5 Cara Merebus Jengkol agar Cepat Empuk dan Lebih Enak 

Supaya makan jengkol makin nikmat, cek tips berikut ya!

5 Cara Merebus Jengkol agar Cepat Empuk dan Lebih Enak 

penulis:

Yummy Official

Bagikan:

Mengolah jengkol menjadi makanan enak memang susah susah gampang. Pasalnya, sayur satu ini terbilang enak dan lezat sehingga cocok diolah menjadi makanan apapun. Namun, yang cukup menjadi tantangan saat mengolah jengkol adalah teksturnya yang padat dan liat, terlebih jika yang diolah merupakan jengkol tua.

Agar masakan jadi makan nikmat, kamu perlu tahu cara merebus jengkol agar cepat empuk. Pastinya kamu tidak ingin tekstur liat dan alot pada jengkol mengurangi kenikmatan saat menyantapnya, bukan?

Bagi kamu yang tidak sabar ingin segera menyantap dan mengolah jengkol, langsung simak tips dan cara merebus jengkol agar cepat empuk di bawah ini.

1. Kupas dan cuci bersih jengkol

iStockphoto.com

Sebelum mulai mengolahnya, sudah tentu kamu harus mengupas kulit jengkol dan mencuci bersih daging buahnya terlebih dahulu. Pengupasan kulit jengkol dan mencucinya hingga bersih merupakan salah satu tahapan penting untuk menghindari rasa pahit yang tertinggal atau menempel di kulit jengkol.

2. Rendam jengkol

description

Merendam jengkol bertujuan untuk mengurangi kandungan asam oksalat yang terkandung di dalamnya untuk mengurangi baunya. Merendamnya bisa menggunakan air biasa selama tiga hari berturut-turut dengan rutin mengganti air setiap hari, lalu menyimpannya di kulkas. Selain itu, kamu juga bisa merendamnya di dalam air cucian beras semalaman.

3. Merebus jengkol selama 15-20 menit

description

Merebus jengkol dapat dilakukan dengan air biasa tanpa tambahan bahan lain selama 15-20 menit. Namun, untuk mengurangi bau, kamu juga bisa merebus jengkol dengan menambahkan bubuk kopi.

Cara merebus jengkol agar cepat empuk yang satu ini merupakan cara yang sudah cukup banyak diketahui para penikmat jengkol. Merebusnya dengan bubuk kopi, selain menghilangkan bau menyengat saat dimasak, juga dapat mempercepat jengkol matang dan empuk.

4. Menggoreng jengkol

4. Menggoreng jengkol
iStockphoto.com

Cara merebus jengkol agar cepat empuk selanjutnya adalah dengan menggorengnya. Selain direbus, untuk mendapatkan tekstur empuk pada jengkol juga bisa dilakukan dengan cara menggoreng. Kamu bisa menggoreng jengkol dengan api sedang dan minyak panas selama beberapa saat.

5. Memarkan jengkol

description

Jengkol yang sudah direbus atau digoreng lebih baik dimemarkan terlebih dahulu sebelum dimasak dan dicampur dengan bumbu hingga menjadi pipih. Memarkan engkol dengan cara dipukul atau digeprek. Hal ini akan membantu selama proses penggorengan agar jengkol makin empuk dan bumbu yang digunakan meresap.

Itulah beberapa cara merebus jengkol agar cepat empuk yang dapat kamu ikuti agar olahan jengkol makin terasa nikmat. Selamat memasak, Sobat Yummy!

Penulis: Ikhsanny Novira Ishlah

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Mama Queen

Mama Queen

Sambel Gami Jengkol

Sambel Gami Jengkol

(5.0)

5 langkah

421

Artikel Lainnya di tips