16 Jenis Kacang-kacangan Lezat, Kaya akan Protein dan Lezat

Kacang-kacangan kaya akan protein untuk teman ngemil sehat

16 Jenis Kacang-kacangan Lezat, Kaya akan Protein dan Lezat

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Kali ini, Yummy App akan membahas berbagai jenis kacang-kacangan enak dan sehat untuk membantu Sobat Yummy menerapkan pola hidup sehat.

Dilansir dari National Library of Medicine, kacang-kacangan merupakan salah satu makanan penting yang tinggi mineral, seperti tembaga dan magnesium. Itulah mengapa, lebih baik memilih kacang-kacangan yang diolah tanpa campuran minyak, untuk camilan yang bernutrisi dan bermanfaat bagi tubuh.

Nah, berikut 16 jenis kacang-kacangan kaya gizi yang baik untuk dikonsumsi.

1. Kacang Almond

kacang almond yang kaya gizi
ilustrasi kacang almond (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Almond merupakan jenis kacang-kacangan paling banyak dicari. Kacang almond kaya akan nutrisi penting, termasuk vitamin (seperti E dan B), mineral (seperti magnesium dan potasium), dan lemak sehat, sehingga memberikan nutrisi yang lengkap.

Kacang almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol jahat.

2. Walnuts

Jenis kacang-kacangan sehat kaya akan protein selanjutnya yaitu walnuts. Walnuts kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan kadar kolesterol dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Walnuts juga mengandung senyawa dengan efek anti-inflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan kronis dalam tubuh. Sehingga berkontribusi terhadap kesehatan yang lebih baik secara keseluruhan.

3. Kacang Mete

Kacang mete padat kalori dan lemak baik yang dapat membantu pengelolaan berat badan. Kalori dan lemak baiknya memberi rasa kenyang lebih lama, sehingga mencegah konsumsi makanan berlebih.

Selain itu jenis kacang-kacangan ini juga mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan stres oksidatif. Sehingga berkontribusi terhadap penuaan yang sehat.

4. Kacang Pecan

kacang pecan yang sehat
ilustrasi kacang pecan (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Kacang pecan adalah sumber berbagai nutrisi penting, termasuk vitamin E, mangan, dan seng. Nutrisi ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

Tidak hanya itu, kacang pecan adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang penting untuk kesehatan otak. Konsumsi secara teratur dapat mendukung fungsi kognitif dan berpotensi mengurangi risiko penurunan kognitif terkait usia.

5. Pistachio

Jenis kacang satu ini memiliki sumber dari berbagai nutrisi penting. Termasuk protein, serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral penting seperti vitamin B, fosfor, dan kalium.

Konsumsi pistachio secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, karena dampak positifnya terhadap kesehatan jantung.

Baca Juga: ​7 Resep Kue Kering Kacang Rumahan yang Mudah Dibuat

6. Hazelnut

Hazelnut mengandung antioksidan, seperti vitamin E, yang membantu melindungi sel dari stres oksidatif dan dapat menurunkan risiko penyakit kronis.

Kombinasi lemak sehat, vitamin, dan mineral dalam hazelnut dapat mendukung fungsi kognitif dan berpotensi berkontribusi pada kesehatan otak yang lebih baik.

Kandungan serat yang tinggi pada kacang-kacangan mendukung kesehatan pencernaan, membantu pergerakan usus secara teratur dan mencegah sembelit.

7. Kacang Macadamia

kacang macademia
ilustrasi kacang macademia (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Jenis kacang-kacangan selanjutnya yang Sobat Yummy bisa coba yaitu kacang macadamia. Baru mendengarnya?

Kacang macadamia kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang merupakan lemak sehat jantung yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kombinasi lemak sehat dan antioksidan dalam kacang macadamia dapat berkontribusi terhadap kesehatan kulit. Perannya dapat meningkatkan hidrasi dan melindungi dari kerusakan oksidatif.

8. Kacang Brazil

Kacang brazil memiliki kadar lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, seperti disebutkan Medical News Today. Di mana, kedua jenis lemak tersebut dapat berkontribusi terhadap kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (jahat).

Karenanya, mengonsumsi kacang brazil juga dapat membantumu menciptakan hidup lebih sehat.

9. Kacang Pinus

Sementara itu, kacang pinus merupakan sumber nutrisi penting yang baik, termasuk vitamin (seperti vitamin E), mineral (seperti magnesium dan seng), dan lemak sehat.

Kacang pinus mengandung lutein dan zeaxanthin. Kandungan karotenoid di dalamnya juga berkontribusi terhadap kesehatan mata dengan melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan masalah penglihatan lainnya.

10. Kacang Tanah

kacang tanah
ilustrasi kacang tanah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Sobat Yummy pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis kacang satu ini, kan? Karena sering digunakan dalam bentuk olahan apa pun apalagi untuk sambal.

Kacang tanah merupakan sumber energi yang baik karena kombinasi lemak sehat, protein, dan karbohidrat. Menjadikan kacang tanah kaya akan komposisi gizi yang baik.

Kandungan protein dalam kacang tanah mendukung perkembangan dan perbaikan otot, menjadikannya tambahan yang berharga untuk diet. Terutama bagi kamu yang melakukan aktivitas fisik secara teratur.

Baca Juga: 8 Resep Bubur Kacang Ijo Berbagai Variasi yang Lezat

11. Chestnut

Chestnut merupakan salah satu jenis kacang kacangan yang sumber nutrisi penting yang baik. Termasuk vitamin C, vitamin B6, folat, dan mineral seperti potasium dan magnesium.

Karbohidrat kompleks dalam chestnut melepaskan glukosa secara bertahap, berkontribusi terhadap kestabilan kadar gula darah. Hal ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mengelola diabetes.

12. Kacang Kedelai

Kedelai kaya akan protein berkualitas tinggi, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi individu yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan.

Kombinasi protein dan serat dalam kedelai dapat berkontribusi pada rasa kenyang. Juga membantu pengelolaan berat badan dengan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.

Kacang kedelai dapat dimasukkan ke dalam berbagai hidangan. Menawarkan pilihan protein nabati serbaguna bagi kamu yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan.

13. Kacang Merah

kacang merah kaya protein
ilustrasi kacang merah (pexels.com/Nasty Fotografia)

Kacang merah adalah sumber protein nabati yang sangat baik, penting untuk perbaikan otot dan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Kandungan serat yang tinggi dalam kacang merah membantu pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan mendukung sistem pencernaan yang sehat.

Jenis kacang-kacangan sehat ini bisa dikonsumsi dengan berbagai jenis olahan dan dapat disesuaikan dengan preferensi lidah masing-masing.

14. Kacang Koro

Kacang koro mengandung mineral penting, seperti magnesium dan fosfor yang berperan dalam menjaga kekuatan dan kesehatan tulang. Kombinasi lemak sehat dan protein dalam kacang koro memberikan pelepasan energi yang berkelanjutan.

Nutrisi seperti vitamin E pada kacang koro berkontribusi terhadap kesehatan kulit dengan berperan sebagai antioksidan, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sangat cocok bagi Sobat Yummy yang sangat memerhatikan kesehatan kulit, bisa konsumsi jenis kacang kacangan sehat varian koro.

15. Kacang Polong

Kacang polong merupakan sumber vitamin (A, C, K), mineral (zat besi, seng), dan nutrisi penting seperti serat, yang berkontribusi terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Kacang polong mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, sehingga berpotensi bermanfaat bagi kondisi seperti radang sendi.

Lebih daripada itu, vitamin dan antioksidan dalam kacang polong berkontribusi pada sistem kekebalan yang lebih kuat, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

16. Kacang Hijau

kacang hijau makanan untuk orang sakit
ilustrasi kacang hijau (pexels.com/viestudio)

Kacang hijau mengandung serat, membantu pencernaan dengan meningkatkan kesehatan usus dan mencegah sembelit. Rendah kalori, kacang hijau adalah pilihan yang baik bagi kamu yang ingin mengatur berat badan sambil mempertahankan pola makan kaya nutrisi.

Jenis kacang ini  sangat cocok untuk Sobat Yummy para pejuang diet, lho. Selain itu kacang hijau serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai jenis masakan. Memberikan tambahan yang lezat dan bergizi untuk sup, salad, dan hidangan utama.

Baca Juga: 8 Manfaat dan Cara Mengolah Kacang Kedelai yang Kaya Protein

Setelah mengulas 16 jenis kacang-kacangan sehat yang dapat dijadikan alternatif camilan dan campuran makanan sehat.

Terlepas dari berbagai manfaatnya, tetap konsumsi dengan bijak sesuai dengan kebutuhan, ya. Yuk, download aplikasi Yummy sekarang untuk dapatkan informasi dan resep masakan terbaru setiap hari.

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

iis

iis

Rempeyek Kacang Tolo

Rempeyek Kacang Tolo

(5.0)

40 mnt

1.3 rb

Artikel Lainnya di tips