​5 Tips agar Tidak Mudah Haus selama Puasa

​Cara mengatasi haus tanpa batal saat puasa!

​5 Tips agar Tidak Mudah Haus selama Puasa

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Selama bulan Ramadaan, umat muslim Indonesia harus menahan lapar dan rasa dahaga selama lebih 12 jam. Dengan waktu puasa selama itu, tubuh kemungkinan akan mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan di dalam tubuh dapat menyebabkan banyak orang merasa haus dan mudah lelah saat berpuasa. 

Oleh karena itu, untuk menyiasati waktu minum yang terbatas, kamu perlu mengatur pola makan saat sahur dan berbuka agar tidak mudah haus selama berpuasa.

Supaya kamu bisa lebih fit beraktivitas, berikut ini Yummy App memberikan tips agar tidak mudah haus selama berpuasa. Simak sampai habis, ya, Sobat Yummy!

1. Sahur dekat waktu imsak

Makan sahur bersama
ilustrasi makan sahur (freepik.com/KamaranAydinov)

Sahur adalah waktu yang tidak boleh dilewati oleh orang yang berpuasa. Asupan nutrisi dan air yang dikonsumsi mampu membuatmu kuat berpuasa dari pagi hingga petang tiba. 

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang pertama adalah sahur mendekati waktu imsak, atau hindari makan sahur jauh sebelum waktu sahur tiba. Kalau memungkinkan, sahurlah mendekati waktu imsak agar kamu bisa berpuasa dan menahan rasa haus lebih baik.

2. Minum air yang cukup

Segelas air putih
ilustrasi segelas air putih (freepik.com/freepik)

Rasa haus berkaitan erat dengan asupan air dalam tubuh. Karena itu, tips agar tidak mudah haus saat puasa selanjutnya adalah pastikan untuk mengkonsumsi air yang cukup selama sahur untuk menghindari kekurangan cairan berlebih. Tubuh memerlukan sebanyak 2 liter air sehari.

Berikut ini waktu yang tepat untuk mengkonsumsi air putih selama berpuasa

  • 1 (satu) gelas setelah bangun tidur;
  • 1 (satu) gelas selepas sahur;
  • 1 (satu) gelas saat berbuka puasa;
  • 1 (satu) gelas setelah salat Maghrib;
  • 1 (satu) gelas setelah makan malam;
  • 1 (satu) gelas setelah salat Tarawih;
  • 1 (satu) gelas setelah salat Isya;
  • 1 (satu) gelas sebelum tidur.


Meskipun kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama puasa, hindari mengkonsumsi air dengan jumlah berlebih. Minum air dengan jumlah banyak hanya akan membuat ginjalmu membuah kelebihan air dalam beberapa jam setelahnya saja. 

Selain air putih, kamu juga bisa minum air bernutrisi lainnya, seperti jus sayur dan buah. Minuman seperti ini bisa menambah asupan nutrisi selama berpuasa. 

2. Perbanyak makan makanan berserat yang kaya air

Semangka makanan mengandung air tinggi
ilustrasi semangka (pexels.com/anylane)

Saat berpuasa kamu perlu memperhatikan makanan apa saja yang baik dikonsumsi. Akan lebih baik jika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan kandungan airnya. Serat dan kandungan air pada makanan yang kamu konsumsi akan bertahan lama di dalam usus, mengurangi rasa lapar, dan haus. 

Sangat dianjurkan untuk kamu makan buah dan sayur yang mengandung serat dan air seperti mentimun, semangka dan anggur. Sayur dan buah tersebut bisa memperlancar pencernaan, mengeluarkan racun, dan menambah kadar air dalam tubuh.

Baca Juga: Berapa Gelas Air Putih yang Harus Diminum Saat Puasa?

3. Hindari makanan yang terlalu manis dan asin

Snack dengan rasa asin dan manis
ilustrasi snack manis dan asin (freepik.com/freepik)

Saat berpuasa, kamu perlu menghindari makanan asin seperti ikan asin, acar, dan makanan yang mengandung banyak bumbu lainnya.

Makanan yang asin ini dapat meningkatkan kandungan asam dalam lambung, sehingga meningkatkan kebutuhan cairan di dalam tubuh. Inilah yang membuat kamu merasa haus lebih cepat. 

Selain makanan asin, makanan manis juga jangan terlalu banyak dikonsumsi saat puasa. Makanan manis dapat menimbulkan rasa haus karena adanya lonjakan glukosa dalam darah.

Lonjakan glukosa membuat kandungan air dalam tubuh bergerak keluar sel. Setelah itu air masuk ke dalam darah untuk menyeimbangkan darah agar tidak terlalu pekat karena terlalu banyak gula. Inilah yang membuat kamu merasa haus lebih cepat saat puasa.

4. Hindari minuman berkafein

Beberapa kopi berkafein
ilustrasi kopi berkafein (freepik.com/rawpixel.com)

Tips agar tidak mudah haus saat puasa yang terakhir adalah hindari minuman berkafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi memiliki sifat diuretik yang bisa membuat produksi urine meningkat. Jika kamu buang air kecil lebih sering setelah sahur, kamu bisa merasa haus lebih cepat di siang hari.

Itulah dia beberapa tips agar tidak haus selama berpuasa. Hal utama yang perlu kamu perhatikan selama berpuasa adalah pemilihan makanan. Makanan yang bernutrisi dan tinggi kandungan air tentu akan membuatmu fit bahkan saat berpuasa seharian. Semoga tips di atas membantu, ya!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: ​5 Tips Olahraga Saat Puasa Tanpa Bikin Badan Lemas

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

dwi yulianti

dwi yulianti

Sayur Timun Simpel

Sayur Timun Simpel

(5.0)

5 langkah

4.6 rb

Artikel Lainnya di tips