Advertisement

Advertisement

Advertisement

​Cara Goreng Tahu Bulat Anti Gagal, Lengkap dengan Tipsnya

Buat tahu bulat ala abang-abang di rumah!

​Cara Goreng Tahu Bulat Anti Gagal, Lengkap dengan Tipsnya

penulis:

tim yummy

Bagikan:

"Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan"

Kamu pasti familiar dong dengan jargon pedagang tahu bulat keliling ini? Cemilan yang populer ini pasti bikin kamu ketagihan dengan rasa gurih dan campuran bumbu pedasnya. Ternyata ada cara khusus untuk menggoreng tahu bulat agar tidak kempes dan mengembang sempurna.

Kali ini, Yummy akan bagikan beberapa tips dan cara goreng tahu bulat anti gagal di rumah. Dijamin rasanya sama-sama enak dengan buatan abang tahu bulat keliling dan pastinya lebih higienis.

Mau tahu bagaimana cara goreng tahu bulat? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Advertisement

Tips menghilangkan rasa asam pada tahu

Tahu Krispi

Sebelum membahas cara goreng tahu bulat agar tidak kempes dan mengembang sempurna, kamu wajib tahu tips menghilangkan rasa asam pada tahu yang sedikit mengganggu.

Rasa asam pada tahu jarang sekali bisa hilang saat digoreng. Namun, kamu bisa melakukan beberapa cara agar rasa asam hilang sebelum digoreng. Berikut tipsnya:

  • Jika kamu baru saja membeli tahu hari ini dan akan mengolahnya di lain hari, kamu bisa menyimpan tahu pada wadah tertutup dan direndam air garam untuk mencegah timbulnya rasa asam pada tahu. Cara ini juga bisa bikin tahu bertahan hingga satu minggu, lho!
  • Jika tahu sudah terlanjur asam, kamu bisa merendam tahu dengan baking soda 5% selama 30 menit dan bilas dengan air. Cara ini akan menghilangkan rasa asam pada tahu.

Dengan mengikuti kedua tips di atas, dijamin tahu yang kamu beli akan terhindar dari rasa asam yang mengganggu!

Advertisement

Cara goreng tahu bulat agar mengembang

Ada beberapa cara goreng tahu bulat agar mengembang dan tidak kempes yang bisa kamu coba praktikkan di rumah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama, sebelum menggoreng tahu bulat, kamu bisa memeras air yang ada pada tahu terlebih dahulu. Tahu memiliki kandungan air yang tinggi. Ketika kandungan air itu ikut tergoreng, akan dipastika lebih banyak juga minyak terserap pada tahu. Tidak jarang juga kandungan air yang berlebih akan membuat tahu bula tidak kopong dan teksturnya tidak akan renyah.
  2. Kedua, kamu bisa memanggang tahu selama 25 menit sebelum digoreng menjadi tahu bulat. Hal ini akan memberikan tekstur kenyal pada tahu bulat yang kamu buat.
  3. Ketiga, kalau kamu mau hasil tahu bulat menjadi kopong namun mengembang, kamu bisa menambahkan tepung tapioka ke dalam adonan tahu bulat. Jangan takut teksturnya akan mirip seperti cimol karena perbandingan penggunaan tepung tapioka adalah 80:20 (80 untuk tahu dan 20 untuk tepung). Meskipun teksturnya tidak akan mirip dengan cimol, tapi cara menggorengnya harus dengan teknik yang sama. Bagaimana? Kamu harus mulai menggoreng tahu bulat saat minyak masih belum terlalu panas.

Resep tahu bulat anti kempes dan mengembang

Bahan utama:

  • 400 gr tahu
  • 1 butir kuning telur
  • ½ sdt baking soda
  • ½ sdt baking powder
  • ¼ sdt garam
  • ½ sdt kaldu rasa sapi
  • ¼ sdt merica bubuk

Cara membuat:

  1. Hancurkan tahu terlebih dahulu dan peras tahu dengan menggunakan kain hingga tidak mengeluarkan air.
  2. Campur semua bahan menjadi satu dan aduk hingga rata.
  3. Bentuk tahu menjadi bulat satu per satu. Diamkan terlebih dahulu di dalam kulkas selama 6 jam.
  4. Masukkan tahu ke dalam minyak dingin hingga semua permukaan terlumuri.
  5. Nyalakan api lalu mulai goreng tahu dengan gerakan ke depan dan ke belakang. Tunggu dan terus aduk hingga tahu mengapung dan mengembang sempurna.
  6. Tekan sedikit permukaan tahu dengan spatula dan goreng kembali hingga semua permukaan matang merata.
  7. Tiriskan tahu dari minyak dan tahu pun siap disajikan dengan bumbu kesukaanmu!

Gimana? Mudah banget kan cara goreng tahu bulat? Dijamin deh dengan menggunakan tips dan resep dari Yummy, tahu bulat yang kamu buat akan lebih mengembang dan gak kempes. Selamat mencoba, ya!

Penulis: Anna Novita Rachim

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

Artikel Lainnya di tips

Advertisement

Advertisement