7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023, Agar Aman dan Menyenangkan

Sudah siap melepas rindu dengan orang tersayang?

7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023, Agar Aman dan Menyenangkan

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Pulang ke kampung halaman adalah agenda tahunan yang kerap dilakukan umat muslim di Indonesia menjelang lebaran. Dari jauh-jauh hari, persiapan mudik diperlukan untuk mengondisikan rumah yang akan ditinggal serta mengantisipasi hal lain selama di perjalanan.

Jika mudik dilakukan dengan asal-asalan, ditakutkan ada hal penting yang terlewat dan berimbas menghambat kenyamanan. Nah, karena itulah tips persiapan mudik sebaiknya diperhatikan agar perjalanananmu aman dan menyenangkan. Simak informasinya berikut ini, ya!

1. Update dengan informasi mudik

Persiapan mudik lebaran yang paling penting adalah memperbarui pengetahuan dengan informasi yang relevan terkait kebijakan mudik. 

Pasalnya, peraturan pemerintah akan menentukan bagaimana pengalaman mudik kamu nantinya. Dimulai dari penetapan tanggal cuti bersama, kamu bisa memperkirakan waktu keberangkatan dan kepulangan mudik. 

Laporan mobilitas pemudik yang terpusat di Pulau Jawa juga bisa menjadi acuan bermanfaat dalam menentukan jenis transportasi. Fakta bahwa mode transportasi darat dipilih oleh mayoritas pemudik seharusnya membuatmu bersiap lebih baik jika memilih jalur ini. 

Seperti entah memajukan tanggal keberangkatan atau menghindari waktu-waktu yang diprediksi akan menjadi puncak arus mudik. Kamu bisa meng-update semua informasi mudik ini dengan mudah dan cepat melalui artikel online, atau juga lewat forum komunitas daerah.

2. Buat rencana spesifik berdasarkan kebijakan terbaru

ilustrasi memesan tiket pesawat untuk persiapan mudik
ilustrasi memesan tiket pesawat untuk persiapan mudik (freepik.cpm/rawpixel)

Setelah mengantongi informasi yang cukup, saatnya menyusun rencana. Jika memilih mode darat, kendaraan apa yang kamu naiki. Begitu pula untuk transportasi udara, kamu mungkin punya preferensi terhadap maskapai penerbangan tertentu. 

Bagi kamu yang hendak mengemudikan kendaraan pribadi, mengatur rute perjalanan sangat vital diperlukan. Akan lebih mudah memilih jalur yang telah biasa kamu lewati.

Namun, kalau pun ingin mencoba rute baru, sebaiknya pelajari dulu beberapa hari sebelum mudik. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebingungan dan sewaktu-waktu jika ada perbaikan jalan, mungkin kamu ingin menghindar. 

Pastikan juga untuk mengecek kesiapan kendaraan pribadi, mulai dari mengganti oli, performa mesin, fungsi lampu, dan kondisi ban. Kamu bisa membawa kendaraanmu ke bengkel untuk proses pengecekan yang lebih pasti.

Sementara untuk pengguna transportasi umum, kamu bisa memesan tiket sesegera mungkin setelah mendapatkan tanggal cuti. Hindari melakukan booking terlalu mendadak, supaya tidak mendapat harga yang melambung naik.

3. Atur anggaran secara seimbang

Saat merumuskan rencana perjalanan, kamu juga perlu membuat alokasi anggaran untuk kebutuhan yang bermacam-macam. Mengingat mudik memerlukan biaya yang tidak sedikit, kamu perlu strategi dalam mengatur budget untuk pulang-pergi. 

Hanya pilih kendaraan yang memang  masuk sesuai anggaran yang disiapkan. Harga tiket kendaraan umum biasanya mengalami kenaikan, jadi perhitungkan kemungkinan ini juga, ya. 

Jika ingin membawa buah tangan, kamu bisa mempertimbangkan ide hampers makanan yang enak dan terjangkau. Serta tidak lupa, buatlah batasan besaran tunjangan hari raya (THR) yang akan diberikan ke sanak keluarga. Prioritaskan THR untuk orang yang benar-benar membutuhkan, dan tahan keinginan untuk belanja berlebihan.

Baca Juga: 25 Inspirasi Kue Kering Lebaran yang Wajib Ada, Lengkap dengan Resep

4. Perhatikan kelengkapan dokumen

ilustrasi menyiapkan dokumen kendaraan untuk persiapan mudik
ilustrasi menyiapkan dokumen kendaraan untuk persiapan mudik (freepik.com/Freepik)

Tips persiapan mudik selanjutnya adalah memastikan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan. Mulai dari dokumen identitas diri, seperti kartu tanda penduduk (KTP) hingga surat berkendara bagi yang naik kendaraan pribadi. Pastikan bahwa surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) kamu masih aktif, ya.

Tidak kalah penting, bagi yang ingin menaiki kereta atau pesawat, perhatikan pula persyaratan terkait vaksinasi. Segera cari informasi terkini dan ikutilah sesuai petunjuk yang ada. Mengurus kelengkapan dokumen ini harus kamu prioritaskan setelah mendapat tiket menuju tempat tujuan. 

5. Berkemas seringkas mungkin

Momen berkumpul bersama keluarga adalah agenda utama dari perayaan hari raya Idulfitri. Karena sudah tak lama pulang, kamu mungkin ingin membawa banyak oleh-oleh untuk menyenangkan hati orang rumah. 

Sah-saja sebenarnya, tapi usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak barang. Ingatlah bahwa kamu mudik maksimal hanya  seminggu, jadi kemaslah baju dan barang-barang esensial sesuai kebutuhan. 

Untuk hampers, kamu juga bisa membeli atau membuat di kampung halaman. Ini akan menghemat banyak sekali tempat dan memberimu lebih banyak ruang untuk beristirahat. Kamu perlu mengutamakan barang-barang penting yang sifatnya tidak tergantikan. 

Membawa terlalu banyak barang tidak hanya memberatkan, tapi juga membebani pikiran karena harus ekstra berhati-hati. Jadi, persiapan mudik ini dipakai untuk memilah secara bijak, ya.

6. Menjaga kesehatan dan stamina tubuh

menu makan sehat
ilustrasi menu makan sehat (freepik.com/senivpetro)

Demi mewujudkan perjalanan mudik yang aman dan menyenangkan, kamu memerlukan tubuh yang sehat dan stamina yang prima. 

Selama bulan Ramadan ini, apakah kamu sudah selektif memilih menu makanan? Ataukah masih rutin berolahraga? Jika jawabannya belum, maka masih ada waktu untuk memperbaiki persiapan mudik kali ini. 

Perjalanan jauh yang akan kamu tempuh membutuhkan banyak tenaga dan kestabilan emosional. Mulailah kurangi konsumsi es dan gorengan agar tidak mengalami radang tenggorokan. 

Pastikan juga kebutuhan cairan tubuh kamu terpenuhi dengan mengonsumsi dua liter air putih per hari. Serta, sempatkan untuk olahraga ringan agar tubuh kamu rileks, ya. 

Nah, faktor istirahat juga sangat penting diperhatikan. Usahakan untuk memiliki tidur yang berkualitas di malam hari. Karena kekurangan tidur bisa mengganggu kesehatan fisik dan emosional. 

7. Kondisikan rumah yang akan ditinggal

Tips persiapan mudik yang tak kalah penting adalah mengatur kondisi rumah yang akan ditinggal. Pertama, kamu harus mencabut semua aliran air, listrik, dan gas. Kamu bisa membiarkan lampu teras menyala, akan tambah bagus jika dilengkapi pengatur waktu otomatis.

Tidak seperti perabotan lain, kulkas sebaiknya tetap disambungkan ke daya listrik jika kamu bepergian kurang dari sebulan. Namun, jika kamu merasa lebih tenang ketika mencabutnya, maka kosongkan isi lemari es dan bersihkan sampai kering. 

Barang-barang berharga seperti laptop atau perhiasan sebaiknya disimpan di tempat yang tersembunyi. Kunci semua lemari, jendela, dan pintu. Kamu bisa menitipkan hewan peliharaan ke orang terpercaya atau tempat penitipan resmi. 

Terakhir, bersihkan rumah sebelum kamu pergi. Kelola sampah sesuai jenisnya dan tebar obat anti serangga atau tikus, agar rumah bebas dari serangan mereka. 

Memaksimalkan persiapan mudik sebelum lebaran akan membantu kamu mewujudkan perjalanan yang aman dan menyenangkan. Perencanaan yang matang harus didukung oleh fleksibilitas, karena sewaktu-waktu keadaan bisa berubah. Semoga perjalananmu lancar dan selamat sampai tujuan, ya!

Baca Juga: Cara Membuat Ketupat Lebaran dari Daun Kelapa yang Mudah

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Depay Kitchen

Depay Kitchen

Kuker Selai Kacang

Kuker Selai Kacang

(5.0)

5 langkah

476

Whenie Beckham

Whenie Beckham

Nastar Klepon

Nastar Klepon

(5.0)

8 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips