Apakah Sutil Silikon Aman? Ini Tips Memilih dan Cara Merawatnya

​Si fleksibel yang multifungsi!

Apakah Sutil Silikon Aman? Ini Tips Memilih dan Cara Merawatnya

penulis:

Anna Novita Rachim

Bagikan:

Spatula atau sutil menjadi alat masak utama di dapur. Saat ini, ada berbagai macam bahan yang digunakan untuk membuat sutil, salah satunya adalah bahan silikon.

Kehadiran sutil silikon menjadi harta karun tersendiri. Hal ini dikarenakan sutil berbahan silikon dianggap sangat berguna dan multifungsi. Teksturnya yang lentur dibandingkan dengan bahan stainless menjadi salah satu kelebihannya.

Tapi, apakah sutil silikon ini aman untuk kegiatan memasak? Apakah ada tips memilih sutil silikon yang aman? Selain itu, bagaimana cara membersihkan sutil silikon? Semua pertanyaan di atas akan dibahas satu persatu dalam artikel Yummy App satu ini. Yuk, simak informasinya sampai habis ya, Sobat Yummy!

Apakah sutil silikon aman?

Apakah sutil silikon aman?
Flickr

Silikon adalah polimer sintetis yang mengandung silikon terikat, oksigen, dan elemen lainnya seperti karbon dan hidrogen. Silikon umumnya dibentuk menjadi benda yang fleksibel seperti karet. Silikon juga dikenal dengan toksisitasnya yang rendah dan tahan akan tekanan panas yang tinggi.

Tapi, apakah silikon aman untuk dijadikan alat masak? Alat masak yang menggunakan bahan silikon harus memiliki food grade dan BPA free agar aman digunakan untuk memasak. Bahan-bahan yang digunakan dalam silikon adalah bahan lembam. Artinya, bahan yang digunakan untuk membuat silikon tidak akan luntur dan larut ke dalam makanan yang sedang dibuat.

Hal ini yang menjadi alasan kenapa alat masak berbahan silikon lebih aman dibandingkan dengan bahan plastik. Begitu juga dengan sutil silikon.

Perbedaan sutil silikon dan sutil kayu

Perbedaan sutil silikon dan sutil kayu
Freepik

Seperangkat alat memasak tentu akan membuat persiapan dan proses memasak makanan jauh lebih mudah dilakukan. Memilih material sutil menjadi hal yang penting di tengah banyaknya jenis spatula di pasaran. Sutil silikon dan kayu seringkali menjadi dua pilihan yang berat bagi orang-orang yang terbiasa di dapur. 

Apakah perbedaan dari sutil silikon dan sutil kayu? Mana yang lebih menguntungkan? Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Sutil silikon

Silikon adalah alternatif plastik yang tidak beracun, tahan panas, dan tahan lama. Tak heran, bahan ini sangat populer sebagai alat masak masa kini.

Silikon mampu menahan panas yang cukup tinggi yaitu hingga 315°C dan tidak akan meleleh jika sutil terkena sisi wajan atau panci yang panas. Silikon yang digunakan dalam suhu panas juga tidak akan mengeluarkan bahan kimia atau asap saat memasak. Maka dari itu, perkakas dengan bahan ini sangat digandrungi.

Kelebihan utama yang dimiliki oleh sutil silikon adalah fleksibilitasnya. Sutil berbahan ini sangat lentur dan bisa menjangkau berbagai sisi makanan tanpa takut merusak hidangan yang sedang dibuat. Selain itu, sutil silikon termasuk alat masak yang mudah dirawat dan dibersihkan dibandingkan dengan bahan kayu. 

Kelemahan sutil silikon adalah bahan silikon yang kurang cocok digunakan untuk wajan yang berbahan stainless steel, wajan aluminum anodized, dan loyang yang tidak terdapat lapisan anti lengket. Pasalnya, sutil silikon cenderung akan lengket dan sulit digunakan.

Sutil kayu

Kelebihan pertama yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan alat masak berbahan kayu adalah kesan yang cantik. Selain segi estetikanya, sutil berbahan kayu juga tidak akan menggores lapisan anti lengket yang ada pada pan.

Tidak seperti sutil berbahan dasar logam, sutil kayu tidak akan bereaksi terhadap makanan asam. Sama seperti sutil silikon, sutil kayu juga tidak mudah meleleh jika digunakan pada suhu yang panas atau bersentuhan dengan tepi wajan yang panas. Kayu juga tidak akan melarutkan senyawa-senyawa lain pada makanan karena terbuat dari bahan yang alami.

Kekurangan dari sutil kayu adalah teksturnya yang keras dan tebal, hal ini sangat berbanding terbalik dengan sutil silikon. Sutil berbahan kayu kemungkinan bisa merusak makanan lembek seperti dadar telur atau fillet ikan. Selain itu, sutil kayu juga bisa menangkap bau makanan yang sedang diolah.

Jika dilihat dari dua penjelasan di atas, perbedaan yang mencolok dari kedua bahan sutil adalah teksturnya. Silikon memiliki tekstur yang sangat fleksibel dan tidak mudah menghancurkan makanan ketika diolah. Sebaliknya, sutil kayu yang tebal dan kaku mudah merusak makanan lembek ketika diolah.

Baca Juga: Tips dan Cara Menggoreng Kerupuk Agar Mengembang dan Tidak Bantat

Cara merawat dan membersihkan sutil ilikon

Cara merawat dan membersihkan sutil ilikon
Flickr

Ketika sutil silikon yang kamu gunakan kotor dan lengket, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah merendam sutil ke dalam larutan deterjen cuci piring dan air panas yang baru mendidih.

Rendam sutil selama 30 menit hingga 1 jam agar kotoran terangkat maksimal. Setelah cara ini selesai, kamu  bisa melanjutkan langkah lainnya agar sutil lebih bersih. Apa saja? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Menggunakan spons

Keluarkan sutil silikon dari larutan rendaman. Ganti air yang sudah dingin dengan air panas kembali dan taruh beberapa tetes cairan pencuci piring pada spons. Gosokkan spons pada sutil dengan lembut.

Bilas sutil dengan air panas dan keringkan dengan kain microfiber. Cek permukaan sutil. Jika masih terasa lengket, kamu bisa menggosok ulang daerah yang lengket.

2. Menggunakan oven dan soda kue

Kalau sutil yang kamu bersihkan masih terasa lengket, kamu bisa menggunakan oven sebagai alternatifnya. Panaskan terlebih dahulu oven dengan suhu 177°C. Ketika suhunya sudah pas, masukkan sutil silikon selama 10 menit. Cara ini akan membantu melunakkan residu pada silikon dan membuatnya mudah dibersihkan.

Setelah itu, keluarkan sutil dari oven dengan hati-hati. Bilas dengan air secukupnya lalu taburi soda kue. Buat soda kue menjadi pasta dan oleskan pasta ke setiap permukaan silikon. Biarkan soda kue mengering hingga beberapa jam.

3. Menggunakan baking soda

Jika oven dan soda kue belum juga berhasil, kamu bisa menggunakan air sabun panas dan scrub permukaan sutil dengan baking soda. Caranya, cek terlebih dahulu permukaan yang masih lengket dengan jari.

Taburi baking soda pada spons dan gosok dengan lembut. Setelah baking soda mengering, gunakan air panas untuk membasuh pasta baking soda tadi. 

4. Menggunakan Hidrogen Peroksida

Bagaimana jika sutil silikon memiliki noda yang membandel? Beberapa makanan bisa menodai silikon yang berwarna terang menjadi warna yang kurang cantik. Kamu bisa membersihkannya dengan bantuan bahan kimia.

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih yang bekerja lambat. Untuk menggunakan bahan kimia ini, kamu bisa memasukkan silikon ke dalam mangkuk atau bak cuci yang sudah ditambahkan hidrogen peroksida. Rendam selama 24 jam dan cuci hingga bersih setelahnya. 

Setelah mengetahui beberapa cara membersihkan sutil yang kotor dan lengket. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat sutil silikon agar tetap bersih!

  • Tetap menggunakan cairan pencuci piring untuk menghilangkan minyak setiap kamu membersihkan sutil silikon.
  • Jangan pernah menggunakan scouring pads atau sabut gosok atau pembersih yang kasar pada silikon. Bahan seperti itu hanya dapat meninggalkan goresan dan malah akan mengumpulkan minyak pada makanan di silikon. 
  • Langsung cuci bersih sutil silikon setelah digunakan, agar minyak tidak menumpuk di permukaan silikon.

Tips memilih sutil silikon

Tips memilih sutil silikon
Flickr

Sebagai alat yang paling berguna, membeli sutil silikon juga tidak bisa sembarangan. Berikut ini adalah hal-hal utama yang perlu dipertimbangkan saat membeli sutil silikon.

1. Ketahanan panas

Sering kali, sutil digunakan untuk mengaduk dan menumis makanan yang bersuhu tinggi, maka silikon yang tahan panas lah yang harus kamu pilih. 

Ada beberapa indikator umum sebagai bahan pertimbangan, seperti apakah sutil silikon yang kamu pilih sudah disetujui FDA, BPA free, dan seberapa besar tingkat ketahanan panasnya. Akan lebih baik lagi jika sutil silikon yang kamu pilih bersertifikasi LFGB yang dapat menahan panas maksimal 600°F.

2. Model one-piece

One-piece design ini bisa menghindari sutil kamu dari penumpukkan makanan yang biasanya bersarang di gagang sutil. Silikon yang penuh dari atas hingga bawah atau digunakan dalam satu bodi utuh ini bisa kamu pilih. 

3. Ukuran

Pilih ukuran sutil yang sesuai dengan kebutuhan dapurmu. Contohnya, jangan memilih sutil yang berkepala kecil untuk memasak masakan dengan porsi besar, karena akan memakan waktu dan tidak praktis.

Kamu bisa membeli sutil silikon yang dikemas dalam satu set dengan berbagai ukuran. Cara ini bisa meminimalisir kesalahan dalam menentukan ukuran.

4. Fleksibilitas

Salah satu kelebihan sutil silikon adalah fleksibilitasnya. Sebelum membeli sutil jenis ini, coba untuk mengecek seberapa fleksibel sutil tersebut. Tentukan juga seberapa fleksibel sutil yang kamu butuhkan. Hal ini harus dilakukan karena beberapa sutil berbahan silikon dibuat tidak terlalu fleksibel agar dapat menangani makanan yang cukup berat. 

Nah, itulah beberapa informasi tentang sutil silikon yang penting sekali untuk kamu ketahui sebelum membeli. Temukan berbagai informasi seputar memasak lainnya hanya di Yummy App. Semoga membantu!

Baca Juga: 3 Resep Rendang Daging Sapi Empuk dan Tips Memasaknya

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Rial Muharni

Rial Muharni

Tips Blanching Sayur

Tips Blanching Sayur

(5.0)

10 mnt

328

Artikel Lainnya di tips