10 Jenis Ikan Asin yang Disukai Banyak Orang

Kenali ragam jenis ikan asin Nusantara

10 Jenis Ikan Asin yang Disukai Banyak Orang

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Ikan asin merupakan salah satu lauk pauk favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang khas membuat ikan asin digemari banyak orang. Selain itu, ikan asin juga merupakan sumber protein yang murah dan mudah diolah.

Ada banyak jenis ikan asin yang ada yang bisa Sobat Yummy temukan. Masing-masing jenis ikan asin ini juga memiliki rasa dan tekstur yang berbeda-beda. Berikut Yummy App rangkum 10 jenis ikan asin yang disukai banyak orang.

1. Ikan Teri

Ikan teri
Ilustrasi ikan teri (pixabay.com/asjjuni0)

Ikan teri merupakan jenis ikan asin yang populer dan banyak diolah untuk berbagai masakan. Ukurannya kecil dan bisa dijumpai dengan mudah di pasar-pasar tradisional. 

Jenis ikan teri yang paling umum digunakan dalam masakan yaitu teri jengki dan teri medan. Agar tidak terlalu asin saat dimasak, sebaiknya ikan teri dicuci atau direndam air hangat terlebih dahulu.

2. Ikan Peda

Ikan asin peda
Ilustrasi ikan peda (instagram.com/teri_asin_mdn)

Jenis ikan asin ini merupakan favorit banyak orang. Ikan ini biasanya dibuat dari ikan kembung yang melalui proses fermentasi dengan garam.

Ikan peda memiliki yang gurih dan sedikit pedas. Aroma khasnya yang kuat juga menjadi ciri khas ikan peda. Biasanya ikan diolah dengan cara digoreng atau dimasak sambal peda.

3. Ikan Tenggiri

Ikan asin tenggiri
ilustrasi ikan tenggiri (instagram.com/teri_asin_mdn)

Ikan asin tenggiri memiliki cita rasa khas yang kuat karena melalui proses pengasinan. Tak hanya itu, ikan ini juga kaya akan gizi, menjadikannya sumber protein yang awet.

Ikan tenggiri dapat diolah dengan berbagai cara, salah satu yang populer yaitu ditumis dengan sambal yang pedas. Sangat pas untuk dijadikan lauk pendamping nasi hangat.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Pempek: Bisa Bikin Sendiri di Rumah!

4. Ikan Sepat

Ikan asin sepat
ilustrasi ikan sepat (instagram.com/prast_tja2)

Ikan sepat tergolong ikan air tawar berukuran kecil, yang masih satu famili dengan ikan gurame. Besarnya bahkan tak sampai satu telapak tangan, dengan bentuk yang pipih dan memanjang.

Ikan ini memiliki rasa gurih dan asin yang khas. Teksturnya pun renyah, terutama pada daging dan kulit. Ikan ini bisa ditemukan dengan mudah di pasar-pasar tradisional dalam keadaan segar maupun asin.

5. Ikan Gabus

Ikan gabus
Ilustrasi ikan gabus (instagram.com/umi.adib.921)

Selain diolah dalam keadaan segar, ikan gabus juga bisa diasinkan. Ikan ini memiliki daging yang tebal dan sedikit lemak. Ikan gabus memiliki rasa yang gurih serta tekstur yang renyah.

Proses pengasinan ikan gabus sedikit berbeda dibanding jenis ikan asin lainnya. Maka jangan heran, kalau harganya pun relatif lebih mahal.

6. Ikan Bilih

Ikan bilih
Ilustrasi ikan bilih (instagram.com/dapur_lidya)

Ikan asin mungil khas Sumatera Barat ini memiliki rasa gurih yang unik dan teksturnya yang renyah. Bentuknya ramping memanjang, dengan sirip punggung yang terbelah menjadi dua bagian.

Di daerah asalnya, ikan bilih biasanya digoreng kering dan dijadikan lauk pauk. Misalnya dimasak balado atau dimasak lado mudo dengan bumbu cabai hijau yang pedas dan segar.

7. Ikan Cucut

Ikat cucut
Ilustrasi ikan cucut (instagram.com/ikanasinaden)

Ikan cucut memiliki tubuh yang ramping dan pipih. Ikan ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau diasinkan. Ikan cucut yang diasinkan memiliki rasa asin yang kuat dan tekstur yang keras.

Harganya pun relatif murah, sehingga menjadikannya pilihan lauk pauk yang ekonomis. Ikan ini bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti ditumis, gulai, pepes, atau disambal.

Baca Juga: 10 Resep Pepes Ikan yang Sedap dan Lembut

8. Ikan Jambal Roti

Ikan asin jambal roti
Ilustrasi ikan jambal roti (instagram.com/plesirwisatacirebon)

Ikan jambal roti memiliki memiliki rasa yang gurih dan aroma yang khas. Ikan ini terbuat dari ikan mayung yang memiliki tekstur daging tebal dan padat, berwarna putih.

Ikan jambal roti termasuk jenis ikan asin yang mahal. Harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah per kilogram, tergantung kualitas dan ukuran ikan.

9. Ikan Layang

Ikan layang asin
Ilustrasi ikan layang (instagram.com/astriepasaribu)

Ikan layang dapat ditemukan di pasa-pasar tradisional. Ada yang dijual dalam keadaan segar, maupun yang sudah diolah menjadi ikan asap atau ikan pindang.

Jenis ikan asin satu ini memiliki rasa gurih dan asin yang khas, dan sering digunakan sebagai lauk pauk dalam masakan Indonesia.

10. Ikan Asin Bulu Ayam

Ikan asin bulu ayam
Ilustrasi ikan asin bulu ayam (instagram.xom/hengcu)

Ikan asin bulu ayam punya rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, sehingga menjadikannya primadona di kalangan pecinta kuliner.

Bentuknya yang unik, tipis dan sedikit lebar dengan bagian pinggir menjuntai seperti buku ayam, menjadikannya mudah dikenali. Di Jawa dan Kalimantan, ikan ini dapat ditemukan dengan mudah dengan harga ekonomis.

Baca Juga: 10 Resep Olahan Ikan yang Lezat dan Tidak Bau Amis

Itulah 10 jenis ikan asin yang jadi favorit banyak orang. Sobat Yummy bisa olah ikan asin tersebut jadi berbagai macam masakan, seperti digoreng, pepes, gulai, atau dimasak dengan sayur-sayuran. Gimana? Tertarik mencoba?

Penulis: Citra Irhamna

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Retno Adiesty

Retno Adiesty

Pempek Ikan Tenggiri

Pempek Ikan Tenggiri

(5.0)

10 langkah

2.2 rb

Artikel Lainnya di kuliner