakan hidangan makanan laut yang unik ala street food Thailand. Namun, kepiting mini yang digoreng krispi disajikan dengan bumbu rempah khas Nusantara.

Potensi cuan dalam bisnis ini cukup besar karena belum banyak pesaing yang punya konsep jualan serupa. Jika kamu ingin memiliki gerai Crispy Crab, biaya kemitraannya dibanderol mulai dari Rp3 juta tanpa royalty fee atau franchise fee.

Jadi, ini bisa masuk ide franchise makanan yang cocok untuk pemula. Biaya tersebut sudah termasuk biaya penyediaan bahan baku hingga peralatan memasak.  

3. Bakso Benhil

ilustrasi franchise Bakso Benhil
ilustrasi franchise Bakso Benhil (Google Maps/Bakso Benhil 46)

Bagi para penggemar bakso, pasti sudah familiar dengan bakso yang satu ini. Eksistensi waralaba Bakso Benhil terbukti lewat penghargaan Merk Paling Populer di Media Digital yang disabet pada tahun 2021.

Bakso Benhil mulai eksis sejak tahun 2011 di kawasan Tanah Abang, persisnya di Kelurahan Bendungan Hilir, yang menjadi asal muasal nama Bakso Benhil.

Bakso Benhil adalah salah satu franchise makanan untuk pemula dengan modal kecil yang bisa kamu pilih buat bermitra. Cukup dengan modal awal mulai dari Rp4 juta saja dan tanpa royalti! 

Benefit tersebut sudah bisa membuatmu mendapatkan paket usaha berupa bahan baku untuk 500 hingga 600 porsi. Sedangkan untuk konsep dan lokasi outlet, menyesuaikan dengan keinginan kamu. 

4. Es Teh Poci

Es teh manis memang selalu jadi andalan meski kini sudah banyak hadir minuman kekinian. Salah satu franchise minuman terkenal dengan cita rasa klasik yang sering kita temui adalah Es Teh Poci.

Namun kini, gerai es teh ini juga hadir dalam berbagai varian rasa buah-buahan seperti vanila, lemon, stroberi, apel, hingga mawar dan teh hitam.

Jika kamu perhatikan, gerai Es Teh Poci ada di mana-mana. Selain karena memang banyak digemari, alasan lainnya adalah karena biaya kemitraannya yang sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp5 juta saja. 

Harga di atas sudah termasuk paket usaha lengkap dengan booth, peralatan teh seperti cooler box, kontainer, termos, teko listrik, saringan, mesin segel, dan tentunya bahan baku teh.

5. Es Teh Solo

ilustrasi franchise Es Teh Solo
ilustrasi franchise Es Teh Solo (Google Maps/Es Teh Solo Jolotundo)

Es Teh Solo juga tidak ketinggalan meramaikan usaha minuman yang laris manis diburu pembeli. Budaya minum teh yang memang sudah melekat pada masyarakat, sehingga menjadikan bisnis franchise es teh punya prospek keuntungan yang besar.

Es Teh Solo memiliki cita rasa dan wangi yang khas. Harga satuan untuk es tehnya mulai dari Rp5 ribu saja. Beberapa menu yang bisa kamu coba selain es teh original adalah es teh milo, es teh lemon, es teh tarik, es teh susu, es teh blackcurrant, dan es teh kampoel jeruk.

Paket usaha franchise Es Teh Solo mulai dari Rp7 juta saja. Kamu sudah mendapatkan paket usaha lengkap dengan bahan baku, peralatan, hingga booth. Jadi bisa langsung jualan, deh!

6. Kim Boba

Bisnis minuman kekinian berupa boba memang masih banyak digemari. Bola-bola hitam kenyal yang nikmat digigit saat menyeruput susu rasa brown sugar memang bikin nagih!

Tidak heran, jenis bisnis minuman boba kian menjamur. Kamu pun juga bisa menjadi salah satu pemilik gerai minuman ini, lho!

Cukup dengan modal awal mulai dari Rp8,5 juta, kamu bisa mendapatkan perlengkapan lengkap dan bahan baku, hingga seragam karyawan. Bisnis ini lumayan menjanjikan dan mudah dipasarkan, sehingga cocok buat kamu yang mencari ide franchise makanan untuk pemula.

Baca Juga: 10 Resep Rice Bowl untuk Ide Jualan, Kecil Modal Besar Untungnya!

7. Kini Cheese Tea

ilustrasi franchise Kini Cheese Tea
ilustrasi franchise Kini Cheese Tea (Google Maps/dian patria pambudi)

Persaingan bisnis FnB (food and beverage) di Indonesia memang cukup ketat. Banyak brand yang berlomba menghadirkan produk yang makin relevan dengan pasar. Harga yang ekonomis pun juga harus menjadi perhatian.

Salah satu franchise bernama Kini Cheese Tea, bisa kamu coba untuk menghadirkan produk minuman kekinian yang sedang ramai digemari. Beberapa menu andalan Kini Cheese Tea adalah choco melt, hoki taro, green tea, dan red velvet

Jika kamu tertarik menjadi mitra, modal yang harus disiapkan adalah mulai dari Rp3,9 juta saja untuk membeli lisensi dan peralatan. Modal tersebut di luar bahan baku, sewa tempat, dan biaya promosi.

8. Magu Magu Chicken

Rekomendasi franchise makanan untuk pemula berikutnya adalah Magu Magu Chicken. Brand ini menyajikan ayam goreng krispi yang dibalut dengan bumbu nikmat lalu dimakan bersama siraman saus berbagai varian rasa. Itulah yang menjadi keunggulan Magu Magu Chicken yang membuat gerai ayam yang satu ini banyak digemari.

Buat kamu calon juragan, biaya mitra Magu Magu Chicken bisa didapatkan mulai dari harga Rp8 juta. Harga tersebut sudah termasuk booth, peralatan, bahan baku, biaya promosi, hingga seragam karyawan. 

9. Shizuka Takoyaki

ilustrasi franchise Shizuka Takoyaki
ilustrasi franchise Shizuka Takoyaki (Google Maps/Andri)

Tertarik dengan bisnis kuliner khas Jepang? Mungkin kamu bisa coba bisnis franchise takoyaki yang kerap viral di media sosial! 

Franchise Takoyaki Shizuka bisa kamu dapatkan mulai harga Rp2,5 tanpa uang royalti dan manajemen. Kamu juga mendapatkan pelatihan agar sesuai dengan standar operasional prosedur. Biaya tersebut juga sudah termasuk booth, banner, peralatan masak, dan bahan baku. 

Takoyaki Shizuka merupakan salah satu franchise makanan yang cocok untuk pemula yang baru terjun ke dunia bisnis FnB. Sebab, dengan modal minim, kamu sudah bisa menjalankan bisnis sendiri yang relatif gampang dikelola.

10. Kimbab Ina

Bisnis makanan Korea prospeknya juga tidak kalah menjanjikan. Makanan-makanan ala Korea yang sering tampil dalam film dan drama, menjadikannya dikenal oleh banyak masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. 

Misalnya kimbab, nasi gulung Negeri Gingseng dengan isian sayuran dan daging ikan, sapi, atau ham yang dimasak hingga matang. Sementara, untuk jenis sayurannya berisi wortel, acar lobak, dan bayam.

Jika kamu tertarik menjadi pemilik gerai kimbab Korea ini, kamu bisa bergabung menjadi mitra Kimbab Ina dengan modal awal mulai dari Rp4,7 juta. 

Waralaba ini mengimpor langsung bahan baku dari Korea, ditambah masih minimnya kompetitor untuk bisnis serupa. Dijamin bisnis kuliner pertama kamu bakal bersaing dengan baik di pasaran.

11. Tahu Gila

ilustrasi franchise Tahu Gila
ilustrasi franchise Tahu Gila (Google Maps/ayunda cp)

Menu olahan tahu memang tidak ada habisnya, ya. Bisnis kuliner untuk makanan ringan terus berinovasi menyesuaikan selera masyarakat dan target pasarnya.

Salah satunya adalah Tahu Gila yang diolah dengan cara digoreng krispi lalu diberi tambahan bumbu tabur atau saus. Tersedia 13 pilihan rasa bumbu tabur yang siap memanjakan lidah pelanggan, seperti keju, balado, piza, ayam bawang, hingga rumput laut. 

Jika kamu tertarik untuk bergabung dengan kemitraan Tahu Gila, kamu bisa menyiapkan modal mulai dari Rp5,7 juta. Biaya tersebut sudah termasuk dengan peralatan memasak, bahan baku, banner, hingga desain menu. 

12. Nyoklat Kress

Peluang bisnis franchise makanan untuk pemula berikutnya adalah Nyoklat Kress. Minuman cokelat dengan berbagai varian rasa ini, memberikan sensasi kres-kres ketika disantap karena ditaburi dengan cokelat krispi di dalamnya.

Beberapa varian rasa yang bisa ditawarkan ke pembeli adalah original cokelat, chocolate banana, chocolate hazelnut, tiramisu, milk, oreo, keju, capucino, dan mocca.

Franchise Nyoklat Kress bisa kamu miliki dengan modal awal mulai dari Rp2,9 juta. Dengan harga tersebut, kamu bisa mendapatkan fasilitas seperti backdrop, banner, seragam karyawan, dan tentunya bahan baku.

Modal awal yang minim ini tentunya cocok untuk para pebisnis yang sedang belajar mengembangkan usaha.

13. Roti Bakar Nusantara

ilustrasi franchise Roti Bakar Nusantara
ilustrasi franchise Roti Bakar Nusantara (Google Maps/Popeye Administrator)

Roti bakar sudah lama menjadi camilan favorit masyarakat Indonesia. Sebagai pemula, kamu bisa memulai franchise Roti Bakar Nusantara dengan modal yang terjangkau.

Roti Bakar Nusantara sudah memiliki puluhan cabang yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Sehingga bergabung menjadi mitra dalam bisnis waralaba ini punya potensi yang menjanjikan.

Kamu bisa mulai bisnis kuliner pertamamu dengan modal awal Rp2 jutaan tanpa royalty fee. Kamu juga akan mendapatkan saran konsultasi terkait strategi pemasaran dan penjualan, terutama jika ada permasalahan serius yang perlu ditangani.

14. Roti John

Kuliner klasik berupa roti lapis dengan isian telur dadar ini punya penggemarnya yang tidak sedikit. Kenikmatan sandwich berukuran panjang masih abadi dan diburu hingga kini. 

Alhasil, mulai muncul kembali waralaba Roti John yang bisa dengan mudah kamu temui di sekitarmu. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis Roti John, ada beberapa brand yang bisa kamu lirik seperti Roti John Johor Bahru, Roti John Boss, atau Mr. John Singapore.

Kabar menariknya adalah bisnis franchise Roti John ternyata tidak membutuhkan modal besar. Mulai dari Rp4-12jutaan saja, kamu bisa meraup untung berkali lipat berkat berjualan Roti John.

15. Popchick Chicken

ilustrasi franchise Popchick Chicken
ilustrasi franchise Popchick Chicken (Google Maps/05 Damar Wira Atmaja)

Gerai Popchick Chicken menjual produk ayam goreng tepung dengan jenis chicken popcorn full daging tanpa tulang. Harga per porsi yang ditawarkan sangat terjangkau, lho! Dijamin bakal gampang laku, sehingga franchise makanan ini cocok untuk pebisnis pemula. 

Mitra bisnis Popchick Chicken juga sudah tersebar ke seluruh Indonesia dengan total lebih dari 500 gerai. Agar bisa menjadi bagian dari pemilik bisnis franchise ayam goreng ini, kamu harus menyiapkan modal mulai dari Rp7,9 juta untuk paket usaha. Kamu akan mendapatkan booth, lengkap dengan peralatan memasak dan bahan baku. 

Ada banyak franchise makanan untuk pemula dengan modal kecil yang bisa kamu pertimbang, bukan? Kalau kamu tertarik untuk mencoba, jangan lupa perhitungkan lokasi hingga peluang pasar sebelum memilih jenis franchise yang ingin dijual, ya, Sobat Yummy

Baca Juga: ​10 Ide Jualan Makanan Online yang Dijamin Laris 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ratna Puspita

Ratna Puspita

Es Teh Kampul Khas Solo

Es Teh Kampul Khas Solo

(5.0)

5 langkah

3.4 rb

Artikel Lainnya di tips