Comscore Tracker

10 Teknik Memasak Profesional yang Wajib Diketahui!

Contek teknik memasak ini agar lebih jago masak
10 Teknik Memasak Profesional yang Wajib Diketahui!

Memasak mungkin menjadi keahlian yang umum dimiliki setiap orang. Ada yang sengaja mengikuti les masak, ada pula yang secara otodidak belajar memasak lewat resep-resep. Nah, kalau kamu termasuk tipe yang mana nih? Belajar lewat les atau otodidak?

Meskipun terlihat simple, memasak itu nggak cuma sekedar mengenali bahan-bahan makanan yang akan kita olah lho. Tapi, ada juga berbagai macam teknik memasak yang bisa kita kuasai agar hasil makanan semakin maksimal!

Contohnya, seperti saat kamu mencoba untuk membuat berbagai macam jenis kue. Pastinya, akan banyak teknik memasak yang digunakan, seperti mengetim, mengukus, memanggang, dan masih banyak lagi. Tentu setiap teknik tersebut akan memberikan hasil akhir yang berbeda disetiap kue.

Nah, buat kamu yang baru mau belajar masak atau pengen belajar teknik memasak lebih dalam lagi. Yuk, kenali beberapa istilah teknik memasak ini sebelum kamu praktekin di dapur!

1. Boiling

Teknik pertama ini pasti sudah sering banget dong kamu pakai saat memasak? Yup, teknik boiling atau merebus.


Eits, nggak cuma bisa dipakai untuk masak mie instan aja yah. Dengan teknik boiling ini kamu juga bisa merebus berbagai bahan makanan yang berbentuk air, seperti santan, susu, kaldu ayam, dan lainnya.


Tau nggak sih? Ternyata ada ada 2 cara merebus yang harus kamu tahu! Apakah itu?

  • Merebus yang dimulai dengan air dingin
    Cara ini digunakan untuk mengambil sari makanan yang kamu rebus. Bahan makanan yang direbus saat air dingin dan berubah menjadi mendidih secara otomatis sari makanan akan tertarik keluar bersamaan dengan air yang kamu rebus. Nah, cara ini biasanya digunakan untuk membuat air kaldu, merebus kacang kering, buah kering, dan umbi-umbian kering.

 

  • Merebus yang dimulai ketika air sudah mendidih
    Kalau kamu terbayang cara ini digunakan untuk membuat mie instan, jawabannya adalah tepat sekali! 


Cara merebus ini digunakan agar sari dari bahan makanan yang kamu rebus tetap terjaga. Nggak cuma memasak mie atau pasta, kamu bisa menggunakan cara merebus ini untuk mematangkan sayuran, lalapan, umbi-umbian, dan kentang.

2. Simmering

Teknik yang kedua adalah teknik Simmering atau memasak di atas api kecil. Teknik yang biasa digunakan untuk membuat kaldu ini biasanya akan menggunakan sekitar suhu 96 derajat celcius untuk memasak dan tidak sampai mendidih. 


Biasanya teknik ini digunakan jika makanan yang kamu buat sudah matang dan hampir jadi. Contohnya ketika kamu memasak opor atau rendang, teknik ini akan digunakan agar rasa makanan semakin sedap.

3. Poaching

Teknik memasak yang harus kamu tahu selanjutnya adalah teknik Poaching! Teknik ini sebenarnya nggak jauh beda dengan teknik Simmering. Nah, yang membedakannya adalah titik mendidih yang digunakan di teknik ini lebih rendah. 

Biasanya teknik ini digunakan untuk merebus telur mata sapi, ikan, buah, dan sayur segar. Dengan menggunakan teknik ini, bahan makanan yang kamu rebus hasilnya itu akan lebih lembut lho!

4. Stewing

Teknik keempat adalah teknik Stewing atau mengungkep. Teknik ungkep ini biasanya digunakan untuk memasak bahan makanan,seperti daging, ikan, dan juga sayuran.

Gimana yah cara kerja teknik ini? Biasanya, bahan makanan akan di ungkep menggunakan panci yang dapat ditutup dengan tambahan sedikit air atau kaldu. 

Saat proses masaknya pun, kamu harus menggunakan api kecil yah ini berfungsi agar sari makanan keluar dan bumbu yang kamu masukkan bersama air meresap dengan sempurna ke makananmu.

5. Braising

Teknik memasak Braising ini merupakan teknik merebus yang membutuhkan waktu agak panjang untuk menghasilkan makanan yang bertekstur empuk.

Biasanya saat memasak menggunakan teknik ini, akan melakukan dua tahap pemasakan. 

  • Pertama, makanan akan dimasak di wajan dengan suhu panas yang tinggi.
  • Kedua, makanan akan dimasak secara tertutup atau bisa juga menggunakan oven. Pada tahap kedua ini, masakanmu harus ditambahkan air agar hasilnya lebih empuk.

Nah, teknik inilah yang dipakai jika kamu ingin mendapatkan daging yang empuk ketika membuat rendang ataupun semur daging!

6. Steaming

Mengukus atau teknik steaming biasanya digunakan untuk membuat berbagai makanan lezat, seperti nasi tim, kentang, sayur, kue, dan daging-dagingan yang dipotong tipis.

Kamu tau nggak sih? Dengan memasak menggunakan teknik ini, makanan yang kamu buat nggak akan kehilangan kandungan zat gizinya lho. Makanya, teknik ini banyak banget dipakai oleh orang-orang yang melakukan pola hidup sehat. 

Nah, ini dia langkah-langkah mengukus makanan yang bisa kamu coba:

  • Panaskan air hingga mendidih dalam panci atau dandang yang bisa digunakan untuk mengukus.
  • Letakkan makanan pada loyang atau wadah tahan panas. Lalu, tutup dandang.
  • Kalau kamu melakukan teknik ini untuk membuat kue. Kamu harus menutup rapat panci atau dandang agar panasnya bisa merata. Oh iya, jangan lupa juga untuk bungkus tutup panci atau dandang agar uapnya tidak menetesi kue.
  • Jangan lupa untuk cek air kukusan, tambahkan lagi air jika air terlihat mulai menyusut.

7. Blanching

Teknik ketujuh yang perlu kamu tahu adalah teknik Blanching. Teknik ini bisa juga disebut teknik memasak cepat yang biasanya digunakan untuk memasak sayuran.

Kamu pernah dong melihat bagaimana cara tukang bakso merebus sayur? Ternyata tukang bakso tersebut sedang mempraktekan teknik blanching ini lho! 

Air yang sudah mendidih lama dan dalam jumlah banyak bisa digunakan untuk merebus sayuran dengan cepat. Kamu hanya perlu memasukkan sayuran sebentar ke dalam air, angkat, dan tiriskan, 

Nah, keunggulan dari teknik ini tuh banyak banget! Makanan yang dimasak secara blanching akan terjaga keutuhan mineral dan vitaminnya. Nggak cuma itu, sayuran juga akan lebih steril, tetap renyah, dan akan terasa lezat karena rasa pahitnya terbuang saat proses perebusan.

8. Grilling

Dengan melihat nama tekniknya, pasti udah kebayang dengan daging grill dong? Yup, bener banget! Daging grill ini memang dimasak dengan menggunakan teknik Grilling.

Teknik ini juga sering disebut teknik pembakaran, dimana bahan makanan akan dibakar di atas bara api ataupun arang. Biasanya teknik ini akan memberikan memberikan warna kecoklatan pada makanan. Suhu yang digunakan untuk grilling adalah sekitar 180 derajat celcius.

Walaupun teknik ini biasa digunakan untuk mengolah daging, tapi jangan coba-coba menggunakan teknik ini untuk mengolah daging tebal yah. Kenapa? Karena biasanya, daging hanya akan terlihat matang di luar saja.

Sebenarnya bisa saja kamu membuat daging di bagian dalamnya matang, tapi jangan kaget kalau bagian luar dari daging itu akan gosong yah!

9. Roasting

Berbeda dengan teknik sebelumnya, di teknik Roasting ini kamu bisa mengolah daging tebal hingga matang tanpa takut bagian luarnya gosong!

Teknik memasak Roasting ini biasanya menggunakan bantuan oven untuk mematangkan makanan. Kenapa? Karena panas yang ada dalam oven akan merambat dengan rata, sehingga makanan akan matang merata. 

Oh iya, teknik roasting ini biasanya hanya digunakan untuk mengolah olahan karbohidrat nih, seperti daging dan juga unggas.

Cara menggunakan teknik ini juga mudah banget. Yuk, lihat langkah-langkahnya!

  • Panaskan oven terlebih dulu, atur suhu yang akan digunakan sesuai dengan jenis makanan yang akan kamu olah.
  • Lumuri daging dengan bumbu dan lemak atau kamu juga bisa membungkus daging dengan lard.
  • Masukkan makanan pada oven (letakkan pada rak yang ada di dalamnya). Tunggu hingga waktu yang sudah kamu tentukan.

10. Pressure Cooking

Pasti kamu tahu dong alat masak presto? Yup, alat masak tersebut bisa digunakan untuk melakukan teknik memasak Pressure Cooking.


Teknik ini memudahkan kamu untuk mendapatkan hasil makanan yang empuk dengan cepat. Panci yang tertutup rapat akan menimbulkan tekanan panas yang tinggi, inilah mengapa makanan akan cepat empuk!


Nah, ketika kamu menggunakan panci tekan atau presto ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan nih! 

  • Pertama, pertanda makanan matang adalah ketika panci mengeluarkan suara mendesis.
  • Kedua, jika panci sudah berdesis, matikan api kompor, dan jangan langsung membuka tutup panci. Biarkan uap yang ada di dalam panci itu keluar.

11. Baking

Teknik baking atau teknik memanggang ini khusus digunakan untuk kamu yang ingin membuat kue, roti, dan beberapa masakan yang membutuhkan waktu lama di dalam oven.


Walaupun sama-sama menggunakan oven seperti teknik roasting, teknik baking ini hanya membutuhkan suhu yang rendah agar makanan matang merata. Itulah kenapa, membuat kue dan roti membutuhkan waktu yang nggak sedikit!


Cara melakukan teknik ini juga nggak jauh beda kok sama teknik roasting. Kamu hanya perlu memanaskan oven sebelum digunakan, set suhu dan waktu sesuai dengan makanan yang akan kamu masak. 

 

Setelah oven panas, kamu tinggal masukkan adonan ke dalam oven. Oh iya, jangan lupa untuk memakai loyang yang anti panas yah!

12. Frying

Teknik terakhir dan paling sering digunakan dalam memasak adalah teknik Frying! Teknik ini biasanya digunakan jika kamu ingin mendapatkan hasil makanan yang kering, gurih, dan berwarna kecoklatan.


Cara melakukan teknik ini juga gampang banget kok. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

  • Siapkan minyak dengan jumlah banyak, lalu didihkan.
  • Jika minyak sudah dalam keadaan panas. Masukkan makanan yang ingin kamu goreng. Sedikit tips untuk tahap ini, agar makananmu hasilnya lebih renyah, pastika makanan yang kamu masak itu dalam keadaan kering dan memiliki ukuran yang sama agar matang lebih merata.
  • Angkat makanan jika sudah berubah warna menjadi kecoklatan. 

Oh iya, ada tips lainnya untuk melakukan teknik frying ini. Kamu bisa menggunakan alat masak khusus seperti panci deep frying ataupun wajan bulat yang bisa menampung minyak dalam jumlah banyak. Dijamin makananmu akan lebih renyah!


Nah, itu dia beberapa teknik memasak yang perlu kamu tahu. Ternyata nggak tekniknya nggak sesulit yang dibayangkan yah? Yuk, mulai terapkan beberapa teknik memasak tadi di dapurmu!