9 Jenis Kopi Terpopuler yang Wajib Kamu Cicipi, Khas Semua!

Banyak jenis kopi Indonesia yang mendunia, lho!

9 Jenis Kopi Terpopuler yang Wajib Kamu Cicipi, Khas Semua!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kopi dikenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Dalam satu cangkir kopi, kamu akan menemukan banyak sekali senyawa kimia yang menyehatkan. Namun, konsumsinya tak boleh berlebihan, ya.

Menurut Kemenkes Indonesia meminum 3-4 gelas kopi atau sekitar 400 mg sehari bisa dikatakan aman dan memberikan manfaat. Beberapa manfaat yang bisa dirasakan dari minum kopi adalah terhindari dari risiko stroke serta resiko diabetes tipe 2. Selain itu, minum kopi dalam jumlah cukup turut menjaga liver tetap sehat, membuat DNA lebih kuat, hingga mengurangi resiko alzheimer. Gak heran, jika banyak orang Indonesia yang suka minum kopi.

Menariknya, jenis-jenis kopi yang ada di pasaran cukup beragam. Bahkan jenisnya pun bisa berbeda tiap masing-masing daerah. Nah, Indonesia sendiri menjadi salah satu negara penghasil kopi yang terbaik di dunia, lho!

Lalu, apa saja jenis kopi di Indonesia yang paling terpopuler tersebut? Berikut ini Yummy sudah merangkum informasinya untukmu! Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Arabica

description
Unsplash

Biji kopi arabica adalah varietas yang paling populer di seluruh dunia. Biji arabica ini berasal dari Ethiopia, tetapi sudah ditanam dan menyebar ke seluruh dunia. Arabica sendiri bisa dibudidayakan di daerah yang beriklim tropis dan dataran tinggi. 

Lebih jauh, biji kopi arabica memiliki warna cokelat tua dan teksturnya halus saat disentuh. Rasa yang keluar dari biji ini pun beragam, mulai dari rasa yang sedikit manis hingga rasa seperti kacang yang dipanggang.

Bagi beberapa orang, biji arabica dianggap sebagai varietas yang paling tinggi dan mudah dicari. Popularitas dan keserbagunaan dari biji kopi inilah yang menjadikannya pilihan terbaik untuk digunakan di berbagai resep olahan kopi.

2. Liberica

description
Flickr

Biji kopi liberica berasal dari Afrika Tengah dan Barat. Biji kopi ini terbilang sangat toleran terhadap iklim yang ekstrem dan dataran rendah. Mereka juga bisa tumbuh dengan baik di negara-negara di Asia Tenggara.

Biji liberica memiliki bentuk seperti almond dengan aroma yang sangat unik.  Jika berbicara tentang rasa, liberica memiliki rasa campuran antara bunga dan buah. Hal ini membuat liberica terasa unik jika dijadikan sebagai campuran kopi. 

3. Robusta

description
Flickr

Biji kopi robusta terkenal dengan bentuknya yang lebih besar dan bulat. Dari berbagai jenis varietas kopi, robusta menempati urutan kedua sebagai biji kopi terpopuler di dunia. Biji kopi robusta berasal dari Afrika sub-Sahara dan sebagian besar ditanam saat ini di Afrika, Indonesia, dan India.

Robusta juga terkenal dengan rasanya yang pahit. Hal ini yang menjadikan alasan mengapa robusta sangat populer digunakan untuk racikan kopi. 

4. Excelsa

description
Pexels

Biji kopi excelsa pertama kali ditemukan di Afrika. Namun, saat ini biji kopi excelsa bisa kamu temukan secara eksklusif di Asia Tenggara. 

Biji kopi excelsa memiliki bentuk lonjong dan agak memanjang. Kopi ini juga biasa dibudidayakan di daratan yang ketinggian sedang. Untuk rasa, biji excelsa cukup kompleks dan khas. Hal ini yang menjadikan biji kopi excelsa dijadikan pilihan sebagai minuman kopi tanpa racikan. 

Baca Juga: 15 Resep Minuman Kekinian yang Cocok untuk Jualan

5. Toraja

description
Flickr

Selanjutnya, adalah biji kopi toraja. Kopi toraja berasal dari Sulawesi Selatan yang namanya terkenal hingga Jepang dan Amerika. Bahkan kabarnya sebuah perusahaan kopi di Jepang sudah mematenkan kopi toraja sebagai kopi premiumnya, lho!

Nah, untuk rasanya, biji kopi toraja memiliki rasa yang unik yaitu memiliki rasa kayu manis dan kapulaga.

6. Gayo

description
Flickr

Salah satu jenis kopi terbaik dari Sumatera adalah kopi arabica gayo. Kopi gayo terkenal hingga mancanegara karena memiliki proses pembuatan yang panjang. Pertama, biji kopi dimasak dalam oven hingga 4 jam hingga mencapai 80 persen. Kedua, biji kopi gayo nantinya ditambahkan gula agar rasanya lebih unik.

Bagaimana dengan teksturnya dan rasanya ? Kopi Gayo Aceh memiliki tekstur yang encer, tidak terlalu kental, dan memiliki tingkat keasaman yang seimbang.

7. Luwak

7. Luwak
Flickr

Salah satu jenis kopi yang paling terkenal dan berasal dari Indonesia adalah biji kopi luwak. Biji kopi ini terbuat dari kotoran hewan luwak.

Pada awalnya luwak memakan biji kopi merah terang, lalu dicerna, dan dikeluarkan lewat kotoran. Setelah itu biji kopi dibersihkan dan dijemur di bawah cahaya matahari hingga tingkat kelembapan 12 persen. 

Ciri khas kopi luwak adalah wanginya yang seperti pandan bahkan wangi ini tercium hingga beberapa meter.

8. Kintamani

8. Kintamani
Flickr

Jenis kopi terbaik asal Indonesia lainnya berasal dari Bali. Kopi kintamani Bali merupakan salah satu jenis kopi yang populer hingga Jepang, Eropa, dan Arab. Ciri khas dari kopi ini adalah rasa yang pahit dan memiliki rasa jeruk yang unik. 

Kopi Kintamani ini didominasi asam sitrus segar dan aroma floral di dalamnya. Hal ini dikarenakan kebun kopi kintamani ini selalu bersebelahan dengan kebun jeruk. Menarik sekali, kan?

9. Flores Bajawa

description
Flickr

Jenis kopi populer lainnya adalah kopi Flores Bajawa. Kopi ini berasal dari Flores dan ditanam di ketinggian 1000-1550 meter di atas permukaan laut.

Ciri khas dari kopi Flores Bajawa memiliki sensasi asam, nutty, dan hint karamel yang membuatnya semakin unik. Tekstur dari kopi flores jajawa ini lebih kental dibanding kopi lainnya.

Itulah jenis-jenis kopi populer yang bisa kamu coba cicipi. Intip juga resep kopi kekinian di Yummy Apps untuk mengolahnya. Semoga membantu!

Baca Juga: 10 Minuman dan Jus yang Melancarkan Peredaran Darah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Endah Triana

Endah Triana

Kopi Legit Kayu Manis Hangat

Kopi Legit Kayu Manis Hangat

(5.0)

10 mnt

254

Artikel Lainnya di kuliner