Advertisement

Advertisement

Advertisement

15 Oleh-oleh Khas Surabaya, Wajib Coba!

15 rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib dicoba!

15 Oleh-oleh Khas Surabaya, Wajib Coba!

penulis:

tim yummy

Bagikan:

Surabaya, selain terkenal dengan wisatanya, juga terkenal dengan kulinernya. Banyak sekali kuliner Surabaya yang dapat dinikmati, dari yang rasanya manis hingga yang rasanya asin. Beberapa oleh-oleh makanan khas Surabaya ini juga cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang terkasih di kampung halaman, lho!

Nah, Yummy punya beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang wajib kamu coba dan bungkus, nih! Apa saja, ya? Simak selengkapnya, yuk!

Advertisement

1. Lapis Surabaya

Tak lengkap bila berkunjung ke Surabaya bila tidak mencoba dan membawa pulang lapis surabaya. Lapis surabaya, seperti namanya, berbentuk kotak dan terdiri dari dua sampai tiga lapis. Tekstur kuenya lebih lembut dari kue bolu dan di tengah-tengah lapisan ada selai stroberi atau buttercream.

Advertisement

2. Spikoe Surabaya

Spikoe berasal dari bahasa Belanda ‘Spekkoek’ yang artinya kue yang berlapis seperti lemak pada bagian perut babi. Resep spikoe sudah ada dari zaman Belanda. Spikoe mempunyai bentuk dan tekstur yang mirip dengan lapis surabaya. Kue ini juga memakai rempah dalam bahan-bahannya. Di Surabaya sendiri, ada beberapa merk spikoe terkenal di antaranya Spikoe Resep Kuno, Spikoe Livana, dan Spikoe Kenari Santi.

3. Sambal Bu Rudy

Siapa, sih, yang tidak kenal dengan sambal Bu Rudy? Kalau ke Surabaya, sambal Bu Rudy adalah oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Selain ringkas, sambal Bu Rudy juga enak dan tahan lama. Bu Rudy mengeluarkan lima macam sambal di antaranya sambal teri, petis, bawang, ijo, dan bajak. Selain sambal, ada juga makanan lain seperti lauk-pauk, camilan, keripik, dan lain-lain

4. Siropen Telasih

Tak dapat dipungkiri, Siropen Telasih sudah terkenal sejak 1923. Merk sirop ini mempunyai banyak sekali varian rasa, mulai dari buah-buahan dan bunga seperti stroberi, leci, jeruk keprok, dan mawar, hingga rasa minuman manis seperti moka, tiramisu, dan karamel.

5. Sirop mangrove

Salah satu ikon pesisir timur Surabaya adalah sirop mangrove ini. Dilansir Jawapost, sirop mangrove ini berasal dari buah pohon mangrove bernama bogem. Dengan mencampurkan 2 kg gula, 1 kg bogem dan 2 liter air, dapat menghasilkan 2,5 liter sirop. Sirop mangrove sendiri dapat dibeli langsung di rumah produksinya di Wonorejo.

6. Suoklat

Suoklat adalah singkatan dari Suroboyo Coklat. Olahan coklat yang terbuat dari 56% cocoa mempunyai banyak pilihan rasa di antaranya premium coklat, dark chocolate crispy, coklat kopi, hingga coklat jahe. 

7. Kerupuk ikan Kenjeran

Pantai Kenjeran adalah salah satu wisata pantai terkenal di Surabaya. Di sana terdapat penjual berbagai macam kerupuk. Kerupuk yang ditawarkan pun bermacam-macam, mulai dari udang, cumi-cumi, hingga rumput laut. Kerupuk tersebut bisa dibeli matang maupun mentah.

8. Kerupuk udang lobster

9. Ayam dan bebek Djangkep

Belum lengkap rasanya bila ke Surabaya, tetapi tidak mencoba olahan ungkep Djangkep. Djangkep menyediakan ayam dan bebek yang diungkep dan dikemas dalam kemasan vakum. Tersedia dua pilihan rasa yaitu betutu dan bumbu kuning, serta dua pilihan ukuran yaitu satu dan setengah. 

10. Bandeng asap

Bandeng asap memang sudah terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Ciri khas dari bandeng asap ini adalah bandeng tanpa tulang yang diasap sehingga rasa asapnya menguar ke mana-mana. Ada dua merk yang cukup terkenal yaitu Bandeng Juwana dan Bandeng Bogarasa.

11. Kopi bandrek

Kopi bandrek Sreg merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya. Kopi bandrek terbuat dari gula putih, gula palem, kopi, krim nabati, jahe, dan ramuan rempah tradisional lainnya. Oleh-oleh ini tersedia dalam dua rasa yaitu original dan coffee cream. Satu paknya berisi lima bungkus dengan masing-masing bungkus terdapat 30 gram kopi bandrek.

12. Kerupuk rambak

Kerupuk rambak tak ubahnya kerupuk kulit dan telah menjadi oleh-oleh khas Surabaya sejak dulu. Kerupuk ini enak dinikmati sebagai camilan bersama keluarga atau dimakan dengan nasi atau makanan berkuah.

13. Abon sapi Padmosusastro

Padmosusastro sebenarnya merupakan nama jalan di Kelurahan Pakis, Kecamatan Sawahan, Surabaya. Jalan ini ditetapkan menjadi sentra usaha abon sapi. Dulu hanya ada satu pengusaha abon sapi, yaitu Ibu Sarti. Ibu Sarti memproduksi dua jenis abon sapi yaitu pedas dan manis. Sekarang di jalan tersebut sudah ada enam rumah tangga yang memproduksi abon sapi.

14. Bolu Joeang

Bolu Joeang adalah merk bolu gulung yang diusung oleh Ariel Tatum. Bolu Joeang memiliki lima varian rasa yaitu black crunchy, red spekoek, coffe matcha, milky mango, dan double cheese. Mulai dari harga Rp70 ribuan saja, kamu sudah bisa mencicipi bolu gulung khas Surabaya ini, lho!

15. Kue Patata

Sama halnya dengan bolu Joeang, kue Patata juga diusung oleh kakak-beradik selebritas yaitu Oki Setiana Dewi dan Ria Ricis. Kue Patata adalah kue yang terbuat dari kentang. Terdapat enam pilihan rasa yaitu cheese patata, nutella patata, black patata, green tea patata, banana peanut patata, dan tiramisu patata.

Itu tadi oleh-oleh makanan khas Surabaya yang wajib kamu bawa pulang. Harganya relatif terjangkau dan rasanya dijamin enak. Jadi, mau borong oleh-oleh yang mana, nih, guys?

Bagikan:

Advertisement

Artikel Terpopuler

Advertisement

resep masakan terkait

Vina Himatur

Vina Himatur

Tahu Tek Surabaya

Tahu Tek Surabaya

(5.0)

5 langkah

195

Artikel Lainnya di kuliner

Advertisement

Advertisement