Tips dan Cara Simpel Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Gampang Banget!

Kunci memasak cumi yang harus kamu tahu!

Tips dan Cara Simpel Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Gampang Banget!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Pernah nggak sih ngerasa kesal ketika cumi yang kamu masak ternyata alot karena terlalu lama diolah? Cumi yang alot sangat tidak nyaman dimakan oleh kita bahkan mungkin bisa melukai rahang kita ketika mengunyahnya. Cumi yang dimasak terlalu lama memang bukan cara yang tepat untuk menikmati daging cumi-cumi! 

Cumi yang dimasak sempurna akan menghasilkan daging yang lembut, empuk, dan beraroma. Nah, untuk mendapatkan ketiga tekstur ini memang agak sedikit tricky, tapi ternyata kuncinya adalah jangan memasak cumi ada pada waktu dan api yang kamu gunakan! 

Lalu, cara memasak yang seperti apa saja ya yang bisa kamu gunakan untuk mengolah cumi agar tidak alot? Berikut ini cara memasak cumi agar tidak alot beserta beberapa tips memilih cumi yang baik untuk diolah versi Yummy App!

Tips dan Cara Memilih Cumi Segar

Cumi yang sedang dijual di pasar
Unsplash.com/Philip Waern

Cumi sering dipilih menjadi makanan pendamping nasi karena harganya yang murah. Tapi, alasan lain kamu harus mengkonsumsi cumi adalah karena cumi adalah makanan laut yang tinggi protein dan juga rendah lemak lho! Tak hanya itu, makanan laut yang satu ini terkenal dengan rasanya yang nikmat dan cocok dimasak dengan bumbu apapun. 

Seperti yang kita tahu, cumi memang mudah kita dapatkan di mana-mana, seperti di pasar tradisional ataupun di swalayan. Kadang nih, kalau kamu beli cumi di pasar ada juga lho cumi yang segar dan merupakan hasil tangkapan warga lokal. Cumi yang seperti ini sudah jelas kesegarannya, kamu bisa langsung membelinya sesuai kebutuhan.

Nah, jika kamu melihat cumi yang dibekukan seperti di swalayan, pilihlah cumi yang kulitnya masih bening, mata yang masih bening, dan tidak berlendir saat kamu pegang.

Langkah-langkah Membersihkan Cumi Sebelum Dimasak

description
Unsplash.com/John Cameron

Jika kamu membeli cumi yang sudah dibersihkan, maka tahap persiapan untuk memasaknya akan lebih singkat. Kamu hanya perlu mengiris badan cumi menjadi bentuk cincin atau pita. Jangan buang bagian tentakelnya yah, karena bagian tersebut juga bisa ikut diolah di dalam masakanmu. 

Namun, bagaimana kalau kamu membeli cumi yang utuh? Berikut beberapa langkah mempersiapkan cumi utuh sebelum dimasak:

1. Pertama-tama, kamu harus menarik tabung bersirip menjauh dari tentakelnya;
2. Lalu, masukkan jari-jarimu ke dalam tabung dan tarik keluang tulang rawan transparan cumi yang ada di dalamnya;
3. Setelah itu letakkan cumi di talenan dengan hati-hati. Iris cumi di antara mata dan tentakel dan buang semuanya kecuali tentakelnya.
4. Terakhir, kamu bisa meraba bagian tengah tentakel cumi sampai kamu merasakan sesuatu yang keras seperti paruh dan menariknya keluar untuk dibuang. Setelah selesai, bilas semua cumi yang sudah dibersihkan.
5. Cumi siap dimasak!

4 Cara Memasak Cumi Agar Tidak Alot

Setelah mengetahui tips memilih cumi dan cara membersihkannya dengan tepat, kini saatnya kita mencari tahu bagaimana caranya memasak cumi-cumi supaya tidak alot.

Kunci utama dari memasak cumi agar tidak alot adalah dengan memasaknya di api yang panas dan dalam waktu yang cepat. Nah, untuk mencapai tekstur yang sangat empuk. Kamu bisa menggunakan beberapa teknik memasak di bawah ini!

1. Grilling

Cumi yang sedang dipanggang di atas bara api
Unsplash

Bisa dibilang cumi yang diolah dengan teknik dipanggang (grilling) merupakan salah satu menu yang paling nikmat! Untuk mengolahnya, kamu dapat menggunakan panggangan yang berongga, atau menggunakan teflon anti lengket.

Untuk bumbu marinasinya, kamu cukup membumbui cumi dengan garam, merica. Kemudian panggang cumi selama dua hingga tiga menit sampai permukaannya terlihat coklat kehitaman dan matang.

2. Searing

description
NYTimes.com

Hampir mirip dengan teknik grilling, teknik memasak cumi yang satu ini terbilang cepat dan mudah. Kamu cukup membakar cumi dalam keadaan utuh atau diiris di bagian tabungnya. Bumbui cumi dengan garam, merica, dan bakar cumi di atas api setinggi mungkin selama dua hingga tiga menit tanpa harus menunggu warnanya terlalu coklat. Dan voila! Cumi-cumi pun siap disantap! Mudah sekali bukan?

3. Boiling

description
Unsplash.com/Michal Balog

Cumi nggak cuma bisa dimasak kering seperti dua teknik memasak sebelumnya, kamu juga bisa mengolah cumi dengan cara direbus. Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu merebusnya ke dalam air mendidih sekitar 2-3 menit lamanya, lalu rendam ke dalam air es. Setelahnya, kamu bisa mengolah cumi dengan bumbu yang kamu inginkan.

4. Braising

description
Unsplash.com/Uwe Conrad

Tidak seperti teknik boiling, di teknik braising ini kamu perlu merebus cumimu lebih lama dan dengan api yang kecil. Waktu yang kamu butuhkan untuk menggunakan teknik ini adalah 30 menit atau hingga cumi sudah sangat empuk. Setelah selesai direbus, kamu bisa meniriskan cumi dari air rebusan dan mengolahnya dengan bumbu sesuai selera.

Nah itu dia beberapa tips dan cara memasak cumi agar tidak alot yang bisa kamu ketahui. Mudah banget kan ternyata? Nggak akan ada drama rahang pegel lagi deh waktu makan cumi! Semoga tips ini membantu ya, selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Membersihkan Cumi Asin dan 4 Cara Mengolahnya Jadi Makanan Lezat!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Spicy Cumi Bakar Madu

Spicy Cumi Bakar Madu

(4.7)

80 mnt

18 rb

Artikel Lainnya di tips