​4 Hal Penting dalam Menggunakan Teknik Grilling

​Teknik mudah buat masakan sedap!

​4 Hal Penting dalam Menggunakan Teknik Grilling

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ada beberapa teknik memasak yang bisa dilakukan untuk membuat masakan semakin lezat. Berdasarkan panasnya terdapat teknik memasak dry heat cooking, moist heat cooking, dan fat cooking.

Dalam artikel ini, Yummy App akan membahas salah satu teknik Dry Heat Cooking yaitu teknik grilling! Simak lebih jauh untuk mengetahui hal-hal penting dalam teknik memasak grilling ya!

1. Mengenal Teknik Memasak Grilling

description
unsplash.com/Amin Hasani

Teknik memasak grilling adalah salah satu teknik Dry Heat Cooking yang memanfaatkan panas yang tinggi. Dengan menggunakan panas yang tinggi maka waktu memasak pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Sumber panas yang digunakan biasanya menggunakan kompor gas atau arang. Bahan makanan diletakkan langsung di atasnya ketika panasnya sudah cukup tinggi.

Seringkali terdapat kebingungan antara perbedaan grilling dan roasting. Perbedaan kedua teknik tersebut terletak pada waktu yang dibutuhkan.

Grilling membutuhkan waktu yang sebentar, sedangkan roasting membutuhkan waktu yang lebih lama. Cara paling sederhana untuk membedakan adalah grilling membutuhkan wadah yang menyentuh bara api langsung sedangkan roasting menggunakan oven.

2. Masakan yang Cocok dengan Teknik Grill

Ciri khas makanan yang diolah dengan teknik grilling adalah daging-daging merah seperti daging sapi, kambing, dan ikan. Meski begitu, bahan makanan lain juga bisa diolah dengan teknik grilling. Contoh lainnya ada roti dan nasi. Biasanya tujuannya untuk memberikan aroma smokey yang khas sehingga memberikan kesan berbeda dari penyajian roti atau nasi pada umumnya.

Teknik memasak grilling hanya membutuhkan waktu proses yang sebentar. Sehingga perlu untuk memperhatikan ketebalan bahan makanan. Meskipun dimasak untuk waktu yang sebentar, bahan makanan tetap memiliki tingkat kematangan yang baik dan sehat. Dan hal ini perlu diperhatikan terutama ketika memasak daging merah.

3. Tips Memasak dengan Teknik Grilling

Untuk melakukan kontak langsung antara sumber api dengan bahan makanan, diperlukan alat bantu seperti jeruji kawat. Kamu bisa menggunakan jeruji seperti pada gambar di atas sebagai alat grill.

Tips memasak dengan teknik grilling selanjutnya adalah memperhatikan suhu dan menyesuaikan dengan bahan makanan yang akan melalui proses grilling.

Proses grilling berkisar diantara suhu 130 hingga 170 derajat Celcius. Waktu yang digunakan seringkali bergantung pada bahan pangan atau tingkat kematangan yang diinginkan. Terutama untuk hidangan steak, tingkat kematangan proses grill terbagi atas well-done, ground, medium (well atau rare), hingga rare.

4. Contoh Masakan dengan Teknik Grill

Jika steak terkenal sebagai makanan mancanegara yang terkenal dengan teknik grilling, masakan Indonesia juga banyak yang menggunakan teknik grill dan rasanya sangatlah nikmat!

Mulai dari masakan khas Madura yaitu Sate Madura, hingga Nasi Bakar yang terkenal sebagai salah satu masakan khas dari Jawa Barat, diolah dengan teknik grill yang mantap.

Memasak dengan teknik bakar atau grilling memberikan cita rasa yang khas dan memberikan kelezatan tersendiri. Aroma yang dihasilkan pun amatlah menggugah selera banyak orang yang menghirupnya.

Tak hanya itu, teknik ini juga tidak terlalu sulit karena kamu bisa memanfaatkan pan yang ada di rumah atau menggunakan jeruji kawat khusus memasak yang terbilang murah. Coba dan nikmati sendiri di rumah yuk, Sobat Yummy!

Penulis: Embun Nadha Pawestri

Baca Juga: 12 Teknik Memasak Profesional yang Wajib Diketahui!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Nasi Bakar Ayam Pedas

Resep Teruji

Nasi Bakar Ayam Pedas

(4.6)

875,7 Kj

recooks-0
recooks-1
Kiena

Kiena

Chicken Grill Saos Bbq #MENUTANGGALTUA

Chicken Grill Saos Bbq #MENUTANGGALTUA

(5.0)

5 langkah

573

Artikel Lainnya di tips