8 Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari

Simak pantangan makanan bagi yang memiliki kolesterol tinggi

8 Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Seiring bertambahnya usia, pilihan makanan yang dapat dikonsumsi menjadi lebih penting. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kadar kolesterol dalam tubuh. Kolesterol tinggi mampu menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit jantung hingga stroke.

Nah, bagi Sobat Yummy yang memiliki kolesterol tinggi atau ingin menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, yuk, simak makanan pantangan kolesterol yang harus dihindari.

1. Jeroan

jeroan usus ayam makanan yang harus dihindari penderita asam urat
ilustrasi jeroan usus ayam (flickr.com/yummyinthetummyblog)

Tidak sedikit orang yang menggemari jeroan, seperti hati, ginjal, dan usus. Namun, sayangnya, jeroan termasuk dalam kategori makanan dengan tingkat kolesterol tinggi. Bahkan, konsumsi jeroan secara berlebihan dapat memicu peningkatan kadar kolesterol dalam darah.

2. Gorengan

Gorengan tahu isi dan tempe goreng dengan beberapa cabe rawit
ilustrasi tempe goreng (flickr.com/erickpersonanugraha)

Makanan yang digoreng menggunakan minyak yang telah dipanaskan berulang kali dapat menjadi sumber kolesterol jahat. Selain itu, gorengan seringkali menggunakan tepung terigu yang telah diketahui menjadi makanan pemicu kolesterol tinggi. Oleh karena itu, coba kurangi konsumsi gorengan dalam menu harianmu.

3. Daging merah

Daging merah untuk meningkatkan darah rendah
ilustrasi daging merah (pixabay.com/tom wieden)

Daging merah, seperti sapi dan kambing, memiliki kandungan lemak dan kolesterol yang cukup tinggi. Mengonsumsi daging merah secara berlebihan dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Sebaiknya, pilih daging tanpa lemak atau konsumsi protein lain seperti ikan dan ayam.

Baca Juga: 10 Makanan Penurun Kolesterol yang Lezat dan Sehat, Jantung Terawat

4. Udang dan olahannya

resep udang crispy
ilustrasi udang crispy (unsplash.com/jonathanborba)

Udang amat populer dan sering dijadikan pilihan dalam berbagai menu masakan. Namun, bagi Sobat Yummy yang memiliki kolestrol tinggi, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi udang. Hal ini karena udang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

5. Makanan cepat saji

Ilustrasi makanan cepat saji
Ilustrasi makanan cepat saji (freepik.com/stockking)

Makanan cepat saji seringkali menjadi pilihan saat tidak sempat memasak. Namun, jenis makanan ini biasanya tinggi akan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kolesterol HDL dalam tubuh.

6. Kulit ayam dan sapi

kulit ayam
ilustrasi kulit ayam (pexels.com/timsamuel)

Bagi sebagian orang, kulit ayam atau sapi mungkin menjadi bagian yang enak untuk dinikmati. Namun, Sobat Yummy mungkin tidak menyadari bahwa kulit hewan tersebut mengandung kolesterol dan lemak saturasi yang tinggi. Jadi, sebaiknya buang kulit hewan sebelum mengonsumsinya.

Baca Juga: Kalori Telur Rebus dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

7. Telur ayam ras

ilustrasi telur ayam
ilustrasi telur ayam (freepik.com/freepik)

Telur ayam ras memiliki kadar kolesterol yang tinggi, terutama pada bagian kuningnya. Apabila Sobat Yummy memiliki kolesterol tinggi, batasi konsumsi telur ayam ras atau lebih baik hindari mengkonsumsi bagian kuningnya.

8. Mentega

Rekomendasi merk mentega
ilustrasi mentega (pexels.com/felicitytai)

Mentega yang sering digunakan baik untuk memasak maupun sebagai toping roti ternyata memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sehingga dapat berpotensi meningkatkan kadar kolestrol. Lebih baik gunakan margarin atau minyak zaitun yang lebih sehat sebagai alternatifnya.

Baca Juga: 10 Makanan untuk Mengontrol Kadar Gula Darah

Memperhatikan pola makan adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah peningkatan kolestrol dalam tubuh. Mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan kolestrol dapat menjadi referensi dalam menyusun menu harian. Namun, tak hanya makanan, olahraga teratur dan pola hidup sehat juga membantu dalam menjaga kadar kolestrol tetap stabil.

Nah, jika Sobat Yummy ingin mengetahui lebih banyak lagi, yuk, unduh Yummy App dan temukan beragam informasi terkait.

Penulis: Bella Charina Putri

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Pratiwi Susanti

Pratiwi Susanti

Ikan Bumbu Rujak Anti Kolesterol #JagoMasakMinggu3

Ikan Bumbu Rujak Anti Kolesterol #JagoMasakMinggu3

(5.0)

5 langkah

1.7 rb

Artikel Lainnya di nutrisi