10 Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif dan Alami

Atasi cegukan yang mengganggu dengan cara jitu berikut!

10 Cara Menghilangkan Cegukan yang Efektif dan Alami

penulis:

Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Singultus atau yang lebih dikenal dengan nama cegukan, memang kerap kali dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meskipun masalah kesehatan yang terbilang ringan ini bisa hilang sendiri dalam beberapa waktu, kondisi ini membuat kita tidak nyaman bahkan menurunkan kepercayaan diri.

Normalnya, cegukan berlangsung dalam waktu singkat dan dapat teratasi dengan beberapa cara alami berikut. Namun, jika cegukan berlangsung terus-menerus, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter, ya.

Nah, sebelum mengetahui caranya, kamu bisa simak terlebih dahulu kenapa seseorang bisa cegukan agar dapat menghindarinya di lain waktu.

Penyebab terjadinya cegukan

ilustrasi seseorang yang makan terburu-buru
ilustrasi seseorang yang makan terburu-buru (freepik.com/pressfoto)

Cegukan bisa terjadi karena otot diafragma yang mengatur pernapasan mengalami kontraksi yang berulang dan tidak terkendali. Saat terjadi kontraksi, paru-paru melakukan tugasnya seperti biasa dengan menarik napas untuk mengambil oksigen dan melepaskan karbondioksida. Tetapi akibat tarikan napas secara mendadak tersebut, pita suara akan menutup yang kemudian menimbulkan suara khas cegukan.

Selain karena kinerja normal tubuh seperti yang disebutkan, beberapa hal lain yang kita lakukan juga dapat menjadi pemicu terjadinya cegukan. Berikut di antaranya:

  1. Mengonsumsi minuman bersoda;
  2. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat;
  3. Adanya adaptasi tubuh dengan suhu yang berubah secara ekstrem dan tiba-tiba;
  4. Stress dan tekanan emosional;
  5. Minuman beralkohol.

Jika sudah mengetahui penyebab kamu cegukan hari ini, kamu bisa simak 10 cara menghilangkan cegukan berikut untuk memutus rasa tidak nyaman yang timbul.

1. Latihan pernapasan

ilustrasi melatih pernapasan
ilustrasi melatih pernapasan (freepik.com/syarifahbrit)

Cara pertama menghilangkan cegukan yang pertama cukup umum dilakukan adalah dengan melatih pernapasan.

Hal pertama yang dilakukan adalah menarik napas sedalam-dalamnya dalam lima hitungan, kemudian keluarkan dalam lima hitungan. Lakukan berulang kali untuk mengatur kembali ritme dari diafragma.

2. Minum air putih

ilustrasi minum air putih
ilustrasi minum air putih salah satu cara menghentikan cegukan (freepik.com/pressfoto)

Air putih telah banyak dipercaya sebagai salah satu cara mengatasi cegukan. Meminum air putih dapat merangsang saraf vagus yang bagus untuk rileksasi diafragma.

Selama minum, usahakan posisi tubuh dalam keadaan lurus dan tegap, kemudian tahan napas. Setelah kamu selesai minum, kamu bisa kembali bernapas seperti biasa dan cegukan akan hilang dengan sendirinya.

3. Menelan ludah tanpa bernapas

ilustrasi menahan napas
ilustrasi menahan napas (freepik.com/wayhomestudio)

Cara berikutnya yang bisa kamu pilih untuk dilakukan adalah menahan napas dan tahan beberapa detik, kemudian lakukan gerakan seperti menelan pada mulut dan kerongkongan. Jangan lupa keluarkan kembali napas secara perlahan. Lakukan berulang hingga cegukang hilang.

Karbon dioksida yang masuk dapat membantu rileksasi otot diafragma dan menghentikan kontraksi.

4. Merapatkan lutut ke dada

ilustrasi merapatkan lutut ke dada
ilustrasi merapatkan lutut ke dada (freepik.com/freepik)

Memosisikan tubuh dengan memeluk lutut dan membawanya mendekat dengan dada juga dapat membantu menghilangkan cegukan. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada otot diafragma sehingga membantu kejangnya berhenti.

Caranya adalah, cari posisi duduk yang nyaman, kemudian tekukkan kedua kaki, tarik kaki mendekat ke tubuh lalu peluk erat. Kamu juga bisa melakukannya sambil mengatur pernapasan.

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan ASI yang Tepat dan Benar, Orangtua Harus Tahu!

5. Menekan diafragma

menghilangkan cegukan saat puasa
ilustrasi meredakan cegukan (freepik.com/8photo)

Diafragma terletak di bawah paru-paru, dan di atas perut. Menekan dan sedikit memijat otot diafragma juga dapat membantu otot diafragma untuk rileks dan menstimulasi saraf vagus sehingga ritme kerja diafragma kembali normal dan cegukan berhenti.

Kamu bisa menekan bagian otot diafragma di antara paru-paru dan perut, lalu pijit sedikit selama beberapa detik dan lepaskan. Ulangi beberapa kali hingga cegukan terhenti.

6. Menjulurkan atau menarik lidah keluar

ilustrasi mengulurkan lidah
ilustrasi mengulurkan lidah (freepik.com/cookie_studio)

Cara efektif menghilangkan cegukan berikutnya adalah dengan mengulurkan atau menjulurkan lidah. Cara ini dilakukan untuk merangsang nasofaring dan saraf vagus yang dapat mengatur kembali diafragma sehingga ritmenya kembali normal.

Lakukanlah dengan cara membuka mulut dengan lebar, julurkan lidah, dan kencangkan otot rahang. Kamu juga bisa menarik lidah dengan tangan yang bersih agar tarikannya lebih kencang. Tahan posisi tersebut selama beberapa detik. Jika cegukan masih berlangsung, kamu bisa melakukannya lagi hingga cegukan teratasi.

7. Mengulum gula pasir

ilustrasi gula pasir
ilustrasi gula pasir (freepik.com/jcomp)

Mengulum gula pasir dapat merangsang otot diafragma sehingga cara ini bisa jadi salah satu hal yang dapat kamu lakukan.

Kamu bisa mengulum satu sendok gula selama lima menit kemudian menelannya. Hal ini dapat mengatasi kejang pada diafragma dengan mengiritasi bagian belakang tenggorokan.

8. Menaruh es batu di bawah rahang

ilustrasi es batu
ilustrasi bongkahan es batu (freepik.com/racool_studio)

Kamu juga bisa mencoba cara jitu menghentikan cegukan lainnya dengan menggunakan bantuan es batu. Suhu dingin dari es batu dapat membantu menghentikan cegukan pada otot diafragma. 

Tempelkan es batu pada bagian bawah rahang dan tahan selama beberapa saat. Lakukan terus hingga beberapa kali sampai otot diafragma rileks dan cegukan berhenti.

9. Minum satu sendok madu

ilustrasi madu
ilustrasi madu (freepik.com/jcomp)

Madu dipercaya memiliki banyak khasiat baik bagi tubuh kita. Salah satunya bisa kamu manfaatkan untuk menangani cegukan yang membuatmu tidak nyaman.

Minumlah satu sendok madu saat kamu cegukan. Madu dapat menenangkan diafragma yang dapat membantu menghantikan cegukan.

10. Minum air perasan jeruk nipis

ilustrasi jeruk nipis
ilustrasi jeruk nipis (freepik.com/8photo)

Selain madu yang memiliki beragam manfaat baik, jeruk nipis pun juga sama. Kamu bisa meminum air perasan jeruk nipis yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga bisa menenangkan saraf vagus dan menghentikan cegukan.

Itulah 10 cara menghentikan cegukan yang efektif dan alami. Kamu bisa memilih salah satu cara di atas untuk menangani masalah cegukanmu. Namun, jika cegukan terus berlanjut bahkan hingga beberapa hari, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencari tahu lebih lanjut penyebab dan penanganan yang sesuai.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Minyak di Tenggorokan Setelah Makan Gorengan

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Heny Rosita

Heny Rosita

Wedang Serai Jeruk Nipis

Wedang Serai Jeruk Nipis

(5.0)

5 langkah

322

Artikel Lainnya di tips