7 Tips Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas

Daging tetap awet walaupun gak ada kulkas

7 Tips Menyimpan Daging Kurban Tanpa Kulkas

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Hari Raya Idul Adha identik dengan momen istimewa berbagi daging kurban. Tapi tak jarang, momen ini juga diiringi dilema menyimpan daging. Apalagi, kalau tidak ada kulkas untuk menyimpannya.

Tidak perlu khawatir! Berikut 7 tips menyimpan daging kurban tanpa kulkas yang bisa Sobat Yummy coba! Daging tetap awet, segar, dan aman dikonsumsi, walau tak ada kulkas. Simak tips-tips jitu berikut ini ya!

1. Keringkan daging

Mengeringkan daging
Ilustrasi daging yang dikeringkan (pexels.com/Jeff Siepman)

Tips menyimpan daging kurban tanpa kulkas yang pertama, yaitu dengan mengeringkan atau mengasinkan daging agar tetap awet saat disimpan. Sebelum dikeringkan, potong daging sapi menjadi irisan tipis dan buang bagian lemaknya. Jemur daging di bawah sinar matahari hingga kering. Cara ini cukup efektif untuk memperpanjang daya tahan daging sapi.

2. Rendam dengan air garam

Merendam daging dengan garam
ilustrasi garam (pixabay.com/Bru-nO)

Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri pada daging, serta membantu menjaga kelembapan daging. Merendam daging dalam air garam merupakan cara praktis untuk menyimpan daging tanpa kulkas. Caranya, larutkan garam dan air pada wadah, lalu masukkan daging ke dalam larutan air garam hingga seluruh permukaan daging terendam. Tutup rapat wadah dan simpan di tempat yang sejuk.

3. Dehidrasi daging

Dehidrasi Daging
Ilustrasi dehidrasi daging (youtube.com/StatUpBox)

Teknik dehidrasi merupakan cara paling mudah dan praktis untuk menyimpan daging tanpa kulkas. Cara ini dapat membantu menghilangkan kelembapan daging, sehingga bakteri tidak dapat tumbuh. Kamu tinggal memasukkan daging ke dalam dehidrator, lalu mengatur suhu dan waktunya. Setelah itu, salin daging ke wadah kedap udara agar tahan lama. Sangat mudah bukan? Untuk dehidratornya sendiri bisa kamu temukan di toko-toko online.

4. Rendam dengan cuka

Merendam daging dengan cuka
Ilustrasi cuka (instagram.com/healthy.961)

Selain menggunakan garam, kamu juga bisa menggunakan cuka untuk menyimpan daging agar tahan lama walau tanpa kulkas. Caranya dengan merendam daging dalam cuka, pada yang wadah yang higienis dan kedap udara. Tapi kamu tidak bisa menggunakan sembarang cuka. Gunakan cuka dengan pH 4,6 agar daging bisa disimpan dengan aman dan tahan lama.

Baca Juga: ​10 Manfaat Cuka Apel, untuk Diet hingga Mengurangi Risiko Kanker

5. Pengasapan daging

Pengasapan daging
Ilustrasi pengasapan daging (pexels.com/mustafa türkeri)

Tips menyimpan daging kurban tanpa kulkas lainnya adalah dengan cara pengasapan. Meskip terbilang tradisional dan membutuhkan waktu yang cukup lama, cara ini dapat membuat daging lebih awet untuk disimpan. Sebelum diasapi, potong-potong daging dan beri bumbu seperti lada hitam dan garam jika perlu. Lalu letakkan daging di atas tempat pengasapan, dan asapi hingga daging kering. Simpan daging asap dalam wadah tertutup agar lebih aman.

6. Simpan dalam kaleng

Pengalengan daging
Ilustrasi pengalengan daging (freepik.com)

Kamu juga bisa menggunakan teknik pengalengan untuk menyimpan daging agar tahan lama. Caranya dengan memasukkan daging ke dalam kaleng, kemudian memanaskannya pada suhu tinggi untuk membunuh bakteri dan mikroorganisme jahat. Sebelum memasukkan ke kaleng, masak daging terlebih dahulu hingga kecoklatan, lalu tiriskan. Siapkan kaleng berisi 2-3 inci air, lalu isi dengan daging, kaldu, serta jus tomat. Atur tekanan dan waktu pengalengan, lalu proses di dalam pressure canner selama 75 - 90 menit. Setelahnya, keluarkan kaleng lalu dinginkan. 

7. Confit

Confit daging
Ilustrasi confit daging (greatbritishchefs.com)

Tips menyimpang daging kurban tanpa kulkas yang terakhir yaitu dengan confit, sebuah metode pengawetan daging tradisional dari Prancis. Teknik ini dilakukan dengan memasak daging dalam lemak pada suhu rendah secara perlahan. Setelah itu, kamu hanya perlu menyimpannya. Selain dapat membuat daging awet lebih lama, cara ini juga dapat menghasilkan tekstur daging yang empuk dan kaya rasa.

Nah itu lah 7 tips menyimpang daging kurban tanpa kulkas yang bisa kamu coba dirumah. Dengan cara atlernatif ini, Sobat Yummy bisa menyimpan daging dengan tenang, tanpa khawatir daging jadi rusak dan terbuang sia-sia. Caranya juga cukup mudah bukan? 

Sobat Yummy juga bisa dapatkan tips-tips jitu lainnya di Yummy Apps. Yuk download sekarang!

Penulis: Citra Irhamna

Baca Juga: Cara Membersihkan Daging Kurban Sebelum Dimasak, Haruskah Dicuci?

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lila Wahyu Lestari

Lila Wahyu Lestari

Pocket Pie Mayo Daging Asap #JagoMasakMinggu2Periode3

Pocket Pie Mayo Daging Asap #JagoMasakMinggu2Periode3

(4.6)

6 langkah

702

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Dendeng Batokok

Dendeng Batokok

(5.0)

7 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips