9 Tips Jualan Jus Buah yang Patut Dicoba

Rahasia sukses berjualan jus buah ala Sobat Yummy

9 Tips Jualan Jus Buah yang Patut Dicoba

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Di tengah pesatnya perkembangan zaman, bisnis jus buah tetap bertahan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Minuman jus buah, dengan kesegarannya yang khas, menjadi favorit semua kalangan.

Nah, bagi kamu yang tengah mencari peluang usaha dengan modal yang tidak terlalu besar, berjualan jus buah bisa menjadi pilihan yang menarik.

Untuk memulai usaha jus buah, bukan hanya sekedar menggabungkan buah dan blender, lho. Ada beberapa langkah penting dan tips yang harus diperhatikan untuk memastikan usaha kamu berjalan sukses dan menguntungkan. Berikut selengkapnya.

Alasan Memulai Bisnis Jus Buah

Bisnis jus buah merupakan pilihan yang menjanjikan karena keuntungannya yang beragam. Pertama, ini adalah usaha yang bisa dimulai dengan modal yang relatif kecil, terutama jika kamu sudah memiliki peralatan yang diperlukan, sehingga dapat mengurangi pengeluaran awal.

Kedua, jus buah memiliki target pasar yang luas karena banyak orang mencari alternatif praktis untuk mengonsumsi buah tanpa repot, menjadikan produk ini mudah untuk dipasarkan.

Selain itu, bahan baku dan peralatan untuk membuat jus buah sangat mudah didapatkan. Proses pembuatannya jus buah sendiri tidak memerlukan teknik khusus. Hanya perlu eksperimen sederhana untuk mendapatkan takaran yang tepat antara buah, air, dan gula.

Kelebihan lainnya adalah fleksibilitas lokasi berjualan, usaha ini tidak membutuhkan tempat usaha khusus dan bisa dijalankan bahkan dari rumah. Ini membuat bisnis jus buah menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang yang ingin memulai usaha dengan risiko dan modal yang rendah.

1. Kualitas Bahan Jadi Prioritas

ilustrasi buah jeruk
ilustrasi buah jeruk (istockphoto.com/fcafotodigital)

Pertama-tama, fokus pada kualitas bahan. Dalam bisnis jus, kualitas bahan buah adalah kunci utama. Pastikan memilih buah segar dan berkualitas sebaik mungkin.

Jangan tergoda untuk menghemat biaya dengan memilih buah dengan kualitas rendah. Jika jus buah yang Sobat Yummy produksi memiliki cita rasa yang lezat karena buahnya segar dan berkualitas, pelanggan secara alami akan terpikat untuk kembali.

2. Menyajikan Berbagai Varian

Tips jualan jus buah kedua adalah variasi. Jangan hanya menawarkan satu atau dua jenis jus saja, tetapi tawarkan berbagai macam alternatif rasa kepada pelanggan.

Tidak hanya itu, kamu juga dapat mencoba untuk membuat inovasi, seperti mencampur beberapa jenis buah atau penambahan topping yang unik.

Baca Juga: 17 Ide Jualan Es Paling Laris untuk Bisnis Anda

3. Strategi Harga yang Tepat

papan menu dan harga
ilustrasi papan menu dan harga (pexels.com/Maria Orlova)

Harga juga menjadi faktor yang penting dalam berjualan. Cobalah untuk menentukan harga yang tepat. Tidak terlalu murah yang dapat mengurangi profit bisnis kamu, namun tidak juga terlalu mahal yang dapat membuat pelanggan enggan untuk membeli.

Bukan hanya bahan dan peralatan saja yang dipertimbangkan saat menentukan harga, kamu juga perlu memerhatikan daya beli masyarakat dan lingkungan sekitar.

4. Pemasaran yang Tepat

Bisnis apa pun membutuhkan strategi pemasaran yang tepat, termasuk juga dalam bisnis jus buah. Sobat Yummy dapat memanfaatkan media sosial atau platform lain untuk memasarkan produk, seperti membagikan gambar menarik atau bahkan diskon spesial untuk menarik lebih banyak pelanggan.

5. Prioritaskan Pelayanan

pelayanan kasir yang ramah
ilustrasi kasir yang ramah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Selanjutnya, pelayanan yang baik adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Sapa pelanggan dengan ramah, layani mereka dengan cepat dan efisien, dan selalu berikan yang terbaik. Dengan pelayanan prima, pelanggan akan puas dan memiliki alasan untuk kembali lagi.

Baca Juga: 10 Tips Sukses Usaha Roti dan Perhitungan Modalnya 

6. Manajemen yang Baik

Dalam menjalankan bisnis, manajemen yang baik adalah kunci untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan biaya. Manajemen yang efektif meliputi aspek perencanaan, organisasi, pengendalian dan evaluasi.

7. Melakukan Inovasi

tips usaha jus buah
ilustrasi jus stroberi (pexels.com/Antoni Shkraba)

Untuk tetap bersaing dan tidak monoton, usahakan selalu untuk melakukan inovasi. Inovasi bisa berupa penciptaan resep baru, atau penambahan variasi produk yang kamu jual.

Jadi, jangan pernah berhenti belajar, ya. Seiring berjalannya waktu, pasti akan ada perubahan dan trend baru dalam dunia kuliner, termasuk juga bisnis jus buah. Jadi, selalu update pengetahuanmu dan terus belajar!

8. Penyajian yang Menarik

Sajikan jus buahmu dengan penampilan yang menarik. Penampilan produk merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan minat beli pelanggan. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan gelas yang menarik, menambahkan hiasan, hingga menggunakan straw warna-warni.

9. Konsistensi Produk

Salah satu tips jualan jus buah adalah menjaga konsistensi produk. Pastikan bahwa rasa, kualitas, dan penampilan produk tetap konsisten dari waktu ke waktu. Ini adalah hal penting yang sering kali diabaikan oleh banyak penjual.

Baca Juga: 10 Tips Jualan Es Teh yang Menjanjikan Keuntungan Besar!

Tantangan Berbisnis Jus Buah

menu sarapan jus dan salad
ilustrasi menu sarapan (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Memulai bisnis jus buah menghadirkan sejumlah tantangan yang perlu diatasi untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan usaha. Salah satu tantangan utama adalah ketahanan buah yang terbatas, di mana buah dapat cepat membusuk setelah dipanen atau dibuka. Ini membutuhkan pengelolaan stok yang cermat untuk memastikan buah yang digunakan selalu segar dan berkualitas tinggi.

Selain itu, perbedaan waktu panen antar jenis buah dapat menimbulkan tantangan dalam ketersediaan bahan baku. Beberapa buah juga tidak bisa disimpan bersama karena dapat mempercepat proses pematangan dan mempengaruhi kualitas jus.

Dengan memahami dan mengantisipasi tantangan-tantangan ini, pelaku bisnis jus buah dapat merancang strategi yang efektif untuk mengatasi kendala dan memaksimalkan potensi keberhasilan usaha.

Dengan berbekal 9 tips jualan jus buah di atas, semoga bisnis jus Sobat Yummy semakin sukses ditengah persaingan yang semakin ketat. Namun, ingatlah bahwa kesabaran dan kerja keras adalah hal yang tidak kalah pentingnya, ya.

Jika kamu ingin menemukan tips jualan, resep dan nutrisi makanan, maupun rekomendasi kuliner lainnya. Kamu bisa download Yummy App! Karena akan ada banyak resep, dan wawasan kuliner yang harus kalian ketahui.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Aisah

Aisah

Strawberry Yogurt Juice 🍓 #JagoMasak2022

Strawberry Yogurt Juice 🍓 #JagoMasak2022

(5.0)

5 langkah

367

Artikel Lainnya di tips