Advertisement

Advertisement

Advertisement

10 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

Tidak perlu lagi khawatir saat menggoreng ikan

10 Tips Menggoreng Ikan agar Tidak Lengket di Wajan

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Ikan merupakan salah satu pilihan protein yang baik bagi tubuh. Semua jenis ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar, sangat mudah dijumpai di pasaran dan dijual dengan harga terjangkau.

Menggoreng ikan merupakan salah satu cara praktis untuk menikmati sumber protein satu ini. Ikan goreng dapat dipadukan dengan bermacam bumbu, sambal, atau padanan lain dengan berbagai resep.

Namun, menggoreng ikan terkadang menimbulkan masalah seperti ikan lengket di wajan hingga minyak panas yang meletup-letup dan terasa sangat perih jika mengenai kulit. Nah, untuk mengatasi persoalan tersebut, berikut 10 tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan yang wajib kamu ikuti.

Advertisement

1. Perhatikan pilihan peralatan masak

ilustrasi peralatan masak yang digunakan untuk menggoreng ikan
ilustrasi peralatan masak yang digunakan untuk menggoreng (freepik.com/senivpetro)

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket yang pertama adalah memilih alat yang tepat. Gunakan wajan baja tahan karat dan spatula ikan yang terbuat dari logam tipis untuk memudahkan proses penggorengan. Jenis wajan yang cocok digunakan bisa dengan wajan cekung atau datar dengan ukuran sedang atau besar.

Penggunaan wajan anti lengket sebetulnya akan membantu dalam proses penggorengan agar ikan tidak melekat pada wajan. Namun, hal ini akan membuat ikan tidak benar-benar kering sehingga ikan yang digoreng menjadi kurang garing dan kurang renyah.

Sebelum dipakai untuk menggoreng, pastikan wajan bersih dari sisa-sisa atau kerak makanan yang menempel. Perhatikan juga apakah wajan benar-benar kering untuk menghindari percikan minyak panas saat menggoreng.

Advertisement

2. Lumuri ikan dengan bumbu

ilustrasi melumuri ikan dengan bumbu
ilustrasi melumuri ikan dengan bumbu (app.yummy.co.id/azerbaijan_stockers)

Melumuri ikan dengan bumbu kering seperti garam, lada hitam, atau merica dapat membantu mengurangi kelembapan pada ikan. Sebab, ikan yang lembap adalah salah satu alasan mengapa daging dan kulitnya menempel pada wajan. Caranya, potong-potong permukaan kulit ikan agar bumbu dapat meresap dan diamkan hingga beberapa saat. 

Namun, kamu tetap bisa membumbui ikan dengan bumbu basah yang terbuat dari bawang putih, kunyit, ketumbar, dan garam yang sudah dihaluskan. Pastikan ikan ditiriskan dengan benar sebelum dimasukkan ke dalam wajan penggorengan.

3. Hindari membumbui ikan dengan gula atau kecap manis

ilustrasi kecap
ilustrasi kecap (freepik.com/jcomp)

Bumbu yang mengandung gula seperti kecap manis sebaiknya dihindari dalam proses marinasi ikan. Sebab, gula atau kecap manis akan menjadi karamel ketika menempel di wajan dan membuat ikan menjadi lengket. Bekas kecap manis tersebut juga akan sulit dibersihkan dari wajan.

Opsi yang bisa kamu gunakan adalah marinasi dengan kecap asin atau kecap ikan. Tetapi, pastikan bumbu marinasi tersebut ditirskan dengan benar sebelum ikan masuk penggorengan.

4. Panaskan wajan kosong terlebih dahulu dengan api sedang

ilustrasi memanaskan wajan
ilustrasi memanaskan wajan (freepik.com/freepik)

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket selanjutnya adalah dengan memanaskan wajan terlebih dahulu. Tujuan memanaskan wajan adalah untuk memastikan bahwa peralatan yang digunakan sudah benar-benar kering. Sebab, jika masih lembap atau terdapat air, hal inilah yang akan memicu letupan-letupan minyak ketika ikan digoreng.

Baca Juga: 6 Cara Pengawetan Ikan yang Tepat agar Tetap Segar saat Dikonsumsi

5. Masukkan minyak dan panaskan

ilustrasi memasukkan dan memanaskan minyak goreng
ilustrasi memasukkan dan memanaskan minyak goreng (freepik.com/freepik)

Menggoreng ikan sebaiknya menggunakan teknik deep frying dengan menggunakan minyak dalam jumlah yang cukup banyak sehingga ikan dapat terendam di dalam minyak. Pastikan minyak yang digunakan sudah benar-benar panas saat mulai menggoreng agar ikan matang merata dengan sempurna.

Jika kamu memilih untuk tidak menggunakan teknik deep frying, berarti kamu hanya akan memasukkan minyak goreng secukupnya ke wajan. Tunggu beberapa saat, kemudian kamu bisa menambahkan beberapa opsi bahan lainnya seperti garam, tepung terigu, atau jahe, untuk meminimalisir kulit dan daging ikan terlepas dan lengket di wajan.

6. Menambahkan garam ke minyak

ilustrasi garam
ilustrasi garam (freepik.com/freepik)

Salah satu hal yang paling ditakutkan ketika menggoreng ikan adalah minyak goreng yang meletup-letup hingga mengenai tubuh yang akan menimbulkan rasa perih. Hal ini biasanya terjadi karena kondisi ikan yang basah atau lembap.

Untuk meminimalisir hal ini, kamu bisa menambahkan sedikit garam ke dalam minyak saat minyak tersebut dipanaskan. Biarkan garam larut dengan sendirinya tanpa perlu diaduk.

7. Menambahkan tepung terigu ke minyak

menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan
ilustrasi tepung terigu (freepik.com/freepik)

Selain penambahan garam, menambahkan tepung terigu ke dalam minyak juga dapat menghindari percikan minyak saat menggoreng dan tentunya dapat menjadi anti lengket alami yang menghindari kulit atau daging ikan menempel di wajan.

Cukup tambahkan sedikit tepung terigu saat minyak sedang dipanaskan dan tunggu hingga tepung larut dan tercampur bersama minyak.

8. Menambahkan sedikit perasan lemon ke minyak

tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan
ilustrasi jeruk lemon (freepik.com/8photo)

Tips menggoreng ikan agar tidak lengket berikutnya adalah dengan lemon. Menambahkan perasan lemon saat minyak dipanaskan juga dapat membantu mengurangi risiko ikan lengket di wajan sekaligus meminimalisir percikan minyak ke tubuh.

9. Tunggu ikan hingga kering sebelum dibalik

tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan
ilustrasi ikan yang digoreng kering (freepik.com/mdjaff)

Jangan terburu-buru membalik ikan sesaat setelah dimasukkan ke wajan penggorengan. Biarkan satu sisi ikan kering dan matang terlebih dahulu sebelum membaliknya ke sisi lainnya. Balik ikan dengan hati-hati dengan spatula, pastikan tidak ada daging yang menempel di wajan sebelum ikan dibalik. 

Jika daging atau kulit ikan masih menempel di wajan, usahakan mengangkatnya dengan spatula.

10. Jangan membolak-balik ikan

ilustrasi membalik ikan yang sedang digoreng
ilustrasi membalik ikan yang sedang digoreng (freepik.com/freepik)

Hindari pula membolak-balik ikan terlalu sering karena dikhawatirkan akan membuat dagingnya hancur dan ikan tidak matang merata. Ikan akan terlepas sendirinya dari wajan jika digoreng hingga kering dan benar-benar matang.

Itulah 10 tips menggoreng ikan agar tidak lengket di wajan yang dapat kamu lakukan. Kalau sudah mempelajari triknya, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan minyak yang meletup-letup atau daging ikan yang menempel pada wajan saat menggoreng. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga: Tips dan Cara Simpel Memasak Cumi Agar Tidak Alot, Gampang Banget!

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Eni Ainie

Eni Ainie

Ikan Goreng Sambal Kemangi

Ikan Goreng Sambal Kemangi

(5.0)

5 langkah

1.1 rb

Artikel Lainnya di tips

Advertisement