Comscore Tracker

Ini Rahasia Membuat Kulit Martabak Telur Agar Tidak Mudah Sobek

​Ternyata gampang, lho!
Ini Rahasia Membuat Kulit Martabak Telur Agar Tidak Mudah Sobek

Martabak telur yang renyah dan gurih di luar, namun lembut dengan isian telur dan irisan daging di dalam, menjadi makanan favorit bagi sebagian orang. Mungkin kamu adalah salah satunya. 

Selain isian telur dan irisan daging, juga terdapat irisan bawang dan bumbu rempah. Kulitnya yang tipis, menciptakan tekstur yang garing dan renyah setelah digoreng. Nah, untuk mendapatkan tekstur yang garing pada kulit martabak, tentunya ada beberapa tahapan proses pembuatan yang ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Namun, sebagian orang seringkali masih kesulitan dalam membuat kulit martabak telur yang elastis dan tidak mudah sobek.

Ada beberapa trik dan cara yang perlu kamu perhatikan sebelum memulai proses pembuatan adonannya, nih. Yuk, intip terlebih dahulu bahan baku dan tahapannya!

Bahan dan Cara Membuat Kulit Martabak

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 150 ml air
  • 5 sdm minyak goreng
  • 2 sdm butter atau margarine
  • 1 sdt garam

Cara pembuatan:

  1. Campurkan tepung terigu protein tinggi dengan air, aduk sampai merata.
  2. Tambahkan garam, lalu uleni sampai semua bahan tercampur rata.
  3. Tambahkan butter atau margarin, lalu uleni kembali hingga adonan kalis.
  4. Setelah adonan kalis, bagi menjadi beberapa bagian, lalu bulatkan adonan dan tempatkan di wadah.
  5. Rendam dengan minyak goreng, pastikan seluruh adonan terendam dan terbalur.
  6. Tutup adonan dengan kain bersih, lalu diamkan 1 hingga 5 jam di suhu ruang.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kulit martabak telur agar tidak mudah sobek

1. Gunakan tepung terigu protein tinggi

Pastikan kamu menggunakan tepung terigu protein tinggi. Hal ini dikarenakan jenis tepung ini dapat membuat adonan menjadi lebih mudah kalis, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak waktu saat menguleni adonan.

 

2. Jangan skip butter atau margarine

Butter atau margarin berfungsi untuk menciptakan tekstur yang garing pada kulit martabak saat digoreng. Jadi, jangan lupa menambahkan butter atau margarin secukupnya ke dalam adonan kulit martabak sebelum diuleni.

 

3. Uleni hingga kalis

Proses menguleni adonan adalah salah satu proses penting untuk mendapatkan kulit martabak telur dengan permukaan yang halus, tipis, dan elastis. Untuk memudahkan, kamu bisa menguleni adonan dengan tangan. Uleni dengan sabar sampai kamu mendapatkan tekstur adonan yang elastis.

 

4. Rendam adonan dengan minyak goreng atau minyak sayur

Setelah adonan kalis, bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu bulatkan. Setelah itu, hal yang paling penting dilakukan adalah merendam adonan dengan minyak yang cukup di dalam wadah. Pastikan seluruh permukaan terbalur dengan minyak. Proses ini merupakan kunci untuk menghasilkan kulit martabak yang tipis, namun tidak mudah sobek.

 

5. Diamkan adonan di suhu ruang selama 2-5 jam

Tutup adonan yang berada di dalam wadah dengan kain atau plastik wrap dan diamkan beberapa jam di suhu ruang. Semakin lama mendiamkan adonan, teksturnya akan semakin elastis. Setelah beberapa jam, akan terlihat perbedaannya.

 

Setelah adonan jadi, saatnya dipipihkan dan digoreng. Jangan lupa siapkan isian martabaknya terlebih dahulu berupa telur, irisan daging, sayuran, dan bumbu rempah. Mudah, bukan? Langsung praktik saja, yuk, di dapur!