Ketahui Apa Itu Air Fryer, Memasak Tak Perlu Lagi Minyak!

Menggoreng tanpa minyak, ternyata bisa dengan air fryer!

Ketahui Apa Itu Air Fryer, Memasak Tak Perlu Lagi Minyak!

penulis:

Virgina Rizky Adinda

Bagikan:

Bagi kamu yang sedang dalam proses untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat, biasanya diawali dengan mulai berolahraga dan makan-makanan yang sehat. Di satu sisi, pasti sering kali kamu juga merasa kesulitan untuk memilih makanan sehat, karena kebanyakan makanan terlalu mengandung minyak.

Tetapi, apakah kamu sudah tahu kalau di zaman yang modern ini, kamu bisa memasak tanpa menggunakan minyak? Ya, ternyata hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil, lho! Dewasa ini, kamu bisa memulai pola hidup sehat, dengan memasak menggunakan air fryer.

Air fryer adalah sebuah alat yang memanfaatkan elemen panas dalam proses memasak. Jadi, kamu tidak memerlukan minyak ketika memasak menggunakan air fryer. Air fryer menjadi alat masak yang praktis digunakan, dan mendukung kamu dalam perjalanan menuju hidup yang sehat.

Untuk penjelasan terkait fungsi air fryer hingga makanan apa saja yang bisa dimasak menggunakan air fryer, bisa kamu simak lebih lanjut pada artikel Yummy App kali ini, ya!

Fungsi Air Fryer untuk Memasak

air fryer
ilustrasi air fryer (freepik.com/vecstock)

1. Menggoreng tanpa minyak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, air fryer adalah sebuah alat masak yang bisa digunakan tanpa memerlukan minyak. Hal ini bisa terjadi, karena air fryer hanya mengandalkan suhu panas untuk membuat masakan menjadi matang dengan baik.

2. Mengurangi kadar minyak dalam makanan

Walaupun penggunaan air fryer bisa tanpa minyak, namun, kamu juga tetap boleh jika ingin menggunakan sedikit minyak dalam proses memasak. Air fryer akan membantu mengurangi kadar minyak yang meresap di dalam makanan. Jadi, hasil masakan yang kamu buat, bisa lebih sehat.

3. Sebagai alat panggang

Bukan hanya digunakan untuk menggoreng makanan tanpa minyak, air fryer juga bisa digunakan untuk memanggang seperti oven, karena mengalirkan udara panas. Kamu bisa memanggang kue kering ataupun donat, sesuai dengan kapasitas air fryer.

Cara Kerja Air Friyer

air fryer
ilustrasi air fryer (freepik.com/vecstock)

Air fryer memiliki cara kerja yang bisa dibilang hampir mirip dengan oven konveksi, karena pada bagian atapnya terdapat elemen panas, yang bertugas untuk mengeluarkan udara panas. Sedangkan pada bagian bawah air fryer terdapat kipas, untuk membantu peredaran udara panas dalam proses membuat masakan, supaya dapat matang tanpa minyak. Pada air fryer, udara akan berputar secara melingkar untuk memastikan masakan matang secara menyeluruh. 

Cara kerja air fryer dikatakan seperti efek Maillard, yang mana dalam prosesnya memanfaatkan reaksi kimia secara menyeluruh. Karena itulah, air fryer sangat minim dalam penggunaan minyak, bahkan tidak perlu minyak sama sekali untuk membantu proses memasak.

Baca Juga: ​15 Resep Makanan Tanpa Minyak dan Santan yang Nikmat dan Mudah

Cara Menggunakan Air Fryer

cara menggunakan air fryer
ilustrasi memasak dengan air fryer (freepik.com/valeria-aksakova)

1. Taruh di tempat yang benar

Sebelum menggunakan air fryer untuk memasak, simpan air fryer di tempat yang mempunyai ruang lebih, dan jangan terlalu berhimpitan dengan barang elektronik lainnya.

Karena, air fryer adalah alat masak yang memanfaatkan panas, sehingga dikhawatirkan akan mengganggu fungsi dari barang elektronik yang ada di sekitarnya. Jika ada, taruhlah air fryer pada permukaan yang tahan dengan suhu panas.

2. Pasang alumunium foil

Sebenarnya, kamu tetap bisa memasak tanpa perlu memasang alumunium foil pada air fryer. Pemasangan alumunium foil ini dilakukan, untuk mempermudah kamu dalam membersihkan wadah air fryer, dan menghindari makanan yang lengket, supaya tidak menempel berlebihan.

Kamu juga bisa menggunakan sedikit minyak, untuk menghindari makanan menempel. Tenang saja, karena pada akhirnya, minyak tersebut akan kembali dikeringkan.

3.Masukkan makanan sesuai kapasitas

Jangan karena ingin cepat selesai, kamu jadi menggoreng makanan melebihi kapasitas air fryer, ya. Hal tersebut tentunya tidak baik, dan akan mempengaruhi hasil masakan kamu, sehingga makanan yang kamu masak, mungkin akan matang secara tidak merata dan kurang renyah.

4. Mengatur suhu dan waktu

Aturlah suhu sesuai kebutuhan, dan waktu sesuai dengan tekstur dari bahan makanan yang kamu masak. Jika sebelum dimasak saja sudah lembek, dan bisa matang dengan cepat, kamu harus atur waktu sebentar saja sampai makanan tersebut bisa matang dengan baik. Begitu juga sebaliknya, untuk makanan dengan tekstur yang cukup keras, aturlah waktu memasak yang lebih lama, sampai tekstur makanan berubah menjadi lembut.

5. Perhatikan kematangan makanan

Hal penting lainnya saat memasak menggunakan air fryer adalah dengan memastikan bahwa seluruh bagian makanan akan matang secara merata. Kamu bisa klik tombol pause yang tersedia, lalu menggoyangkan wadah air fryer atau membalikkan posisi makanannya, supaya makanan bisa matang sempurna.

Makanan yang Bisa Dimasak dengan Air Fryer

kentang goreng
ilustrasi masakan dari air fryer (pexels.com/nikitakrasnov)

Ada beberapa makanan yang bisa dimasak dengan menggunakan air fryer. Selama makanan tersebut bukanlah termasuk dalam kategori makanan basah, karena dikhawatirkan dapat merusak fungsi dari air fryer. Berikut ini, beberapa makanan yang bisa dimasak dengan air fryer.

1. Daging Ayam

daging ayam mentah
ilustrasi daging ayam mentah (pexels.com/jeshoots)

Daging ayam bisa dimasak menggunakan air fryer, menjadi berbagai masakan yang bisa dinikmati. Kamu bisa membuat sejenis ayam crispy, atau olahan daging ayam lainnya, yang dapat kamu kreasikan sendiri.

2. Kentang

kentang mentah
ilustrasi kentang (pexels.com/annatuhkfatullinafoodphotographer)

Jika ingin membuat kentang goreng sebagai cemilan untuk menonton film, kamu bisa menggorengnya dengan lebih praktis dengan air fryer. Kentang yang digoreng dengan air fryer, tentunya tidak akan berminyak dan lebih enak untuk dinikmati.

3. Nugget

nugget
ilustrasi nugget (pexels.com/evgeniyadavydova)

Biasanya, banyak orang yang mengisi kotak bekalnya dengan nugget. Namun, seringnya nugget yang sudah didiamkan lama akan menjadi lembek dan berminyak.

Karena itu, kamu boleh menggoreng nugget menggunakan air fryer, supaya lebih praktis dan juga crispy. Kamu juga bisa memasak makanan beku lainnya dengan menggunakan air fryer.

4. Daging Sapi

daging sapi mentah
ilustrasi daging sapi mentah (pexels.com/malimaeder)

Dengan menggunakan air fryer, kamu juga bisa mengolah daging sapi menjadi masakan yang lezat, seperti steak. Jangan lupa untuk membolak-balikkan daging saat proses memasak, dengan menekan tombol pause terlebih dahulu.

Nah, sekarang kamu jadi banyak tahu tentang manfaat air fryer, kan! Kalau begitu, kamu sudah bisa memikirkan untuk memiliki air fryer di rumah, sebagai alternatif memasak tanpa menggunakan minyak. Mari kita mulai kurangi gorengan dengan minyak berlebih, dan mulai untuk hidup lebih sehat!

Baca Juga: Shallow Frying, Teknik Menggoreng Cepat dengan Minim Minyak 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Enggar Nugraheni Putri

Enggar Nugraheni Putri

Crispy Chicken Steak

Crispy Chicken Steak

(5.0)

60 mnt

1.1 rb

Artikel Lainnya di tips