Comscore Tracker

Makanan Pembuka

(71 Resep)

Makanan Pembuka atau Appetizer untuk Memulai Santapan Nikmat

Masakan biasanya dikategorikan ke dalam waktu penyediaannya. Ada kategori makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Jika kamu menyukai hidangan yang lengkap, kamu tentu selalu menyediakan beberapa jenis makanan pembuka dalam hidanganmu.

Makanan pembuka atau yang biasa disebut pula dengan appetizer merupakan makanan yang disajikan sebelum makanan utama dihidangkan. Dan biasanya makanan pembuka dihidangkan dalam porsi kecil. Meskipun demikian, makanan pembuka selalu memiliki karakteristik yang menarik karena rasanya yang khas dan bumbu yang menarik.

Contoh Makanan Pembuka Indonesia dan Mancanegara

Disajikan dengan porsi yang mini, ada banyak jenis masakan yang dapat dijadikan sebagai makanan pembuka. Untuk pilihan makanan pembuka Indonesia sendiri ada lumpia, bakwan, somay, dan surabi. Sedangkan pilihan makanan pembuka internasional contohnya ada gyoza, kimchi, falafel, dan bruschetta

Namun, tak semua orang menghidangkan appetizer dalam santapan makanannya untuk menghindari kekenyangan apabila makanan utama yang akan disantap terbilang banyak. Tapi apabila kamu ingin mengganjal perut terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan utama, kamu wajib memesan atau membuat makanan pembuka seperti yang dicontohkan tadi.

Beragam Resep Appetizer atau Makanan Pembuka dari Yummy App

Sering bingung mencari referensi makanan pembuka yang simple? Sebenarnya tidak sulit membuat hidangan pembuka, karena bisa dibilang jenis makanan pembuka hanyalah hidangan kecil dan ringan.

Untuk mempermudah proses menyajikan hidanganmu, kamu dapat menemukan ragam pilihan resep makanan pembuka mulai dari hidangan khas Indonesia hingga makanan pembuka khas mancanegara. Tak perlu repot membuatnya, karena langkah-langkah pembuatan menunya dijamin mudah dipahami dengan Yummy App!

Temukan Aneka Resep Makanan Pembuka di Yummy App

Di Yummy App kamu akan menemukan ragam pilihan resep masakan mulai dari makanan pembuka hingga makanan penutup. Cukup dengan mengunduh aplikasinya di App Store atau Play Store, kamu sudah dapat membuat masakan nikmat untuk disantap setiap harinya. Termasuk makanan pembuka, kamu bisa menemukan beragam referensi resep appetizer mulai dari yang khas Indonesia, hingga appetizer ala masakan Asia, Eropa, ataupun Amerika. 

Tak hanya itu, di Yummy App kamu juga dapat berkontribusi sebagai chef dan menulis resep masakan andalanmu. Setiap resep yang kamu submit bisa mendapatkan imbalan lho! Yuk, gunakan Yummy App!