Tips Memasak Lobak Putih agar Tidak Terasa Pahit

Cara ini bikin lobak jadi gak pahit lagi

Tips Memasak Lobak Putih agar Tidak Terasa Pahit

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Kebanyakan orang malas menggunakan lobak sebagai bahan makanan. Sebab lobak memiliki bau langu yang kurang sedap, dan juga rasanya yang sering kali terasa pahit cukup mengganggu indra pengecapan.

Namun sebenarnya, rasa pahit dari lobak bisa diatasi tergantung bagaimana cara pengolahannya. Sebelum mencampurkan lobak dengan sup ataupun makanan lain, kamu harus mengolah lobak secara terpisah terlebih dahulu dengan baik dan benar.

Mari ketahui bagaimana cara memasak lobak putih agar tidak pahit saat dikonsumsi. Simak dengan baik, ya!

1. Memilih lobak dengan benar

cara memasak lobak putih agar tidak pahit
ilustrasi lobak putih (unsplash.com/jasonleung)

Sudah menjadi sebuah keharusan untuk memilih bahan masakan yang bagus dan berkualitas, supaya hasil masakan juga akan lebih terasa lezat. Seperti dalam pemilihan lobak yang hendak dimasak, alangkah lebih baiknya jika kamu memilih lobak yang masih muda dan terlihat segar.

Ciri-ciri dari lobak putih yang masih muda, dengan memperhatikan warnanya yang masih terlihat terang dan teksturnya yang masih keras (tidak lembek). Jika kamu memilih lobak putih yang sudah tua, rasanya akan lebih pahit dibanding lobak yang masih muda.

Selain itu, pilihlah lobak yang kualitasnya masih bagus. Hal ini bisa dilihat dari permukaannya yang halus, tidak memiliki bintik hitam, serta tidak memiliki kerutan.

2. Cuci lobak hingga bersih

mencuci lobak
ilustrasi mencuci lobak (pexels.com/anastasiashuraeva)

Setelah mendapatkan lobak yang bagus dari segi kualitasnya, saatnya kamu mencuci lobak putih sampai bersih. Karena termasuk tanaman umbi-umbian, permukaan lobak akan sedikit kotor. Karena itulah, kamu perlu mencuci lobak dengan baik pada air yang mengalir.

3. Potong daun dan iris pangkal lobak

memotong pangkal lobak
ilustrasi memotong pangkal lobak (pexels.com/sarahchai)

Potong atau pisahkan daun yang masih menempel pada lobak, karena daun tersebut tidak terlalu dibutuhkan dalam proses memasak. Sesudah memisahkan daun dengan lobak, potong bagian atas atau pangkal lobak, karena pada bagian tersebut sering kali lebih terasa pahit.

Baca Juga: Bau Daging Kambing Susah Hilang? Coba Gunakan Cara Ini!

4. Kupas dan potong lobak

memotong lobak
ilustrasi memotong lobak (unsplash.com/orhakim)

Kupas lobak dengan benar, jangan terlalu tipis, namun jangan terlalu tebal juga. Jika terlalu tipis, getah dari lobak bisa tertinggal, sedangkan daging lobak akan terlepas juga jika dipotong terlalu tebal. Lakukanlah seperti kamu sedang mengupas wortel maupun kentang. 

Jika sudah dikupas, kamu bisa mulai untuk memotong lobak menjadi beberapa bagian kecil, sesuai dengan keinginan.

5. Rendam dengan air garam

menyiapkan air garam
ilustrasi menyiapkan air garam untuk merendam lobak (pexels.com/meruyertgonullu)

Jika sudah melalui proses pengupasan dan pemotongan, kamu bisa mulai untuk merendam lobak yang sudah dipotong ke dalam air garam secukupnya. Perendaman lobak dengan air garam ini ditujukan untuk menghilangkan getah yang menjadi pemicu rasa pahit dari lobak.

Kamu bisa meremas lobak yang sedang direndam, untuk membantu mempercepat proses pengeluaran getah lobak. Diamkan selama kurang lebih 3 jam sampai lobak yang teksturnya keras berubah menjadi lembek.

6. Rebus lobak

merebus lobak
ilustrasi merebus lobak (pexels.com/yankrukau)

Langkah berikutnya adalah merebus lobak yang sudah dihilangkan getahnya. Merebus lobak ini ditujukan untuk menghilangkan getah yang mungkin masih tertinggal, dan menyebabkan rasa pahit. Kamu tidak perlu merebus lobak terlalu lama, agar lobak tidak overcook dan menjadi sangat lembek dan rawan rusak.

Sebenarnya, langkah ini bisa kamu lewatkan saja jika kamu takut nantinya lobak akan sulit untuk diolah menjadi masakan. 

7. Olah lobak sesuai selera

olahan lobak
ilustrasi olahan lobak (pexels.com/karolinagrabowska)

Semua cara memasak lobak agar tidak pahit pun sudah dilakukan, sekarang waktunya kamu untuk mengolah lobak menjadi berbagai jenis makanan yang sedap untuk disantap. Biasanya lobak juga digunakan sebagai bahan pelengkap di dalam kuah soto mie. 

Itu dia cara memasak lobak agar tidak pahit versi Yummy App. Sobat Yummy gak perlu khawatir lagi, ya, karena rasa pahit dari lobak masih bisa diatasi kok. Langsung saja kita coba masak olahan dari lobak, yuk!

Baca Juga: 9 Cara Menghilangkan Pahit Pare, Antiribet!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Diana Nurjanah

Diana Nurjanah

Sayur Lobak Bakso Ikan

Sayur Lobak Bakso Ikan

(5.0)

6 langkah

416

Artikel Lainnya di tips