7 Makanan Imlek Khas Singapura Paling Enak

Simak beberapa makanan Imlek khas Singapura paling enak

7 Makanan Imlek Khas Singapura Paling Enak

penulis:

Bella Charina Putri

Bagikan:

Lunar New Year atau tahun baru Imlek yang biasanya jatuh antara tanggal 21 Januari sampai 20 Februari menjadi salah satu perayaan penting bagi masyarakat Tionghoa di seluruh dunia, khususnya di Singapura.

Melansir dari New York Times, Tahun Baru Imlek di Singapura dirayakan terutama oleh para anggota diaspora China yang jumlahnya mencapai tiga perempat dari seluruh populasi, termasuk orang Hokkian, Kanton, dan Teochew dari tenggara China; orang Hainan dari provinsi pulau Hainan; orang Hakka, kelompok migran yang tersebar di seluruh Tiongkok; dan Peranakan, yang telah berada di wilayah tersebut selama lebih dari 400 tahun serta memiliki leluhur campuran Melayu & Eropa.

Dengan beragamnya budaya dan tradisi, hidangan yang disajikan pun menjadi lebih berwarna. Nah, berikut Yummy App rangkumkan beberapa makanan khas Singapura saat Imlek. Yuk, disimak!

1. Chap chye

Chap Chye
Ilustrasi Chap Chye (babanyonyaperanakans.org/Alexius Wong)

Chap chye memiliki arti mixed vegetables atau berbagai sayuran yang dicampur. Chapchye merupakan salah satu masakan Peranakan yang umumnya terdiri dari bermacam sayuran yang ditumis bersama dengan bumbu-bumbu khas Asia, seperti kecap ikan, bawang putih, jahe, dan saus tiram. 

Setiap keluarga dapat memiliki versi chap chye yang sedikit berbeda tergantung pada tradisi dan resep masing-masing. Namun, sebagian besar komponen yang sering digunakan antara lain tauge, kubis, jamur kuping, wortel, dan glass noodles. Hidangan ini dikenal karena rasa yang kaya serta nutrisi yang tinggi karena keberagaman sayuran yang digunakan.

2. Nian gao

kue keranjang
Ilustrasi nian gao (wikimedia.org/Midori)

Nian gao berasal dari bahasa Mandarin di mana nian berarti tahun dan gao bermakna kue. Sedangkan dalam bahasa Hokkian dapat juga disebut Thiam Pan. Nian gao terbuat dari tepung ketan beserta gula yang dicairkan dan kemudian diaduk bersama sebelum dikukus.

Nian gao memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa yang manis legit dan menyimbolkan harapan akan peningkatan rezeki serta kemakmuran di tahun mendatang.

3. Egg noodles stir-fried

Egg Noodles Stir-fried
Ilustrasi Egg Noodles Stir-fried (marionskitchen.com)

Egg noodles stir-fried adalah mie telur yang biasanya ditumis dengan beberapa komponen lain seperti perut babi dan udang. Hidangan ini adalah salah satu hidangan khas untuk Tahun Baru Imlek di Singapura dan biasanya disajikan dengan sambal belacan, yakni sambal berbahan dasar udang yang difermentasi.

4. Lo Hei/Yusheng

4. Lo Hei/Yusheng
Ilustrasi yu sheng (herworld.com)

Lo hei merujuk pada salad ikan mentah ala Teochew yang terdiri dari ikan mentah, irisan sayuran, dan banyak saus dalam satu piring. Berbagai komponen yang ada di dalam piring tersebut dimaksudkan untuk dibagikan dan dicampur bersama sambil membacakan ucapan keberuntungan untuk Tahun Baru.

Untuk memulai santapan, orang-orang akan berkerumun di sekeliling piring lalu mengaduk-aduk makanan dengan sumpit lalu melemparkan bahan-bahan ke udara untuk mencampur salad. Konon, semakin tinggi lemparannya, maka nasib di tahun mendatang juga akan semakin baik.

5. Pen cai

pen cai
Ilustrasi pen cai (eats.oddle.me/Lee Wei Yang)

Pen cai adalah hidangan tradisional Cantonese yang terdiri dari banyak bahan-bahan mewah seperti abalon, teripang, kerang, perut ikan, dan masih banyak lagi. Biasanya hidangan ini disajikan dalam pot tanah liat atau sejenisnya, dan ditujukan untuk disantap bersama orang-orang terdekat.

Baca Juga: 7 Makanan Imlek Khas China Paling Enak

6. Whole fish

dayu darou
ilustrasi whole fish (seriouseats.com/Fiona Reilly)

Perayaan Imlek di Singapura juga didampingi oleh hidangan ikan yang disajikan secara keseluruhan atau whole fish. Hidangan ini digunakan untuk menggambarkan perayaan yang mewah sekaligus melambangkan harapan akan kelimpahan untuk masa depan.

Pengolahan ikan sendiri bervariasi tergantung wilayah dan tradisi masing-masing keluarga. Namun, terdapat beberapa aturan yang masih dipercaya oleh masyarakat setempat, salah satunya adalah ikan harus dimasak dan disajikan secara utuh, dengan kepala dan ekor yang masih utuh karena tubuh ikan melambangkan persatuan dan kebersamaan keluarga.

7. Kueh kapit

kuih kapit
Ilustrasi kuih kapit (abmauri.com.my)

Salah satu camilan manis Imlek yang tak boleh dilewatkan adalah kueh kapit. Kue ini juga dikenal dengan nama lain, seperti love letters di beberapa tempat karena secara historis merupakan cara bagi sepasang kekasih untuk berkomunikasi di masa lalu secara diam-diam.

Kuih Kapit umumnya terbuat dari adonan yang terdiri dari tepung terigu, santan kelapa, telur, gula, dan sedikit garam. Adonan ini kemudian diolah dan dipanggang di antara dua plat besi atau cetakan khusus yang memberikan kue bentuk tipis dan renyah seperti kertas.

Baca Juga: 8 Kue Khas Imlek yang Lezat dan Makna di Dalamnya

Nah, itulah beberapa hidangan Imlek khas Singapura yang Sobat Yummy harus tahu dan tak boleh ketinggalan untuk dicicipi ketika sedang berada di Singapura. Mulai dari chap chye, nian gao, egg noodles stir-fried, lo hei, pen cai, whole fish, hingga kueh kapit.

Untuk mengetahui informasi serupa, yuk, unduh Yummy App dan temukan lebih banyak kreasi serta tips kuliner lainnya.

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Lyliput Kitchen's

Lyliput Kitchen's

Ifu Mie

Ifu Mie

(5.0)

7 langkah

316

Artikel Lainnya di kuliner