5 Rekomendasi Tepung Protein Tinggi dengan Harga Terjangkau

Kualitas premium dengan harga pas dikantong!

5 Rekomendasi Tepung Protein Tinggi dengan Harga Terjangkau

penulis:

Hafi Nur Habiba

Bagikan:

Tentunya Sobat Yummy tidak asing dengan tepung terigu. Tepung dengan banyak kegunaan ini kerap menjadi bahan pelengkap hingga bahan dasar pembuatan makanan, seperti roti, kue, pastry, mie, gorengan, kerupuk, hingga pengental.

Eits, tapi jangan keliru. Tepung terigu terbagi berdasarkan kandungan proteinnya. Sedang hingga tinggi dengan kegunaan yang berbeda.

Apa, sih, kegunaan tepung protein tinggi itu sendiri? Yummy App menghadirkan untuk Sobat Yummy kegunaan dari tepung protein tinggi beserta rekomendasi merk yang bagus dengan harga yang terjangkau. Let’s straight to the point!

Kegunaan tepung protein tinggi

Kadar protein dalam tepung protein tinggi mencapai hingga 12%–14%. Berbeda dengan tepung serbaguna yang hanya memiliki 8%–11% protein. Tingginya protein inilah, membuat gluten dalam tepung protein tinggi juga meningkat, sehingga dapat menghasilkan adonan yang lebih elastis dan ringan.

Kegunaan yang cocok untuk tepung protein tinggi dalam dunia pangan, yakni untuk membuat mie, pasta, hingga roti yang membutuhkan hasil adonan lebih elastis, dan kenyal. Selain itu, tepung protein tinggi biasanya digunakan untuk membuat produk baking dengan tambahan penggunaan ragi untuk pengembang.

Rekomendasi tepung protein tinggi

1. Cakra Kembar

tepung protein tinggi Cakra Kembar
ilustrasi tepung Cakra Kembar (klikindomaret.com)

Salah satu merk tepung tinggi protein terbaik, Bogasari Cakra Kembar kerap menjadi pilihan untuk di dapur. Tepung satu ini dapat menyerap air dengan sangat baik. Cocok dimanfaatkan dalam pembuatan roti tawar, roti bun, roti manis, donat, mie, pasta, dan martabak telur.

Selain Cakra Kembar Regular, Bogasari memproduksi varian Cakra Kembar yang lebih premium. Antara lain Cakra Kembar Emas Roti yang memiliki kegunaan dalam pembuatan roti barat seperti pastry atau western bread lainnya yang dapat mengembang maksimal dan kokoh.

Lalu, Cakra Kembar Emas Roti Oriental yang diperuntukkan pembuatan ragam roti khas Jepang, Korea, ataupun Taiwan yang memiliki banyak topping. Serta Cakra Kembar Emas Pao dan Mantao yang cocok untuk membuat pao, mantao, dan bun.

Tersedia dengan kemasan 1 kg, 3 kg hingga 25 kg dalam sak karung. Harganya yang pas dikantong, mulai Rp10.000,- hingga Rp15.000,- untuk kemasan 1 kg cakra kembar regular.

2. Golden Eagle

rekomendasi tepung tinggi protein Golden Eagle
ilustrasi tepung Golden Eagle (bungasari.com)

Rekomendasi tepung protein tinggi selanjutnya yakni, Golden Eagle dari brand Bungasari. Tepung satu dibuat dengan gandum pilihan terbaik dan pastinya memiliki gluten yang tinggi, sehingga adonan dapat membentuk tekstur lembut dan elastis. Punya daya serap air yang baik, sehingga adonan roti atau mie yang tidak gampang lengket dan menghasilkan produk yang premium.

Jika Sobat Yummy menggunakan tepung Golden Eagle sebagai pembuatan bahan makanan, akan menghasilkan warna yang lebih memikat dan cantik. Kemasan 1 kg Golden Eagle harganya sangat terjangkau, hanya Rp12.000,-.

Baca Juga: Perbedaan Tepung Protein Tinggi, Sedang, dan Rendah

3. Kabuki

rekomendasi tepung tinggi protein Kabuki
ilustrasi tepung Kabuki (bungasari.com)

Satu lagi dari merk Bungasari, Kabuki juga tepung dengan tinggi protein. Kabuki terbuat dari gandum pilihan dengan kualitas terbaik. Kadar abu dari tepung satu ini mencapai 0%. Sehigga memiliki warna putih yang bagus sehingga cocok digunakan untuk pembuatan roti tawar yang bersih, ataupun roti dengan pewarna tambahan karena warna tepung sendiri tidak akan merusak.

Kabuki juga terbukti menghasilkan adonan yang soft, seperti khas roti Jepang, dan dapat mengembang dengan perfect. Kabuki dibandrol Rp25.000,- untuk kemasan 1 kg.

4. Tali Emas

rekomendasi tepung terigu tinggi protein Tali Emas
ilustrasi tepung Tali Emas (sriboga-flourmill.com)

Tepung protein tinggi Tali Emas dari brand Sriboga dapat menghasilkan adonan roti yang berpori dan lembut, sehingga dapat mengembang dengan sempurna. Tepung satu ini juga cocok digunakan dalam pembuatan kue basah dengan tekstur yang bertekstur chewy.

Kerennya lagi adalah Tali Emas memiliki kadar abu yang hanya 0,6%. Rendahnya kadar abu inilah yang membuat tepung Tali Emas lebih putih cerah, sehingga dapat menghasilkan produk pangan yang lebih bagus. Cukup terjangkau, Tali Emas dibandrol hanya Rp15.000,- untuk kemasan 1 kg.

5. Hime

rekomendasi tepung tinggi protein Hime
ilustrasi tepung Hime (shopee.co.id)

Tepung tinggi protein dengan kadar abu yang sangat rendah, mungkin Hime dari brand Sriboga bisa menjadi pilihanmu. Butiran tepungnya sangat halus yang terbuat dari gandum kualitas paling baik, sehingga sudah pasti menghasilkan produk pangan yang premium.

Cocok digunakan untuk pembuatan roti tawar, aneka roti dari Asia ataupun roti ala Eropa. Kemasan 1 kg tepung Hime hanya dibandrol Rp19.000,-

Nah, itulah tepung protein tinggi terbaik 2023 yang bisa menghasilkan adonan pangan yang lembut, elastis, dengan warna alami yang bagus.

Semua daftar tepung di atas terbuat dari gandum pilihan terbaik yang diolah dengan teknologi mutakhir hingga menghasilkan tepung premium. Harganya pun pas di kantong. Pilih tepung protein tinggi sesuai kebutuhanmu, ya!

Baca Juga: Tepung Semolina: Pengertian, Ciri-ciri, dan Fungsinya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Roti Melon

Roti Melon

(4.8)

6 langkah

1.2 rb

Artikel Lainnya di tips