​20 Makanan dan Minuman Penurun Darah Tinggi yang Ampuh

​Pilihan makanan yang aman untuk penderita hipertensi

​20 Makanan dan Minuman Penurun Darah Tinggi yang Ampuh

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Sebesar 34,1 persen warga Indonesia mengalami prevalensi hipertensi. Penyakit ini juga sangat berhubungan erat dengan beberapa penyakit lainnya, seperti kolesterol, jantung, stroke, demensia, dan lainnya. Hal ini terjadi bisa jadi karena asupan makanan yang tidak sehat dan kurang melakukan olahraga. 

Seperti yang kita tahu, penderita hipertensi sangat pantang untuk memakan makanan asin dan berkafein. Ketika mengalami hipertensi, salah satu hal yang bisa diupayakan untuk kesembuhan adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Berikut ini Yummy App merangkum beberapa makanan penurun darah tinggi dan kolestrol yang bisa kamu konsumsi sehari-hari. Yuk, intip listnya di bawah ini!

1. Skimmed milk

segelas susu tinggi protein
ilustrasi segelas susu (pexels.com/pixabay)

Produk susu rendah lemak seperti susu skim dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Susu yang penuh lemak mengandung asam palmitat, ini dapat menghalangi sinyal yang mengendurkan pembuluh darah kamu dan memungkinkan aliran darah bergerak bebas. Saat kamu mengonsumsi asam palmitat, arteri akan tetap kencang dan menyempit, sehingga meningkatkan tekanan darah.

Nah, dengan mengkonsumsi susu skim dan produk susu rendah lemak lainnya, kamu dapat terhindar dari asam palmitat dan menjaga tekanan darah tetap rendah.

2. Dark chocolate

Coklat hitam penambah imun tubuh
ilustrasi coklat hitam (unsplash.com/elenaleya)

Kakao adalah bahan utama cokelat yang mengandung flavonoid dan antioksidan. Flavonoid dipercaya dapat membantu mengurangi tekanan darah. Namun, perlu dicatat mengkonsumsi cokelat hitam saja mungkin tidak akan cukup untuk mendapatkan manfaat yang signifikan dari flavonoid.

Seperti yang kita tahu, cokelat hitam yang sangat rendah gula ini sering digunakan di dalam menu diet. Namun kamu juga perlu memperhatikan takaran mengkonsumsi cokelat hitam ini ya!

3. Jus tomat

jus tomat
Ilustrasi jus tomat (flickr.com/saleemalathur)

Meminum satu gelas jus tomat sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung, lho. Para peneliti menemukan bahwa jus tomat tawar tanpa gula yang dikonsumsi setiap hari akan menurunkan tekanan darah sistolik (tekanan darah saat jantung memompa darah) dan diastolik (tekanan darah saat jantung relaksasi) serta kolesterol LDL.

4. Oat

description
Ilustrasi oats (pexels.com/cupofcouple)

Oat mengandung sejenis serat yang disebut beta-glucan yang mungkin bermanfaat untuk kesehatan jantung, termasuk tekanan darah. Selain itu, oat juga sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, tanpa menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL.

5. Hibiscus tea

hibiscus tea
ilustrasi hibiscus tea (freepik.com/jcomp)

Hibiscus tea adalah salah satu minuman yang dapat menurunkan tekanan darah. Diperkirakan hibiscus tea mengandung diuretik dan penghambat pengubah angiotensin yang keduanya efektif menurunkan tekanan darah.

6. Sayur berdaun hijau

sayuran daun hijau
ilustrasi sayuran hijau (unsplash.com/garethhubbard)

Sayuran adalah salah satu makanan penurun darah tinggi dengan efek yang cepat. Sayuran berdaun hijau kaya akan nitrat, yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

Mengkonsumsi satu cangkir sayuran hijau setiap harinya dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko terkena penyakit kardiovaskular. Beberapa sayuran berdaun hijau yang sebaiknya kamu konsumsi adalah kubis, sawi, bayam, bak coy, brokoli, dan lainnya.

7. Jus pomegranate

jus pomegrante untuk menurunkan tekanan darah
ilustrasi jus pomegranate (freepik.com/racool_studio)

Pomegranate memiliki sifat antiinflamasi yang kuat dan berfungsi sebagai obat tekanan darah tinggi. Menurut penelitian National Institutes of Health tahun 2011, tertera bahwa seseorang yang mengkonsumsi jus buah delima setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. 

Kamu bisa mengkonsumsi sebanyak 240 ml jus buah delima setiap harinya untuk merasakan manfaat tersebut.

8. Bawang putih

Bawang putih
ilustrasi bawang putih (pexels.com/karolinagrabowska)

Bawang putih terkenal dengan sifat antibiotik dan antijamurnya. Bawang putih dipercaya dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga mengurangi tekanan darah tinggi, kolestrol, dan arterial stiffness.

9. Kombucha

kombucha untuk menurunkan tekanan darah tinggi
ilustrasi kombucha (unsplash.com/timolivermetz)

Minuman fermentasi seperti kombucha ini bisa kamu coba untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kombucha memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, probiotik yang ada pada kombucha dapat menjaga tekanan darah agar tetap sehat.

Baca Juga: ​10 Manfaat Kombucha Bagi Kesehatan dan Cara Membuatnya di Rumah

10. Makanan fermentasi

kimchi yang difermentasi dapat menurunkan tekanan darah tinggi
ilustrasi kimchi yang difermentasi (freepik.com/topntp)

Selain kombucha, makanan fermentasi seperti kimchi, sup kedelai jepang, tempe, dan suplemen probiotik juga dapat menurunkan tekanan darah. Efek probiotik bagi pengidap tekanan darah tinggi akan lebih terasa jika seseorang mengkonsumsi makanan probiotik selama lebih dari 8 minggu.

11. Infused water

11. Infused water

Membuat infused water dengan campuran buah citrus, mentimun, belimbing, seledri, dan lainnya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Air dengan campuran buah dan sayur ini dapat menyerap kandungan potassium yang mampu menurunkan darah tinggi.

12. Lentils

lentil untuk mengurangi tekanan darah tinggi
ilustrasi lentil (freepik.com/topntp26)

Lentil merupakan makanan yang kaya serat, magnesium, potassium, dan protein. Banyak ahli kesehatan mengatakan kalau lentil ini sangat bermanfaat untuk pembuluh darah dan mengatur tekanan darah para penderita hipertensi.

13. Yogurt greek

Secangkir yogurt greek plain
ilustrasi yogurt greek (unsplash.com/saracarvera)

Selain susu skim, yogurt greek juga bisa dijadikan pilihan untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Yogurt jenis greek memiliki kandungan gula dan sodium yang rendah sehingga aman dikonsumsi untuk penderita tekanan darah tinggi. 

14. Rempah-rempah

rempah-rempah untuk menurunkan tekanan darah tinggi
ilustrasi rempah-rempah (freepik.com/freepik)

Rempah-rempah mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa tersebut membantu pembuluh darah menjadi lebih rileks di dalam tubuh. Beberapa rempah yang dapat menurunkan tekanan darah adalah seledri, ketumbar, kayu manis, kapulaga, kemangi, jahe, jintan hitam, kunyit, dan sebagainya.

15. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan
ilustrasi kacang-kacangan (freepik.com/topntp26)

Menurut penelitian Current Development in Nutrition (2019) menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang mete dapat melindungi seseorang dari hipertensi. Kacang lainnya seperti, hazelnut dan pistachio dapat meningkatkan fungsi endotel yang bermanfaat bagi tekanan darah tinggi dan kesehatan jantung.

16. Buah citrus

Berbagai macam buah citrus
ilustrasi buah citrus (pexels.com/karolinagrabowska)

Buah citrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah tinggi di dalam tubuh. Buah-buahan ini sarat akan vitamin, mineral, dan senyawa tumbuhan yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung kamu. Nah, kamu bisa mengkonsumsi buah-buahan ini sebagai jus ataupun infused water, manfaatnya bakal sama, kok!

17. Minyak hati ikan

Suplemen minyak hati ikan
ilustrasi suplemen minyak hati ikan (freepik.com/ededchechine)

Minyak hati ikan juga sangat berguna untuk menurunkan darah tinggi dan kadar kolesterol, lho. Kandungan omega 3 pada minyak ini juga dapat mengurangi kadar trigliserida atau lemak yang merupakan sumber penyimpangan energi bagi tubuh.

18. Wortel

Sayur wortel
ilustrasi sayur wortel (pexels.com/nickcollins)

Sayuran berwarna oranye ini mengandung senyawa fenolik seperti p-coumaric, klorogenat, dan caffeic. Kandungan tersebut dapat mengurangi peradangan, membantu mengurangi tekanan darah, dan mengendurkan pembuluh darah. Memakan wortel secara saat masih mentah ternyata lebih bermanfaat bagi tubuh dan menurunkan tekanan darah.

19. Chia seeds

chia seeds untuk menurunkan tekanan darah tinggi
ilustrasi chia seeds (pexels.com/jubairbiniqbal)

Chia seeds mengandung nutrisi penting, seperti kalium, magnesium, dan serat yang mampu mengatur tekanan darah supaya lebih stabil. Kandungan asam lemak omega-3 pada chia seeds juga sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung.

20. Salmon

Potongan daging ikan salmon segar
ilustrasi daging ikan salmon (pexels.com/rodnaeproductions)

Seperti yang kita tahu, daging ikan salmon memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan manusia. Kandungan protein dan vitamin D pada salmon terbukti dapat meredakan tekanan darah tinggi.

Kandungan lemak omega-3 pada ikan salmon dapat memelihara kesehatan pembuluh darah. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Penderta darah tinggi memang tidak bisa mengkonsumsi sembarang makanan. Salah-salah, penyakit tersebut bisa kambuh dan mengancam nyawa. Karenanya, sayangi tubuh dengan memberi asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang bisa bantu menurunkan tekanan darah tinggi, seperti di atas.

Baca Juga: 15 Sumber Makanan Pelancar ASI Alami Ibu Menyusui, Sudah Tahu?

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Wid's Kitchen

Wid's Kitchen

Salmon Saus Lemon

Salmon Saus Lemon

(5.0)

30 mnt

655

Artikel Lainnya di nutrisi