Perbedaan SP, TBM, dan Ovalet Lengkap dengan Cara Penggunaan

​Bahan kue ini memiliki kegunaan yang berbeda!

Perbedaan SP, TBM, dan Ovalet Lengkap dengan Cara Penggunaan

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Siapa yang sedang belajar membuat kue? Jangan lupa untuk mengenal berbagai macam bahan kue yang satu ini. Yup, cake emulsifier adalah bahan aditif berbentuk pasta yang dapat memperbaiki kualitas kue menjadi lebih stabil. Cake emulsifier ini sering juga dikenal dengan pengembang kue.

Meskipun masih banyak bahan alami yang bekerja sebagai pengembang alami, seperti putih telur, buttermilk, plain yogurt, air lemon, dan lainnya. Beberapa orang lebih memilih menggunakan cake emulsifier karena dapat memberikan hasil akhir yang lebih bagus. Kue yang dibuat dengan menggunakan tambahan cake emulsifier biasanya akan terasa lebih halus, kenyal dan memiliki pori yang halus juga. 

Namun, untuk beberapa kue biasanya menggunakan cake emulsifier dengan jenis berbeda. Ada kue yang dibuat dengan menggunakan SP, ovalet, ataupun TBM.

Nah, sebelum kamu mulai belajar membuat kue, ada baiknya mengenal dulu jenis-jenis cake emulsifier ini. Berikut ini perbedaan SP, TBM dan ovalet yang perlu kamu tahu!

SP terbuat dari lemak hewani

cake emulsifier SP
Ilustrasi cake emulsifier SP (youtube.com/linawildanimaulida)

Sebenarnya ketiga jenis cake emulsifier yang disebutkan tadi memiliki kegunaan yang sama, yaitu untuk menstabilkan adonan kue. Namun, setiap jenisnya memiliki perbedaan komposisi dan tentunya kegunaan. Salah satunya adalah SP kue ini.

Apa itu SP kue? SP kue adalah jenis cake emulsifier yang terbuat dari lemak hewani. Hal yang bisa kamu bedakan dari SP kue ini adalah warnanya yang kuning lebih gelap dan tekstur yang sangat lembut. 

SP ini biasanya digunakan dengan campuran lelehan mentega pada kue. Saat hendak digunakan, SP perlu melalui proses emulsi agar mentega dan SP menyatu dengan adonan dan tidak membuat adonan menjadi bantat setelah dipanggang. Kamu bisa menggunakan sesendok teh sp kue untuk takaran 5 butir telur ya, Sobat Yummy.

Nah, beberapa kue yang biasanya menggunakan SP kue adalah kue yang memerlukan telur yang banyak seperti pada resep sponge cake atau resep lapis surabaya.

Baca Juga: 21 Alat Membuat Kue yang Penting Dimiliki oleh Pemula hingga Mahir

Sedangkan ovalet terbuat dari turunan asam lemak

Sedangkan ovalet terbuat dari turunan asam lemak
Ilustrasi cake emulsifier ovalet (youtube.com/linawildanimaulida)

Lain halnya dengan SP, ovalet adalah cake emulsifier yang terbuat dari turunan asam lemak hewan atau tumbuhan. Walau begitu, ovalet memiliki kegunaan yang sama dengan SP yaitu untuk mengembangkan adonan, membuatnya stabil dan tidak bantet.

Cake emulsifier jenis ini lebih sering digunakan untuk adonan roti dan kue basah. Jika dilihat dari warnanya ovalet memiliki warna kuning yang lebih pucat. Tekstur ovalet juga sedikit kasar jika dibandingkan dengan SP.

Nah, sesendok teh ovalet biasanya digunakan untuk takaran 5 butir telur. Caranya, kamu perlu mengocok telur dan gula terlebih dahulu hingga mengembang. Setelah itu, masukkan ovalet ke dalam adonannya dan aduk lagi menggunakan mixer hingga mengembang sempurna dan tidak turun.

TBM memiliki komposisi yang lebih kompleks

TBM memiliki komposisi yang lebih kompleks
Ilustrasi cake emulsifier TBM (youtube.com/linawildanimaulida)

Jenis cake emulsifier yang terakhir adalah TBM yang terbuat dari monogliserida, digliserida, lemak hewani, dan tumbuhan. Pengemulsi TBM ini sama kegunaannya yaitu memperbaiki tekstur adonan agar tidak pecah.

TBM adalah emulsifer yang memiliki komposisi lebih kompleks dibanding dua jenis cake emulsifier lainnya. Untuk membedakan TBM ini, kamu bisa melihat dari warna dan teksturnya.

TBM memiliki warna kuning dan oren yang sedikit pekat dan tekstur yang kasar. Lalu, bagaimana cara penggunaan TBM dalam adonan kue?

Agar adonan mengembang sempurna, takaran 1 sendok teh TBM digunakan untuk 5 butir telur. TBM biasanya akan dicampurkan pada adonan ketika bahan seperti mentega, telur dan gula sudah mengembang. Hasilnya, tbm akan mengunci stabilitas adonan yang mengembang saat dicampurkan dengan terigu.

Nah, biasanya TBM ini digunakan kalau ingin membuat kue dengan bahan yang cukup berat, seperti kacang-kacangan yang dihaluskan, bubuk cokelat, atau buah asli yang dihaluskan. 

Pastikan kamu menggunakan ketiga jenis cake emulsifier ini dengan takaran yang benar ya, agar hasilnya lebih sempurna. Kamu bisa dapatkan banyak inspirasi resep kue di aplikasi Yummy App. Happy cooking!

Baca Juga: 8 Aneka Kue Basah Tradisional dan Modern yang Menggugah Selera 

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Erna

Erna

Lapis Surabaya

Lapis Surabaya

(5.0)

9 langkah

1.0 rb

Artikel Lainnya di tips