10 Makanan Khas Papua yang Unik, Sulit Ditemukan di Daerah Lain

Tertarik mencoba ulat sagu?

10 Makanan Khas Papua yang Unik, Sulit Ditemukan di Daerah Lain

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Papua, wilayah paling timur Indonesia memang kaya akan sumber daya alam dan pesona alamnya. Selain itu, Papua juga memiliki beragam kuliner unik dan lezat yang jarang ditemui di daerah lainnya.

Ciri khas makanan yang timur Indonesia ini umumnya terbuat dari bahan baku sagu. Apakah kamu sudah pernah mencoba makanan dari tepung sagu sebelumnya? Untuk referensi, simak ulasan mengenai makanan khas Papua di artikel ini, yuk!

1. Papeda

1. Papeda

Banyak orang yang sudah tidak asing dengan makanan khas Papua yang satu ini. Bisa dibilang, salah satu kekayaan kuliner khas Papua ini adalah ikonnya Papua.

Papeda merupakan makanan yang terbuat dari tepung sagu yang sangat populer dan digemari oleh masyarakat Papua. Rasanya sendiri tawar, tapi biasa dimakan dengan kuah benih, ikan kuah kuning, atau sambal.

2. Ulat Sagu

2. Ulat Sagu

Panganan ini bisa terbilang ekstrem karena bagi sebagian orang ulat bukanlah jenis binatang yang biasa dimakan. Bahkan dianggap sebagai hama atau hewan yang menjijikan. Namun, jangan salah, ulat sagu memiliki protein yang cukup tinggi. Selain itu, mengandung lemak baik seperti asam oleat, omega 3, omega 6, dan omega 9. Untuk sekali seumur hidup, cobalah datang ke Papua dan mampir mencicipi olahan ulat sagu yang bisa kamu temui di pasar-pasar.

3. Kue Lontar

3. Kue Lontar

Nah, kalau yang ini bukan pie susu, ya, meskipun mirip. Kue lontar adalah salah satu makanan khas Papua terbuat dari bahan dasar telur yang dicetak pada cetakan khusus. Biasanya ukurannya lebih besar dan lebih tebal dibanding ukuran pie susu yang biasa kita kenal. Kue lontar biasanya dijadikan sebagai suguhan di hari-hari besar, seperti Natal atau Lebaran. Selain itu kue ini juga biasa dibawa pulang untuk oleh-oleh bagi para wisatawan yang sudah berkunjung ke Papua.

4. Ikan Bungkus

4. Ikan Bungkus

Buat kamu yang suka dan sering makan pepes, mungkin kamu juga tertarik untuk icip-icip makanan khas Papua yang satu ini. Ya, ikan bungkus. Secara tampilan memang hampir mirip, bedanya jika pepes dibungkus dengan daun pisang, ikan bungkus dibungkus dengan daun talas.

Beberapa jenis ikan bisa digunakan untuk mengolah makanan khas Papua ini. Ikan kemudian diberi bumbu rempah dan dibungkus dengan daun talas, lalu dibakar dengan api kecil hingga matang.

5. Ikan Bakar Manokwari

5. Ikan Bakar Manokwari

Ikan bakar Manokwari adalah salah satu makanan khas Papua yang diambil dari nama salah satu daerah di Papua. Biasanya ikan yang dibakar menggunakan ikan tongkol yang dipadu dengan bumbu khas Papua. Bumbu adalah perpaduan sambal khusus yang hanya bisa dijumpai di Papua.

Baca Juga: 20 Makanan Khas Maluku, Kuliner Unik Indonesia Timur

6. Sambal Colo-Colo

6. Sambal Colo-Colo

Makan tanpa sambal memang kurang lengkap bagi banyak dari kita masyarakat Indonesia. Di Papua, ada yang namanya sambal colo-colo yang bisa jadi menambah nikmatnya rasa makanan. Sambal ini bercita rasa pedas menggigit dan asam yang berpadu seimbang dan memberikan sensasi segar setelah menyantapnya.

7. Sagu Lempeng

7. Sagu Lempeng

Tekstur sagu lempeng sangat keras, warnanya kecoklatan, dan berbentuk balok. Bahan dasar makanan khas Papua ini terbuat dari sagu yang dicetak kemudian dipanaskan dengan cara dipanggang. Proses pemanggangan ini mengurangi kadar air pada sagu sehingga dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mikroba. Jadi, sagu lempeng bisa bertahan lebih lama.

8. Bubur Sagu

8. Bubur Sagu

Memang sagu adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia Timur, terutama di Papua. Salah satu olahan sagu yang menjadi makanan khas Papua adalah bubur sagu. Terbuat dari sagu kering atau sagu lempeng yang yang direndam dengan air panas cukup lama sehingga sagu melunak.

Rasa dari bubur sagu ini tawar. Untuk itu, bisa menambahkan pelengkap, baik yang manis seperti gula atau santan atau menambahkan rasa asin dan gurih yang didapat dari kelapa parut.

9. Abon Gulung

9. Abon Gulung

Abon gulung adalah salah satu oleh-oleh khas Papua yang sering dibawa wisatawan. Abon gulung ini hanya akan dapat kamu jumpai di wilayah Papua dan Papua Barat saja, lho! Makanan ini merupakan roti gulung yang di tengahnya diisi dengan abon. Rasanya manis dan gurih.

Nah, untuk kamu yang berasal dari luar wilayah Papua dan ketika kembali ke daerah masing-masing ingin membawa buah tangan. Kamu bisa mencari abon gulung ini di beberapa gerai oleh-oleh yang ada di sana.

10. Aunu Senebre

10. Aunu Senebre

Aunu senebre merupakan makanan khas Papua yang yang terbuat dari olahan ikan teri dan nasi yang digoreng. Ikan teri dan nasi yang sudah digoreng dicampurkan dengan irisan daun talas dan parutan kelapa. Setelah tercampur, kemudian dikukus. Setelah matang, aunu sebere bisa dijadikan teman makan papeda.

Itulah 10 daftar makanan khas Papua yang unik dan sulit ditemukan di tempat lain. Mana yang paling membuatmu tertarik? 

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jogja Selain Gudeg, Wajib Coba!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Ummu Alfard

Ummu Alfard

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

(5.0)

30 mnt

424

Artikel Lainnya di kuliner