10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat kunyit bagi kesehatan

10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

penulis:

Lulu Luqyana Najmi

Bagikan:

Kunyit, rempah khas dengan warna kuning cerah, telah lama digunakan dalam berbagai masakan tradisional dan pengobatan alami di berbagai belahan dunia. Di balik keindahannya, kunyit mengandung sejumlah manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Kali ini Yummy App akan menjelajahi berbagai manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh, serta mengungkap rahasia kesehatan yang terkandung di dalamnya. 

Kandungan Kunyit

ilustrasi kunyit (pexels.com/karolinagrabowska)
ilustrasi kunyit (pexels.com/karolinagrabowska)

Sebelum mengeksplor manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh, perlu dipahami terlebih dahulu beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, kandungan nutrisi pada 100 gram kunyit segar menunjukkan:

  • Lemak: 2,7 gram
  • Kalium: 406,7 miligram
  • Energi: 6,9 kalori
  • Protein: 2 gram
  • Fosfor: 78 miligram
  • Vitamin C: 1 miligram
  • Air: 84,9 gram
  • Zat besi: 3,3 miligram
  • Niasin: 0,4 miligram
  • Serat: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 9,1 gram
  • Kalsium: 24 miligram
  • Seng: 0,4 miligram
  • Tiamin (vitamin B1): 0,03 miligram
  • Riboflavin: 0,02 miligram
  • Beta karoten: 12 mikrogram

10 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

ilustrasi kunyit (pexels.com/ ax.markazibabaiyan)
ilustrasi kunyit (pexels.com/ ax.markazibabaiyan)

Terkait dengan manfaat kunyit bagi kesehatan, kunyit memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting. Data Komposisi Pangan Indonesia melaporkan berbagai komponen nutrisi dalam 100 gram kunyit segar memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat kunyit yang pertama adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan antibakteri yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan efek radikal bebas dan mencegah infeksi oleh mikroba penyebab penyakit.

2. Meredakan Nyeri Haid

Kurkumin dalam kunyit membantu mengurangi kontraksi otot rahim selama menstruasi serta menyeimbangkan hormon dalam tubuh, mengurangi risiko haid tidak teratur dan gangguan hormon.

3. Meredakan Gatal-Gatal pada Kulit

Manfaat kunyit  yang selanjutnya adalah meredakan gatal-gatal pada kulit akibat kondisi medis seperti dermatitis, psoriasis, atau infeksi kulit. Kombinasi kunyit dan air ekstrak lada hitam memberikan manfaat yang optimal.

4. Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Kurkumin kunyit membantu memperkuat dinding lambung, meredakan dispepsia, dan mengurangi risiko tukak lambung. Senyawa antioksidan dan antiradangnya membantu melancarkan pencernaan.

5. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kunyit yang berikutnya adalah dapat menurukan berat badan, menekan peradangan tubuh yang dipicu oleh obesitas dan menghambat proses penimbunan lemak, membantu mengurangi respon peradangan pada sel tubuh.

Baca Juga: Cara Membuat Kunyit Asam yang Segar

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Manfaat kunyit yang cukup penting adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Senyawa kurkumin dalam kunyit terbukti melindungi endotelium, lapisan pembuluh darah, yang mengoptimalkan kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dan antiinflamasi pada kunyit juga dikaitkan dengan pengurangan gejala penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), asma, dan fibrosis paru.

7. Menstabilkan Kadar Gula Darah

Kunyit dalam konsumsi yang tepat secara rutin diketahui mampu meningkatkan efisiensi hormon insulin, membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Selain itu, sifat antiinflamasi kunyit dapat mengurangi risiko komplikasi peradangan yang sering terkait dengan diabetes.

8. Merawat Kesehatan Otak

Manfaat kunyit yang selanjutnya adalah dapat merawat atau menjaga kesehatan otak, karena berkat senyawa antiinflamasi yang terkandung di dalamnya, dapat menjaga kesehatan otak dengan meminimalkan risiko peradangan otak. Konsumsi kunyit dalam jumlah yang tepat juga bisa meningkatkan daya ingat serta membantu dalam pengobatan penyakit Alzheimer.

9. Meringankan Gejala Depresi

Pemakaian kunyit yang tepat diyakini dapat meningkatkan respons obat antidepresan dalam menangani gejala depresi. Kurkumin di kunyit juga diyakini mampu merangsang produksi hormon dopamin dan serotonin yang membantu mengatur suasana hati.

10. Potensi Antikanker

Senyawa kurkumin dalam manfaat kunyit memiliki efek antiinflamasi yang dapat memperlambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Namun, penelitian lebih lanjut tetap diperlukan untuk memahami seberapa efektif kunyit dalam mengurangi risiko kanker.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Temulawak dan Kunyit yang Berkhasiat untuk Kesehatan

Dengan segudang manfaat kunyit yang telah dijelaskan di atas, kunyit menjadi salah satu rempah yang sangat berharga bagi kesehatan tubuh.

Kandungan-kandungan aktif dalam kunyit telah lama dikenal memiliki efek positif bagi berbagai sistem tubuh, dari menunjang sistem kekebalan tubuh hingga membantu mengendalikan berbagai kondisi kesehatan tertentu. 

Jika ingin menemukan lebih banyak resep yang menggunakan kunyit dan rempah-rempah lainnya untuk meningkatkan kesehatan dan variasi dalam masakan sehari-hari, yuk, install aplikasi Yummy sekarang juga! 

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Dinda Arya Setyarini

Dinda Arya Setyarini

Ceker Pedas Kunyit

Ceker Pedas Kunyit

(5.0)

30 mnt

1.4 rb

Artikel Lainnya di nutrisi