10 Makanan untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Temukan makanan yang dapat membantu kontrol kadar gula darah

10 Makanan untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Kadar gula darah di dalam tubuh memiliki peranan yang sangat penting. Jika kadar gula dalam darah tidak terkontrol, dapat berisiko tinggi terhadap penyakit seperti diabetes. Selain olahraga dan obat-obatan, makanan juga memiliki peran penting dalam mengontrol kadar gula darah.

Nah, berikut Yummy App merangkum 10 makanan yang dapat membantu Sobat Yummy dalam mengontrol kadar gula darah. Yuk, simak selengkapnya!

1. Brokoli

ilustrasi brokoli
ilustrasi brokoli (unsplash.com/Tyrrell Fitness And Nutrition)

Brokoli memiliki kandungan antioksidan dan serat, yang sangat efektif dalam menurunkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu juga, brokoli memiliki indeks glikemik rendah yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

2. Labu

2. Labu
freepik.com

Labu tinggi serat dan rendah indeks glikemik, yang berarti dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa labu dapat meningkatkan toleransi glukosa, sehingga bermanfaat bagi Sobat Yummy yang berisiko diabetes tipe 2.

3. Chia seeds

rupa chia seed
ilustrasi rupa chia seed (pixabay.com/valerialu)

Chia seeds memiliki kandungan serat yang tinggi dan karbohidrat yang rendah, yang dapat membantu menstabilkan kadar gula darah. Konsumsi chia seeds secara rutin dapat membantu menurunkan resistensi insulin dan menurunkan tingkat gula darah.

Baca Juga: 8 Buah untuk Penderita Diabetes, Tak Mengancam Gula Darah!

4. Alpukat

ilustrasi buah alpukat
ilustrasi buah alpukat (unsplash.com/Louis Hansel)

Alpukat adalah buah yang sangat sehat dan baik untuk jantung, juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Alpukat kaya akan lemak sehat, serat, dan sangat rendah karbohidrat yang bisa mempengaruhi kadar gula darah.

5. Oats

semangkuk rolled oats
Ilustrasi rolled oat (pixabay.com/Karyna Panchenko)

Serat larut dalam oats membantu penurunan penyerapan gula dalam darah, oleh karena itu, dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Selain itu, oats juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

6. Yogurt

yogurt makanan penambah tinggi badan
ilustrasi yogurt (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Yogurt tidak manis memiliki probiotik yang baik bagi kesehatan pencernaan dan juga dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi yogurt secara rutin terkait dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Salah satu yogurt yang disarankan adalah jenis greek yogurt.

7. Telur

telur ayam dengan kuning telurnya
ilustrasi telur ayam dengan kuning telurnya (freepik.com/4045)

Telur memiliki kandungan protein dan lemak yang menyehatkan, sehingga dapat menstabilkan kadar gula darah. Konsumsi telur juga dapat membantu menurunkan peradangan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baca Juga: 10 Manfaat Wedang Jahe dalam Keseharianmu

8. Apel

buah apel berserat tinggi
ilustrasi buah apel (pexels.com/javierbalseiro)

Apel adalah sumber serat dan vitamin C yang baik. Dan serat dalam apel dapat membantu mengendalikan kadar gula darahmu. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memakan apel dapat membantu mencegah diabetes tipe 2.

9. Kacang-kacangan

kacang-kacangan sebagai contoh makanan fungsional
Ilustrasi kacang-kacangan sebagai contoh makanan fungsional (pexels.com/Marta Branco)

Kacang-kacangan seperti almond dan kacang tanah adalah sumber protein, serat, dan lemak sehat, semua bahan ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah.

Almond dapat membantu pengidap diabetes untuk mengatur level glukosa. Selain almond, peanuts juga dapat menjadi sumber yang baik akan protein dan serat yang sangat baik dikonsumsi.

10. Tomat

buah tomat
Ilustrasi buah tomat (pexels.com/tugay aydın)

Tomat juga bermanfaat dalam mengontrol gula darah. Hal ini karena tomat memiliki kandungan lycopene yang bertindak sebagai antioksidan, yang berarti dapat membantu menurunkan tingkat radikal bebas dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit.

Itulah 10 makanan yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Namun, tetap penting untuk menjalankan gaya hidup sehat melalui olahraga teratur dan tidur cukup. Selalu konsultasikan ke dokter atau ahli gizi sebelum melakukan perubahan drastis pada pola makan kamu. Ingatlah, setiap individu berbeda-beda, sehingga efek makanan ini bisa berbeda bagi setiap orang.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol yang Lezat dan Sehat, Jantung Terawat

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Wini Yulita

Wini Yulita

Pie Apel Klasik

Pie Apel Klasik

(5.0)

7 langkah

439

Artikel Lainnya di nutrisi