10 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Baik untuk Tubuh Kamu

Penuhi kebutuhan vitamin C

10 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Tinggi, Baik untuk Tubuh Kamu

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Vitamin C adalah vitamin esensial yang harus dikonsumsi oleh tubuh kita setiap harinya. Sumber alami dan terbaik dari vitamin C terdapat di buah dan sayuran, terutama di buah jeruk.

Kenapa vitamin C perlu dikonsumsi? Faktanya, vitamin C dapat membantu perkembangan tubuh kita dan membantu tubuh kita berfungsi dengan baik. 

Apa saja manfaat yang kamu bisa rasakan ketika mengonsumsi vitamin C secara rutin? Vitamin C yang mengandung asam askorbat ini merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk membentuk pembuluh darah, tulang, otot, hingga sebagai sumber kolagen pada tulang. 

Selain itu, vitamin C mengandung antioksidan tinggi yang dapat melindungi kulitmu dari radikal bebas. Hal ini berfungsi juga untuk meminimalisir adanya penyakit jantung, kanker, hingga penyakit lainnya. Terakhir, vitamin C adalah sumber nutrisi penting yang bisa meningkatkan imun tubuh mu agar tetap sehat.

Berapa banyak dosis vitamin C yang harus kamu dapat setiap harinya? Dosis yang diperlukan setiap orang akan berbeda sesuai dengan jenis kelamin dan usia.

Untuk laki-laki dewasa, memerlukan sebanyak 90 mg vitamin C setiap harinya. Sementara perempuan di atas 19 tahun memerlukan 75 mg vitamin C setiap harinya. Namun, ketika perempuan sedang hamil dan menyusui, keperluan vitamin C meningkat menjadi 120 mg per hari. 

Supaya kamu mendapatkan vitamin C yang cukup, ketahui daftar sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Paprika

1. Paprika

Siapa sangka? Paprika ternyata salah satu sayuran yang mengandung vitamin C dan juga kaya gizi. Sayuran yang memiliki tiga macam warna, yaitu merah, kuning, dan hijau ini tidak hanya menarik di mata tetapi menarik untuk dikonsumsi karena dapat menjaga kekebalan tubuh kita.

Paprika kaya akan vitamin C. Dalam satu buah paprika saja, kamu bisa menemukan sebanyak 341 mg vitamin C, lho!

2. Kentang

2. Kentang

Kentang mengandung vitamin C? Ya, benar. Ternyata kentang termasuk salah satu sayuran yang mengandung vitamin C. Sayuran yang mungkin sering kamu konsumsi ini mengandung sebanyak 72 mg vitamin C.

Kamu bisa mengonsumsi sayuran ini setiap hari, bahkan kalau kamu diet pun sayuran ini tetap bisa mencukupi kebutuhan vitamin C.

3. Brokoli

3. Brokoli

Siapa penggemar sayuran berdaun ikal ini? Warnanya yang hijau tua dan indah ini mengandung vitamin C sebesar 89 mg di setiap 100 gram-nya. Nggak salah deh kalau kamu masukin brokoli ke daftar makanan sehat mu, bahkan saat kamu diet!

4. Kembang kol

4. Kembang kol

Sayuran ini sering dianggap mirip dengan brokoli. Yup, kembang kol! Sayuran yang sering kamu lihat di masakan sup ini ternyata termasuk salah satu sayuran yang mengandung vitamin C, dan di dalam sayur ini terdapat sebanyak 40 mg vitamin C, lho!

Nggak cuma vitamin C, sayuran ini juga kaya dengan kandungan serat dan vitamin K yang bisa menjaga sistem pencernaanmu agar tetap sehat.

5. Zucchini

5. Zucchini

Zucchini atau sering dikenal dengan timun jepang ini adalah sayuran dengan jenis labu yang memiliki banyak nutrisi. Salah satu sumber nutrisi yang ada di sayur ini adalah vitamin C.

Di dalam 100 gram zucchini, terdapat sebanyak 17 mg vitamin C untuk tubuhmu. Segar dan bernutrisi bukan?

Baca Juga: Kenali Manfaat Jamur, Sayuran yang Mengandung Vitamin D

6. Kale

6. Kale

Sayuran berdaun hijau yang satu ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Di dalam satu cangkir atau seberat 118 gram kale terdapat sebanyak 21 mg vitamin C.

7. Cabai

7. Cabai

Suka makanan pedas? Makanan pedas disebut mengandung vitamin C yang bisa menambah kekebalan tubuh dan menjauhkan kamu dari panas dalam, lho! Tapi, benar nggak sih?

Ternyata, cabai termasuk salah satu sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi. Cabai hijau mengandung 109 mg vitamin C, sementara itu cabai merah mengandung sebanyak 65 mg vitamin C. Banyak juga kan?

Tapi, karena cabai memiliki cita rasa yang pedas, kamu juga nggak boleh mengonsumsi cabai secara berlebihan, ya. 

8. Kubis mini

8. Kubis mini

Sayur hijau lainnya yang masuk ke daftar sayuran yang mengandung vitamin C kali ini adalah kubis mini atau kubis brussel. Sayuran yang merupakan gabungan antara brokoli dan kembang kol ini kaya nutrisi. Ketika kamu memasak sayur ini sebanyak 1/2 cangkir, kamu bisa mendapatkan sebanyak 48 mg vitamin C.

9. Bayam

9. Bayam

Sayuran yang sering kamu makan satu ini juga termasuk ke dalam daftar sayuran yang mengandung vitamin C dan lumayan tinggi lho! Di dalam 1/2 cangkir bayam yang sudah dimasak, kamu bisa mendapatkan sebanyak 10% vitamin C harian.

10. Peterseli

10. Peterseli

Suka menambahkan peterseli ke dalam masakanmu agar rasanya lebih sedap? Ternyata cara itu bagus untuk menambah kandungan vitamin C dalam makananmu.

Kenapa? Ternyata, di dalam 2 sendok makan peterseli (8 gram) mengandung sebanyak 10 mg vitamin C. Nggak cuma vitamin C, sayuran ini juga kaya vitamin K dan antioksidan yang dapat mengurangi risiko kanker. 

Nah, itulah beberapa sayuran yang mengandung vitamin C. Kamu bisa mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu.

Kira-kira, diantara sayuran-sayuran di atas, mana yang sering kamu konsumsi?

Baca Juga: ​7 Sayuran yang Mengandung Vitamin B12, Baik untuk Tubuh!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Vhita Hani

Vhita Hani

Tumis Wortel Kubis

Tumis Wortel Kubis

(5.0)

5 langkah

428

Artikel Lainnya di nutrisi