​Tips dan Cara Bikin Daging Sate Jadi Super Empuk

Perhatikan cara melembutkan dagignya agar empuk dan juicy

​Tips dan Cara Bikin Daging Sate Jadi Super Empuk

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Saat kamu menyantap sate, pasti kamu berharap kalau daging yang kamu gigit seempuk daging steak, 'kan? Tapi terkadang, beberapa daging sate yang kerap dijumpai memiliki tekstur yang keras saat digigit.

Lalu, gimana cara membuat sate daging sapi agar empuk dan nikmat sejak gigitan pertama? Ada beberapa trik dalam mengolah daging sate supaya mendapat tekstur yang empuk. Nah, berikut langkah-langkahnya yang bisa kamu tiru.

Cara Melembutkan Sate Daging Sapi

cara membuat daging sate yang empuk
ilustrasi daging sate yang empuk (freepik.com/jcomp)

Saat ingin memasak sate, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Mulai dari jenis daging hingga cara menusuknya. Yuk, simak beberapa caranya!

1. Bagian daging yang pas untuk sate

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah memilih jenis daging yang hendak diolah. Daging sate identik dengan penggunaan daging bagian dalam, atau has dalam dengan daging yang lebih padat.

Jika hanya tersedia daging bagian lain, bukan masalah. Kamu bisa melakukan trik bungkus daun pepaya. Bungkus daging yang kamu punya dengan daun pepaya agar daging lebih empuk.

2. Potong daging dengan benar

Memotong daging yang salah rupanya bisa menjadi pemicu daging tetap alot, lho. Cara memotong daging yang benar adalah dengan arah melintang dari serat daging. Kamu juga harus membersihkan lemak dan uratnya. Selain itu, hidari memotong dengan ukuran yang besar, karena akan mempengaruhi keempukan daging.

3. Bumbui daging sate

Cara membumbui daging sate sebetulnya gampang, lho! Kamu hanya perlu melumuri setiap sisi daging dengan jeruk nipis. Jeruk nipis ini akan mengubah daging menjadi empuk dengan mudah. Setelah itu, marinasi daging sate dengan bumbu kesukaanmu. 

Baluri daging dengan sedikit jeruk nipis agar daging lebih empuk dan beraroma. Tusuk daging sapi melintang serat. Dalam satu tusuk sate, daging bisa diselingi lemak agar rasanya lebih gurih.

4. Menusuk daging sate dengan tepat

Gunakan tusuk sate bambu atau besi. Bila pakai tusuk sate bambu, rendam sebentar lagi dalam air. Ini berguna melarutkan kotoran dan melembabkan lidi. Selain itu, daging jadi tidak menempel saat dibakar dan tusuk sate pun tak mudah patah saat dipanggang.

5. Bakar sate

Supaya daging tidak lengket ke mana-mana, kamu bisa membakar sate dengan bantuan teflon antilengket. Waktu bakaran juga bervariasi, tergantung kepada jumlah daging yang kamu panggang secara bersamaan. 

Baca Juga: 5 Tingkat Kematangan Daging Steak yang Wajib Kamu Tahu!

Cara Lain untuk Menghasilkan Daging Sapi yang Empuk

cara membuat daging sate yang empuk
ilustrasi membakar daging sate (pixabay.com/chefmouhcine)

Tapi, bagaimana jika daging satenya tidak kunjung empuk? Tenang, Yummy punya beberapa tips tambahan agar daging sate empuk dengan cepat dan efektif.

1. Lembutkan langsung dari dagingnya

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggeprak daging sebelum diolah. Tidak perlu digeprek dengan sekuat tenaga, cukup timbuk lembut-lembut. Selain itu, kamu juga bisa menggores permukaan daging dengan pola garis melintang menggunakan pisau atau garpu untuk membuat lubang kecil pada daging.

2. Gunakan rendaman

Selain menggunakan jeruk nipis, ada beberapa bahan dapur yang bisa bikin daging lebih empuk, misalnya jus lemon, cuka, hingga buttermilk. Caranya sama, diamkan daging (dengan baluran salah satu dari tiga bahan tadi) selama 30 menit sebelum diolah. Tak hanya bikin empuk, ketiga bahan tadi bisa menambah rasa lezat pada daging, lho!

3. Jangan lupa garamnya

Melembutkan daging pakai garam? Apa tidak jadi asin? Tidak, kok! Karena takaran garam yang dipakai pun sedikit. Garam merupakan bumbu dapur yang dapat mengeluarkan kelembaban pada daging.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk melembutkan daging sate. Mulai sekarang makan sate tak perlu banyak drama susah ngunyah, deh!

Penulis: Anna Novita Rachim

Baca Juga: 6 Cara Mencairkan Daging Beku yang Mudah dan Aman

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rayna Kitchen

Rayna Kitchen

Sup Baso Daging Sapi

Sup Baso Daging Sapi

(5.0)

30 mnt

260

Artikel Lainnya di tips