​15 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

​Beberapa makanan ini bisa jadi cemilan sehat setiap saat!

​15 Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Mengkonsumsi makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral dapat mendukung peningkatan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat bisa mencegah terjadinya risiko terserang berbagai penyakit dan membantu kamu lebih cepat sembuh dari sakit.

Apa yang kamu makan setiap harinya tentu akan berimbas pada kesehatanmu, termasuk daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh adalah sistem pertahanan tubuh pertama yang akan melawan berbagai virus, seperti flu, demam, dan lainnya. Maka dari itu, kamu harus mengkonsumsi makanan untuk meningkatkan daya tahan tubuh setiap harinya.

Berikut ini Yummy App sudah merangkum beberapa pilihan makanan penambah imun tubuh yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Yuk, disimak!

1. Coklat hitam

Coklat hitam penambah imun tubuh
ilustrasi coklat hitam (unsplash.com/elenaleya)

Coklat hitam mengandung antioksidan yang disebut theobromine. Antioksidan ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit.

Namun, coklat hitam ini mengandung lemak jenuh dengan jumlah tertentu. Penting untuk kamu memperhatikan jumlah konsumsi perharinya agar tidak terjadi penumpukkan lemak.

2. Kunyit

Rempah-rempah kunyit
ilustrasi kunyit (freepik.comazerbaijan_stockers)

Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dasar pada makanan di Indonesia. Rempah-rempah ini dianggap mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bertindak sebagai anti-virus. Hal ini disebabkan kunyit kaya akan kurkumin yang membantu mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas. 

3. Minyak ikan

Suplemen minyak hati ikan
ilustrasi suplemen minyak hati ikan (freepik.com/ededchechine)

Salmon, tuna, mackerel, dan ikan berminyak lainnya kaya akan sumber lemak omega-3. Kandungan ini diketahui dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih untuk melawan infeksi pada tubuh. Lemak sehat ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan jantung juga otak. 

4. Ubi jalar

Potongan ubi jalar
ilustrasi ubi jalar (pexels.com/elahaney)

Ubi jalar kaya akan kandungan beta-karoten atau sejenis antioksidan. Kandungan pada ubi jalar ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit dikarenakan sinar ultraviolet (UV).

5. Bawang putih

Bawang putih
ilustrasi bawang putih (pexels.com/karolinagrabowska)

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang sering digunakan sebagai bumbu dasar dalam memasak. Selain itu, bawang putih juga dianggap sebagai obat tradisional yang umum digunakan untuk mencegah pilek dan penyakit lainnya. Kandungan allicin pada bawang putih dipercaya untuk mengurangi resiko masuk angin dan menangkal berbagai virus.

6. Paprika

Paprika merah dan kuning
ilustrasi paprika (pexels.com/kaipilger)

Paprika merah atau kuning mengandung vitamin C yang sangat tinggi bahkan lebih banyak dari jeruk. Kandungan vitamin C inilah yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar kamu tidak mudah sakit. 

7. Jahe

Rempah-rempah jahe
ilustrasi jahe (pexels.com/pixabay)

Jahe adalah rempah yang sudah lama digunakan berabad-abad yang lalu dalam pengobatan tradisional. Rempah satu ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung magnesium, potasium dan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. 

8. Yogurt greek

Secangkir yogurt greek plain
ilustrasi yogurt greek (unsplash.com/saracarvera)

Makanan dengan kandungan prebiotik ini dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan lainnya. Bakteri baik yang terkandung dalam makanan ini juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho!

Baca Juga: ​15 Pilihan Makanan yang Mengandung Vitamin C, Bagus untuk Imun Tubuh!

9. Brokoli

Sayuran brokoli
ilustrasi sayur brokoli (pexels.com/pixabay)

Sayuran dengan warna hijau tua ini terkenal dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya adalah dapat menangkal radikal bebas dan mengurangi kerusakan pada sistem kekebalan tubuh. 

Sayuran bertangkai ini mengandung vitamin A, C, E, dan kaya akan serat. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa belerang yang membantu memproduksi glutathione atau antioksidan yang terdapat pada setiap sel tubuhmu. 

10. Bayam

Daun sayur bayam
ilustrasi sayur bayam (pexel.com/yaroslavshuraev)

Sayuran berdaun hijau seperti bayam merupakan sumber vitamin A yang sangat baik untuk melawan infeksi pada tubuh. Selain vitamin A (beta-karoten), bayam juga mengandung folat yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

11. Almond

Beberapa biji kacang almond
ilustrasi kacang almond (pexels.com/pegah1997)

Almond memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E yang tinggi. Dengan memakan almond sebagai camilan, tanpa kamu sadari nutrisi pada almond akan menangkal infeksi yang ada pada tubuh. Konsumsi 40 biji almond sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin E setiap harinya!

12. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari
ilustrasi biji bunga matahari (pexel.comenginakyurt)

Sama seperti almond, biji bunga matahari juga bisa menjadi sumber vitamin E yang baik dan dapat melawan infeksi. Kandungan lain yang ada pada biji bunga matahari adalah selenium, yang menurut penelitian kandungan ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan dua cara.

Cara pertama, selenium dapat memancing sistem kekebalan tubuhmu saat terjadi beberapa resiko pada tubuh. Cara kedua, selenium juga akan memberi tahu sistem kekebalan tubuh kapan harus bekerja lambat dan melindungi tubuh dari peradangan kronis.

13. Pepaya

Buah pepaya
ilustrasi buah pepaya (pexels.com/alleksana)

Pepaya adalah buah yang kaya serat dan vitamin C. Kamu bisa menemukan dua kali lipat jumlah kandungan vitamin C yang disarankan setiap hari dalam satu buah berukuran sedang. 

Pepaya juga memiliki enzim papain yang bekerja sebagai anti-inflamasi pada tubuh.

14. Kiwi

Potongan buah kiwi
ilustrasi buah kiwi (pexels.com/pixabay)

Seperti pepaya, kiwi juga mengandung nutrisi penting, seperti folat, potassium, vitamin K, dan vitamin C. Kandungan vitamin C pada kiwi mampu meningkatkan sel darah putih dan melawan infeksi. Sementara nutrisi kiwi lainnya mampu menjaga berbagai bagian tubuh berfungsi dengan baik.

15. Buah citrus

Berbagai macam buah citrus
ilustrasi buah citrus (pexels.com/karolinagrabowska)

Buah citrus seperti jeruk mengandung vitamin C yang membantu melawan kuman-kuman yang ada di tubuh. Kandungan vitamin C ini juga mampu mencegah atau mempersingkat infeksi dengan cara meningkatkan sel kekebalan tubuh. Selain jeruk berwarna orange, kamu juga bisa mengkonsumsi jeruk lemon, jeruk nipis, dan anggur untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. 

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh di atas bisa kamu kombinasikan dengan menu makananmu sehari-hari. Kamu bisa lihat berbagai ide resep yang bisa kamu recook di Yummy App setiap harinya! Semoga membantu, Sobat Yummy!

Baca Juga: 20 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Manfaatnya bagi Tubuh

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Avita Unaiya

Avita Unaiya

Chocolate Almond Milk Low Calorie

Chocolate Almond Milk Low Calorie

(5.0)

6 langkah

213

Artikel Lainnya di nutrisi