5 Perbedaan Lada, Merica dan Ketumbar yang Harus Kamu Tahu!

​Cara mudah membedakan 3 raja rempah!

5 Perbedaan Lada, Merica dan Ketumbar yang Harus Kamu Tahu!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Kalau kamu sering masak di dapur, pasti familiar dengan lada, merica, dan ketumbar, kan? Ketiga rempah ini sering kali digunakan di resep masakan untuk menambah cita rasa yang pedas dan menghangatkan tubuh. 

Jika dilihat sekilas, ketiga rempah ini memiliki bentuk yang serupa. Tidak jarang beberapa orang kesulitan untuk membedakan antara lada, merica dan juga ketumbar. Apakah kamu termasuk salah satunya?

Supaya nggak salah menggunakan rempah saat memasak, Yummy App sudah merangkum perbedaan antara lada, merica, dan ketumbar. Penasaran apa saja perbedaan, rasa, dan fungsi dari ketiga bahan rempah tersebut? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Perbedaan asal-usul

coriandrum sativum
ilustrasi coriandrum sativum (flickr.com/forestnadkimstarr)

Perbedaan pertama dari rempah-rempah ini adalah asal-usul sumbernya. Perlu kamu tahu, kalau lada dan ketumbar berasal dari tumbuhan yang berbeda, ya! 

Merica merupakan rempah yang sangat terkenal dari zaman dahulu kala. Rempah ini menjadi komoditi yang paling dicari hingga keseluruh dunia. Merica dan lada berasal dari tanaman yang bernama Piper Nigrum dan mampu tumbuh hingga 15 meter. Batang-batangnya menyebar dan pendek. Tanaman ini juga memiliki buah berbentuk bulan dengan ukuran yang kecil. Buah inilah yang digunakan untuk membuat bumbu dapur merica dan lada. 

Sementara itu, ketumbar berasal dari tanaman yang mirip sekali dengan seledri. Banyak yang percaya bahwa tanaman ketumbar berasal dari Eropa Selatan dan juga Laut Kaspia dengan nama latin Coriandrum Sativum. Bukan cuma biji ketumbar yang bermanfaat, ternyata daun ketumbar juga sering digunakan untuk bumbu memasak.

2. Perbedaan ukuran

Perbedaan lada, merica, dan ketumbar
ilustrasi lada, merica dan ketumbar (freepik.com/racool_studio)

Perbedaan selanjutnya adalah dari ukuran. Perbedaan lada dan merica bisa kamu lihat di bagian ini. Merica merupakan biji yang terdapat pada tumbuhan Piper nigrum dengan ukuran 1-2 milimeter.

Sedangkan lada adalah merica yang sudah dihaluskan dan berubah tekstur menjadi bubuk. Lada sendiri memiliki dua jenis yang berbeda, yaitu lada putih dan lada hitam. Perbedaan kedua jenis lada ini ada pada warna dan sumbernya. Lada hitam berasal dari buah tanaman merica dan lada putih berasal dari biji tanaman merica. 

Lalu, bagaimana dengan ketumbar? Perbedaan lada dan ketumbar juga bisa kamu lihat dari ukurannya. Ukuran lada dan merica lebih besar jika dibandingkan dengan ketumbar. Bentuk lada juga cenderung lebih lonjong, sementara ketumbar bulat sempurna. Selain itu, ketumbar hanya memiliki satu warna saja yaitu cokelat muda. 

Baca Juga: 5 Cara Membedakan Jahe, Lengkuas, Kunyit dan Kencur

3. Perbedaan rasa

lada bubuk
ilustrasi lada bubuk (freepik.com/topntp26)

Perbedaan lada, merica, dan ketumbar lainnya terdapat pada rasa. Merica dan lada memiliki rasa yang sama karena berasal dari satu tanaman. Kedua rempah ini memiliki rasa yang pedas dan memberikan efek menghangatkan tubuh. Selain itu, wangi dari rempah ini juga lebih kuat dibandingkan ketumbar. 

Sementara itu, ketumbar memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan merica dan lada. Rasa ketumbar cenderung pahit, gurih dan aroma yang lebih ringan dari lada. Biasanya ketumbar digunakan untuk memperkuat rasa makanan.

4. Perbedaan Tekstur

biji ketumbar
ilustrasi biji ketumbar (freepik.com/topntp26)

Perbedaan selanjutnya bisa kamu lihat dari tekstur masing-masing rempah. Jika kamu membutuhkan lada untuk memasak, maka kamu bisa dengan mudah mencari lada bubuk di pasar atau supermarket. Tapi bagaimana dengan merica dan ketumbar?

Tekstur merica jika dipegang lebih keras dan padat. Semetara ketumbar teksturnya lebih ringan, halus, dan kopong. Selain itu, ketumbar juga lebih mudah retak dibandingkan merica ketika diolah.

5. Perbedaan kegunaan

lada hitam
ilustrasi lada hitam (freepik.com/azerjabian_stockers)

Saat mengolah makanan, merica dan juga lada biasanya berfungsi sebagai penambah rasa pedas. Selain itu, merica dan lada juga bisa digunakan untuk menyingkirkan bau amis pada bahan makanan yang akan diolah.

Sedangkan ketumbar biasanya digunakan untuk menambah rasa gurih pada makanan. Beberapa makanan yang menggunakan ketumbar sebagai bumbu adalah ayam goreng, gorengan, ikan bakar kecap, nasi goreng, dan lainnya. 

Itulah beberapa perbedaan lada, merica, dan ketumbar yang harus kamu tahu. Mudah, kan, membedakannya?

Baca Juga: Cara Mudah Menyimpan Jahe Agar Awet, Sudah Tahu?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Naila Rizqa

Naila Rizqa

Ayam Goreng Ketumbar

Ayam Goreng Ketumbar

(5.0)

5 langkah

319

Artikel Lainnya di kuliner