5 Tips Memasak Agar Masakan Lezat dan Enak

Jelajahi tips memasak agar makanan lebih enak

5 Tips Memasak Agar Masakan Lezat dan Enak

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Siapa yang tidak ingin menyajikan hidangan lezat dan menggugah selera setiap kali memasak? Memiliki kemampuan memasak yang baik tidak hanya tentang mengikuti resep, tapi juga menguasai beberapa tips dan trik kunci yang membuat masakan terasa lebih lezat dan enak.

Kali ini Yummy App akan memberikan beragam tips memasak serta strategi untuk membantu Sobat Yummy mengangkat kualitas masakan, sehingga setiap hidangan yang Sobat Yummy sajikan tak hanya mengenyangkan, tapi juga memanjakan lidah semua orang yang menikmatinya.

1. Gunakan Bahan yang Segar

Kualitas bahan pangan sangat mempengaruhi cita rasa suatu hidangan. Menggunakan bahan-bahan yang segar sangatlah penting. Pastikan untuk membuang bagian sayuran yang sudah layu atau busuk guna menjaga kesehatan hidangan Sobat Yummy.

Selain itu, tips memasak selanjutnya dalam pemilihan daging, prioritaskan untuk mendapatkan daging segar guna mencapai tekstur dan cita rasa yang nikmat.

2. Alat Masak Berkualitas

ilustrasi makanan
ilustrasi makanan (unplash.com/lulu)

Untuk mendapatkan hasil masakan yang optimal, tips memasak yang selanjutnya adalah menggunakan alat masak yang berkualitas.

Sobat Yummy, memperhatikan kualitas bahan makanan memang penting, namun Sobat Yummy juga perlu memperhatikan kondisi serta kualitas peralatan memasak yang digunakan.

Gunakan alat-alat masak yang berkualitas dan dalam keadaan terbaik untuk tips memasak. Beberapa peralatan memasak memiliki peran yang signifikan dalam memengaruhi cita rasa dan penampilan visual dari hidangan yang dihasilkan.

Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Sarapan Pagi untuk. Keluarga dan Anak

3. Bilas Beras dengan Baik

Nasi merupakan makanan wajib yang menyertai berbagai menu makanan lainnya di Indonesia.

Sebelum memasak, tips memasak agar nasi enak adalah dengan membersihkan beras terlebih dahulu, mencucinya agar pati yang menempel pada permukaannya dapat terbuang. Melakukan proses pencucian ini akan membuat nasi terasa lebih lezat serta mencegahnya dari penggumpalan saat dimasak.

4. Bumbui Masakan Setelah Matang

masak sendiri
ilustrasi masak sendiri (unsplash.com/maddi briscoe)

Saat menyajikan hidangan, penting untuk memahami bahwa penggunaan beragam bahan makanan merupakan hal umum. Terkadang, beberapa bahan harus dimasukkan dalam proses memasak secara bertahap.

Jika menambahkan bahan baru ke dalam wajan, pastikan untuk memberi bumbu secara langsung dan tepat pada setiap tahapan. Hindari menunggu hingga bahan terakhir dimasukkan ke dalam wajan sebelum memberikan bumbu.

5. Langsung Bersihkan Alat Setelah Digunakan

Tips memasak yang terakhir dari Yummy App kali ini adalah dengan langsung membersihkan alat setelah digunakan.

Setelah menyiapkan hidangan, seringkali kita merasa enggan membersihkan peralatan yang kotor. Lebih baik untuk menghindari kebiasaan ini, karena dengan segera membersihkan peralatan yang kotor, akan menjaga kebersihan area memasak dan membuat persiapan masak selanjutnya menjadi lebih lancar dan efisien.

Baca Juga: 6 Tips Menggunakan Teflon Baru Agar Tidak Lengket dan Awet

Setelah mengikuti sejumlah tips memasak yang telah dibagikan, jangan ragu untuk eksplorasi lebih lanjut! Dengan install Yummy App, kamu dapat menemukan lebih banyak resep, trik memasak, serta inspirasi menu yang menggugah selera. 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Cheyl_via

Cheyl_via

Bumbu Ungkepan Siap Pakai

Bumbu Ungkepan Siap Pakai

(4.5)

10 mnt

1.9 rb

Artikel Lainnya di tips