​7 Sayuran yang Mengandung Vitamin B12, Baik untuk Tubuh!

Vitamin B12 nggak cuma ada di daging, lho!

​7 Sayuran yang Mengandung Vitamin B12, Baik untuk Tubuh!

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Vitamin B12 menjadi satu dari sekian banyak vitamin yang berperan penting bagi tubuh kita, mengapa? Vitamin B12 adalah nutrisi penting yang mampu membantu tubuh kita memproduksi DNA, memelihara kesehatan otak dan sistem saraf, hingga membentuk sel darah merah yang sehat bagi tubuh.

Ketika tubuh tidak memiliki nutrisi vitamin B12 yang cukup, biasanya akan menyebabkan beberapa efek pada tubuh, seperti penurunan produksi sel darah merah (anemia). Mengganggu proses pengiriman oksigen ke seluruh tubuh, dan lainnya.

Tentu hal ini nggak mau kamu alami bukan? Kalau gitu, berapa banyak sih vitamin B12 yang harus kita penuhi setiap harinya?

Jumlah nutrisi yang harus kita konsumsi biasa disebut dengan RDA (Recommended dietary allowance). Untuk orang berusia 18 tahun keatas, membutuhkan sekitar 2,4 mcg RDA vitamin B12 setiap harinya. Khusus untuk perempuan hamil, membutuhkan sebanyak 2,6 mcg setiap hari. 

Untuk orang yang berusia 50 tahun keatas disarankan untuk banyak mengkonsumsi makanan bervitamin B12 karena mereka membutuhkan sebanyak 25-100 mcg. 

Makanan yang umumnya mengandung vitamin B12 adalah ikan, telur, daging, kerang, dan berbagai makanan berbahan dasar susu lainnya. Tapi, enggak cuma itu, kamu juga bisa menemukan makanan yang mengandung vitamin B12 ini di sayuran, lho!

Apa saja pilihannya? Yuk, simak ulasan tentang sayuran yang mengandung vitamin B12 berikut ini!

1. Bayam

1. Bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung vitamin B12. Bayam bisa kamu konsumsi setiap hari untuk memenuhi berbagai nutrisi harian, karena di dalam bayam ini nggak cuma ada vitamin B12 tapi ada juga vitamin A, vitamin C, vitamin K1, vitamin B9, zat besi, kalsium dan lainnya.

2. Beetroot

2. Beetroot

Beetroot mengandung banyak sekali nutrisi yang menyehatkan. Sekarang ini, banyak sekali yang menggunakan sayuran ini sebagai salad. Bit mengandung banyak sekali vitamin, mineral, hingga kalsium. Vitamin B12 menjadi salah satu nutrisi yang banyak terkandung di sayuran ini.

3. Kentang

3. Kentang

Kentang adalah sayuran populer yang menjadi favorit banyak orang. Keunikan sayuran ini adalah dapat menyesuaikan konsistensi rasa dengan sayuran lainnya. Selain mengandung vitamin C, kentang juga mengandung vitamin B12 yang cukup tinggi.

4. Alfalfa

Alfalfa merupakan nama sayur yang berasal dari bahasa Arab yang berarti kepala tumbuhan. Tumbuhan yang memiliki akar yang panjang ini, mengandung banyak vitamin dan nutrisi, hingga mineral. Salah satu vitamin yang banyak terkandung di sayuran ini adalah vitamin B12.

5. Labu Madu

5. Labu Madu

Labu madu adalah sayuran yang kaya sekali akan vitamin, serta mineral. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam labu madu ini juga ternyata vitamin B12, lho!

6. Jamur Shitake

6. Jamur Shitake

Jamur shitake menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin B12 meskipun kandungannya sedikit lebih rendah dari sayuran yang lain. Untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 harianmu, kamu perlu mengkonsumsi sekitar 50 gram jamur shitake. Kamu bisa menambahkan jamur ke berbagai masakan agar masakan kamu menjadi lebih lezat.

Selain mengandung vitamin B12, jamur shitake juga mengandung nutrisi lain, seperti vitamin D, protein, kalsium, germanium, tembaga, niasun, kalium, hingga fosfor.

7. Rumput Laut

7. Rumput Laut

Siapa sangka ternyata rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, lho! Rumput laut yang sering kamu temui di makanan jepang seperti sushi ini ternyata adalah sumber vitamin B12. Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin B12, beberapa studi merekomendasikan sebanyak 4 gram rumput laut setiap harinya.

Itulah beberapa sayuran yang mengandung vitamin B12 yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Ternyata B12 nggak cuma bisa kamu temui di makanan yang berbahan dasar daging ataupun suplemen bukan?

Semoga membantu!

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

nareswari

nareswari

Tumis Brussels dan Jamur Shitake

Tumis Brussels dan Jamur Shitake

(5.0)

5 langkah

438

Artikel Lainnya di nutrisi