Empon-empon: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Temukan pengertian, jenis, dan manfaat empon-empon

Empon-empon: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Empon-empon, atau sering juga disebut rempah-rempah, adalah tumbuhan herbal yang telah digunakan sejak zaman dahulu dalam berbagai bidang, terutama dalam bidang kesehatan. Empon-empon memiliki aroma yang khas dan rasanya yang kuat, sehingga sering digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam masakan. Namun, selain digunakan sebagai bumbu masakan, empon-empon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Yuk, simak pembahasan mulai dari pengertian, jenis, dan manfaat dari empon-empon secara lengkap di bawah ini!

Pengertian empon-empon

Empon-empon adalah tumbuhan herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan manusia. Tumbuhan ini biasanya memiliki aroma yang menyegarkan dan rasanya yang kuat. Empon-empon telah digunakan secara tradisional oleh masyarakat Indonesia sebagai bahan utama dalam pembuatan jamu dan ramuan herbal. Biasanya, bagian yang digunakan dari empon-empon adalah akar, batang, daun, dan biji. Beberapa contoh empon-empon yang populer di Indonesia antara lain kunyit, jahe, temulawak, lengkuas, dan serai.

Jenis-jenis Empon-empon

Ada banyak jenis empon-empon yang dapat ditemukan di Indonesia. Berikut adalah beberapa jenis empon-empon yang populer:

1. Kunyit

Kunyit atau kunir adalah salah satu jenis empon-empon yang memiliki warna kuning yang khas. Kunyit merupakan bumbu wajib dalam beragam masakan Indonesia seprti gulai, soto, dan mangut. Kunyit dapat dijadikan sebagai suplemen karena memiliki beragam vitamin dan kandungan lain yang bagus untuk ketahanan tubuh.

2. Jahe

Jahe merupakan tumbuhan rimpang yang memiliki aroma yang kuat dan rasa yang pedas. Jahe dapat diolah menjadi beragam produk, seperti jahe kering, jahe bubuk, minyak jahe, hingga awetan jahe.

3. Temulawak

Temulawak atau yang bernama latin Curcuma zanthorrhiza ini dipercaya  mampu meningkatkan kerja ginjal dan dapat dijadikan sebagai antiinflamasi.

4. Lengkuas

Lengkuas adalah jenis tumbuhan umbi-umbian yang memiliki rasa yang segar dan aroma yang khas. Biasanya masyarakat memanfaatkan rimpangnya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradisional.

5. Serai

Serai memiliki aroma yang khas dan rasanya yang segar. Serai mengandung senyawa aktif seperti citral dan myrcene yang membantu melegakan kerongkongan dan menenangkan suasana hati.

Baca Juga: 10 Pewarna Makanan Alami yang Aman Dikonsumsi, dari Buah sampai Rempah

Manfaat Empon-empon

empon-empon
ilustrasi empon-empon (pexels.com/Mareefe)

Empon-empon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat empon-empon yang perlu Sobat Yummy ketahui:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Empon-empon mengandung senyawa aktif seperti gingerol, kurkumin, dan curcuminoid yang memiliki efek antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Beberapa jenis empon-empon mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, seperti gingerol yang terdapat dalam jahe. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

3. Membantu mengurangi gejala mual dan muntah

Empon-empon memiliki sifat antiemetik yang dapat membantu mengurangi gejala mual dan muntah. Beberapa jenis empon-empon seperti jahe dan lengkuas telah lama digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pencernaan.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Beberapa jenis empon-empon seperti jahe, lengkuas, dan kunyit memiliki sifat karminatif dan antikolinergik yang dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan, seperti kembung, diare, dan mulas. 

5. Meredakan nyeri dan peradangan

Empon-empon mengandung senyawa antiinflamasi seperti gingerol, kurkumin, dan curcuminoid yang dapat membantu meredakan nyeri dan peradangan dalam tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa empon-empon dapat membantu mengurangi gejala artritis.

Cara menggunakan empon-empon

Ada beberapa cara yang dapat Sobat Yummy gunakan untuk mengkonsumsi empon-empon dan mendapatkan manfaatnya. Beberapa cara yang dapat dicoba antara lain:

1. Minum air rebusan

Sobat Yummy dapat merebus empon-empon dalam air dan mengonsumsi air rebusan tersebut. Misalnya, kalian dapat merebus jahe, lengkuas, dan kunyit dalam air untuk membuat minuman herbal yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Menyeduh dalam teh

Empon-empon juga dapat diseduh bersama dengan teh. Sobat Yummy dapat menyeduh jahe, serai, bubuk teh kering dalam air panas untuk membuat teh jahe yang segar dan menyehatkan.

3. Menggunakan sebagai bumbu masakan

Selain dikonsumsi sebagai minuman, empon-empon juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Sobat Yummy dapat menambahkan jahe dan lengkuas pada berbagai masakan untuk memberikan aroma dan rasa yang khas.

Baca Juga: 30 Jenis-jenis Rempah yang Berguna untuk Bumbu Masakan

Empon-empon atau sering disebut rempah-rempah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan empon-empon dalam kehidupan sehari-hari untuk menjaga kesehatan tubuh dengan cara alami. Tetapi pastikan untuk tidak melebihi dosis yang dianjurkan. 

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Laila Dawud

Laila Dawud

Wedang Kunyit Temulawak Praktis

Wedang Kunyit Temulawak Praktis

(5.0)

5 langkah

711

Laila Dawud

Laila Dawud

Wedang Jahe Sereh

Wedang Jahe Sereh

(5.0)

20 mnt

recooks-0

Artikel Lainnya di nutrisi