Takaran Air Memasak Nasi dengan Jari agar Nasi Pulen

Salah satunya, jangan segera buka magic com setelah matang

Takaran Air Memasak Nasi dengan Jari agar Nasi Pulen

penulis:

Elvina Lathifa

Bagikan:

Nasi menjadi salah satu makanan pokok bagi orang-orang di seluruh dunia. Kekayaan rasa dan tekstur nasi yang pulen adalah hal yang sangat dihargai dalam kuliner. Salah satu faktor utama yang mempengaruhi kualitas nasi adalah takaran air yang digunakan selama proses memasak.

Banyak orang memasak nasi dengan cara yang berbeda-beda. Salah satu metode yang paling umum adalah dengan menggunakan takaran air berdasarkan jari.

Nah, dalam artikel ini, Yummy App akan menjelaskan cara memasak nasi dengan takaran air berdasarkan jari agar nasi pulen dan lezat.

Kenapa takaran air yang tepat penting saat memasak nasi?

Sebelum itu, mari ketahui lebih dulu metode takaran air memasak nasi dengan jari. Takaran air yang tepat adalah kunci untuk mendapatkan nasi yang sempurna, baik dari segi tekstur maupun rasa.

Jika kamu menggunakan terlalu sedikit air, nasi akan menjadi keras dan kering. Ini dapat membuat nasi sulit dikunyah dan kurang enak. Di sisi lain, jika kamu menggunakan terlalu banyak air, nasi dapat menjadi lembek dan berlebihan. Konsistensi nasi yang lembek mungkin tidak diinginkan dalam banyak hidangan.

Jadi, untuk mendapatkan nasi yang pulen, lezat, dan enak, penting untuk memahami takaran air yang tepat.

Baca Juga: Ini Rahasianya! Cara agar Nasi Tidak Cepat Basi

Metode takaran air berdasarkan jari untuk memasak nasi

beras merah
ilustrasi beras merah (pexels.com/polinatankilevitch)

Metode takaran air berdasarkan jari adalah cara tradisional yang banyak digunakan oleh orang-orang, terutama di daerah-daerah di mana nasi adalah makanan pokok. Dengan metode ini, kamu tidak perlu menggunakan alat ukur khusus, cukup menggunakan jari. Ini adalah metode yang fleksibel dan mudah diikuti.

1. Takaran 1 jari

Jika takaran air memasak nasi 1 gelas membutuhkan 1,5 gelas air, maka dengan metode takaran air memasak nasi dengan 1 jari, kamu menggunakan jari untuk mengukur tinggi lapisan beras di dalam panci dan air yang ditambahkan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Letakkan beras dalam panci yang akan kamu gunakan untuk memasak nasi.
  2. Ratakan beras di dalam panci.
  3. Masukkan air hingga mencapai tinggi 1 jari di atas permukaan beras.

Metode ini umumnya menghasilkan nasi yang agak keras dan lebih kering. Biasanya digunakan untuk memasak nasi goreng atau nasi bakar, di mana tekstur yang terpisah dari butiran nasi adalah yang diinginkan.

2. Takaran 2 jari

Langkah-langkah yang dilakukan untuk takaran air 2 jari dalam memasak nasi tidak berbeda dengan 1 jari. Bedanya hanya tinggi air yang harus mencapai 2 ruas jari di atas permukaan beras. Beda halnya dengan takaran air memasak nasi 2 gelas, membutuhkan 2,5 gelas air.

Metode ini akan menghasilkan nasi yang lembut, tetapi tetap memungkinkan untuk memisahkan butiran-butiran nasi dengan baik. Nasi yang dihasilkan oleh metode ini adalah yang sering digunakan dalam hidangan seperti nasi putih biasa, nasi gurih, atau nasi kari.

3. Takaran 3 jari

Untuk takaran air memasak nasi dengan 3 jari akan menghasilkan nasi yang lebih lembek dan berair. Dilakukan dengan cara sama, namun bedanya pada tinggi air yang mencapai 3 ruas jari di atas permukaan beras. Nasi yang dihasilkan akan seperti bubur dengan tekstur yang sangat lembek dan lengket.

Hasil nasi yang sama tersebut juga berlaku jika kamu menggunakan takaran air memasak nasi 3 gelas, dengan 3,5 gelas air.

Tips tambahan untuk memasak nasi yang sempurna

beras
ilustrasi beras untuk memendam alpukat (unsplash.com/pierre bamin)

Selain menggunakan metode takaran air berdasarkan jari, ada beberapa tips tambahan yang bisa membantu kamu memasak nasi yang sempurna, yaitu:

  1. Pilih jenis beras yang tepat
    Jenis beras yang kamu gunakan juga memengaruhi hasil akhir. Beberapa jenis beras yang populer untuk nasi putih adalah beras jasmin, beras basmati, atau beras bali.

  2. Cuci beras dengan baik
    Sebelum memasak, pastikan untuk mencuci beras dengan air bersih untuk menghilangkan kelebihan pati dan kotoran.

  3. Diamkan nasi
    Setelah proses memasak selesai, biarkan nasi beristirahat selama beberapa menit dengan penutup panci tetap tertutup. Ini akan membantu nasi menjadi lebih empuk dan enak.

Memasak nasi dengan takaran air berdasarkan jari adalah metode yang sederhana dan efektif untuk mendapatkan nasi yang pulen, lezat, dan sesuai dengan preferensi masing-masing. Dengan memahami perbedaan antara takaran 1 jari, 2 jari, dan 3 jari, kamu dapat mengontrol tekstur nasi sesuai dengan hidangan yang ingin dibuat. Silakan coba metode ini di dapur dan nikmati nasi yang lezat bersama keluarga dan teman-teman.

Yuk, download aplikasi Yummy untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru dengan mudah.

Baca Juga: Cara Memasak Nasi di Magic Com agar Tidak Lembek dan Kering

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Beach Butterfly Pea Pudding

Beach Butterfly Pea Pudding

(5.0)

60 mnt

429

Artikel Lainnya di tips