15 Makanan yang Cocok untuk Dibawa Perjalanan Jauh saat Mudik

Mudah didapat, enak, dan nggak bikin kantong bolong!

15 Makanan yang Cocok untuk Dibawa Perjalanan Jauh saat Mudik

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Setiap menjelang hari raya Idulfitri, banyak umat Islam berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk menyambung silaturahmi. 

Mengingat banyaknya jumlah pemudik tiap tahun, tak heran jika kita menemui kemacetan saat berkendara di jalan. Kondisi itu kadang memaksa para pemudik untuk membatalkan puasa atau bahkan sahur di kendaraan. 

Sebagai antisipasi, kita perlu menyiapkan bekal makanan yang tahan lama yang cocok untuk dibawa perjalanan jauh ketika mudik. Sesuatu yang menggugah selera makan, praktis, dan bisa bertahan lama. 

Nah, dengan kriteria di atas, Yummy App akan memberikan rekomendasi makanan dan minuman yang bisa jadi bekal untuk perjalanan jauh ke tempat tujuan.

1. Roti

roti gandum
ilustrasi roti gandum (unsplash.com/Wesual Click)

Makanan yang cocok untuk dibawa perjalanan jauh sebagai bekal mudik adalah roti. Kamu bisa membawa jenis roti favorit masing-masing anggota keluargamu. Selain enak, roti juga sangat mudah didapatkan. 

Kamu pun bisa berkreasi membuat roti goreng isi sayur, roti isi ayam, atau juga roti isi pisang coklat untuk menambah nutrisi. Biasanya roti berumur paling pendek tiga hari, tapi kini dengan bantuan pengawet makanan banyak roti yang kadaluarsanya mencapai beberapa bulan.  

2. Telur rebus

telur rebus yang sudah dikupas
ilustrasi telur rebus yang sudah dikupas (pixabay.com/Klaus Nielsen)

Makanan berikutnya yang cocok untuk dijadikan bekal perjalanan mudik adalah telur rebus. Cara masak yang hanya direbus 10 menit, membuat telur jadi pilihan superfood yang praktis dan kaya nutrisi. 

Memakan telur rebus utuh bisa membantu memenuhi kebutuhan kalium dan protein, yang berguna menjaga metabolisme kamu selama di perjalanan. Daya tahan telur rebus juga bisa diandalkan, sekitar 1-2 hari untuk penyimpanan di suhu ruang. 

Sebaiknya bawa telur rebus yang belum dikupas, karena itu menambah masa umurnya.

3. Tahu dan tempe bacem

sepiring tempe bacem untuk sahur
ilustrasi tempe bacem (dok. Yummy App/Sarah Kaalimataw)

Menu khas Nusantara yang tidak boleh kelewatan untuk jadi bekal mudik adalah tahu dan tempe yang dimasak bacem. Makanan dengan rasa asin-manis ini cocok dengan mayoritas selera orang Indonesia. 

Resep tahu dan tempe bacem juga mudah dibuat di rumah, jadi kamu tidak harus membelinya dari luar. Tips tambahan, setelah kuah bacem dibiarkan surut, goreng tahu dan tempe untuk mengurangi kadar air. 

Menggoreng dengan minyak bertujuan untuk mengawetkan bacem jadi kamu tak usah khawatir itu akan basi. Bagi yang kurang suka rasa manis, kamu dapat memilih bacem bumbu kuning yang dominan asin. Meski biasa dijadikan lauk, kamu bisa langsung menikmati tahu dan tempe bacem tanpa repot.

4. Kering tempe

potret kering tempe
potret kering tempe (flickr.com/Nugrahini Tj)

Masih dari olahan berbahan dasar kedelai, makanan yang cocok untuk dibawa perjalanan jauh adalah kering tempe. Cara masak yang melibatkan penggorengan tempe, lalu ditumis bersama bumbu dan kecap, membuat sajian ini bisa bertahan sampai satu minggu. 

Kenikmatan akan berlipat saat kamu menambahkan teri dan kacang goreng yang memperkaya tekstur kriuk. Dibuat lauk dengan nasi putih saja rasanya sudah sedap. Benar-benar sederhana tapi nikmat!  

5. Sosis siap makan

ilustrasi sosis siap makan
ilustrasi sosis siap makan (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Makanan enak berikutnya yang cocok jadi pengganjal lapar di perjalanan adalah sosis siap santap. Dengan porsi sekali makan, harga murah, dan rasa yang enak, sulit menolak kelebihan sosis ini. 

Kandungan karbohidrat dan lemak dalam sosis bisa menjadi pemasok energi yang telah terkuras seharian. Rasa asin dalam sosis yang menandakan kadar natrium tinggi juga bisa membantu menyeimbangkan elektrolit tubuh. 

Kamu tidak perlu khawatir soal daya tahan sosis siap makan, karena biasanya produk dirancang untuk tahan selama beberapa bulan.

6. Buah-buahan

ilustrasi buah pisang
ilustrasi buah pisang (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Anjuran untuk makan buah setiap hari sangat beralasan, lho. Buah adalah produk alam yang kaya gizi seperti vitamin, mineral, dan serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. 

Istimewanya lagi, ada banyak jenis buah yang cocok untuk menjadi bekal dalam perjalanan menuju kampung halaman. Misal ada pisang, jeruk, apel, atau kurma yang selain enak dikonsumsi untuk berbuka puasa, juga berbentuk relatif kecil jadi pas dibawa ke mana-mana. 

Profil gizinya itu juga didukung fakta bahwa daya tahan buah cukup baik bila dibandingkan dengan makanan lain. Sebaiknya kamu mengonsumsi buah secara langsung agar nutrisinya tetap terjaga. 

7. Singkong goreng

usaha gorengan
ilustrasi usaha gorengan (flickr.com/hadizafa)

Belum lengkap acara makan-makan tanpa gorengan. Salah satu varian gorengan yang paling aman untuk dijadikan bekal perjalanan adalah singkong goreng

Di suhu biasa ketela goreng bisa bertahan sekitar dua hari. Jadi, kamu bisa memprioritaskan ini untuk dikonsumsi dulu. Rasa gurih ketela yang dibumbui bawang putih bisa sejenak menahan lapar karena tinggi akan karbohidrat dan serat. 

Baca Juga: Aneka Resep Lontong Sayur, Menu Sarapan Hingga Spesial Lebaran

8. Ubi cilembu bakar

ilustrasi ubi cilembu bakar
ilustrasi ubi cilembu bakar (flickr.com/ pretty strange)

Kudapan lain yang cocok untuk menjadi menu makan di perjalanan adalah ubi cilembu bakar. Pengolahan dengan cara dibakar ini mampu mengurangi sebagian kadar air sehingga membuat ubi  bisa awet berhari-hari. 

Sari-sari gula yang keluar dari ubi saat dibakar juga mengeluarkan aroma sedap yang menggugah nafsu makan. Apalagi rasa manis alaminya, selain enak di lidah juga bisa menyeimbangkan kadar gula darah.

Kandungan nutrisi yang didominasi karbohidrat kompleks juga bisa membantu menunda lapar selama di perjalanan. 

9. Jagung manis rebus

ilustrasi jagung manis rebus
ilustrasi jagung manis rebus (flickr.com/Maya Kulkarni)

Jagung manis rebus juga menjadi salah satu makanan yang cocok dibawa untuk perjalanan jauh. Jika tidak dipipil, jagung rebus yang kadar airnya dibiarkan berkurang bisa bertahan hingga dua hari. 

Sebagai kudapan di perjalanan, jagung rebus bisa membuat kenyang lebih lama karena memiliki banyak serat. Rasanya yang manis juga disukai oleh banyak orang, dari anak-anak hingga dewasa. 

10. Biskuit

ilustrasi biskuit
ilustrasi biskuit (freepik.com/KamranAydinov)

Bagi kamu yang mudik bersama keluarga dan ada anak kecil yang ikut serta, sebaiknya siap-siap banyak camilan, ya. Misalnya kamu bisa membawa biskuit aneka rasa untuk menarik perhatian anak-anak dan mengusir kebosanan mereka. 

Dengan demikian anak-anak tidak akan sering rewel dan perjalanan jadi lebih nyaman untuk semua orang. Biskuit bisa berpasangan dengan susu yang juga cocok dibawa untuk perjalanan jauh karena tahan lama selama belum dibuka.

11. Tahu bakso

potret tahu bakso
potret tahu bakso (flickr.com/Ratih Puspadewi)

Oleh-oleh khas Semarang ini bisa jadi makanan yang cocok untuk dibawa perjalanan mudik, lho. Adonan bakso yang disatukan dengan tahu menciptakan rasa lezat dengan tekstur yang lembut.

Kamu bisa mengukus tahu bakso selama 10-15 menit lalu mendinginkannya. Kalau ingin versi yang digoreng, kamu bisa membalur tahu bakso dengan kocokan telur biar lebih nikmat.

Tempatkan tahu dalam wadah tertutup dan itu masih enak dinikmati sampai 12 jam ke depan. Sisipkan cabai rawit hijau untuk rasa yang lebih nendang!

12. Keripik sayur

ilustrasi keripik sayur
ilustrasi keripik sayur (freepik.com/Freepik)

Bagi yang suka tekstur renyah keripik, kamu mungkin ingin menyelipkan makanan ini ke dalam tas berisi camilan. Keripik sayur jenis ini memungkinkan kamu bisa bebas ngemil tanpa khawatir kalori, lho. 

Caranya adalah dengan memilih keripik sayur yang diolah menggunakan vacuum frying atau oven, alih-alih digoreng dalam minyak. 

Pengolahan khusus itu mampu menekan jumlah kalori dan mempertahankan sebagian nutrisi secara efektif daripada penggorengan biasa. 

Jadi, bukankah itu membuat sayur keripik tergolong makanan yang cocok dibawa sebagai teman mudik? Selain kriuknya membuat mulut sibuk, keripik juga tahan lama dengan penyimpanan di wadah tertutup.

13. Yogurt

ilustrasi yogurt
ilustrasi yogurt (flickr.com/David Lebovitz)

Kesehatan pencernaan bisa terabaikan saat seseorang sedang sibuk mempersiapkan mudik. Kalau kamu memiliki masalah serupa yang disebabkan pola makan tak seimbang, maka yogurt bisa jadi penolongnya, nih. 

Dikenal karena nutrisi baiknya, yogurt bisa jadi makanan yang cocok untuk dibawa perjalanan jauh ketika mudik. Rasanya yang segar bisa membuatmu kembali bertenaga, dan mengusir sembelit yang sering dialami pemudik.

Selama masih dalam kondisi segel, yogurt bisa bertahan jangka panjang. Namun, setelah kamu membuka kemasannya, segera habiskan yogurtmu, ya!

14. Snack sereal

ilustrasi snack sereal
ilustrasi snack sereal (freepik.com/Freepik)

Pilihan makanan yang cocok untuk dibawa dalam perjalanan jauh adalah camilan berbahan dasar sereal. Meski berbentuk makanan ringan, snack bar umumnya ditujukan untuk mengganjal lapar karena tinggi serat. 

Jajanan sereal ini juga memiliki banyak variasi rasa dan dikombinasikan dengan kacang-kacangan yang meningkatkan profil nutrisi. 

Kamu pun dapat menemukan produk snack bar dengan mudah di supermarket. Rasanya enak, harga terjangkau, dan bikin kenyang, bekal sempurna untuk di perjalanan!

15. Permen herbal

ilustrasi permen herbal daun mint
ilustrasi permen herbal daun mint (flickr.com/the girl with cold hands)

Permasalahan yang cukup sering dikeluhkan saat perjalanan jauh adalah mabuk kendaraan. Badan lemas, perut mual, dan kepala pusing, gejala itu bisa reda dengan mengonsumsi permen herbal.

Saat ini di pasaran ada banyak produk permen herbal yang terbuat dari rempah-rempah seperti jahe atau daun mint, yang ditambah madu. 

Efek relaksasi yang melegakan pernapasan adalah manfaat yang bisa kamu dapat saat mengonsumsi permen herbal.  Kandungan gulanya yang tinggi juga mampu menambah energi dengan cepat. 

Beragam makanan yang cocok dibawa perjalanan jauh setidaknya harus bisa menggugah selera, tahan lebih dari 12 jam, dan mencukupi kebutuhan nutrisi. Makanan-makanan tersebut juga mudah didapat atau dibuat sendiri, sehingga bisa mendukung mobilitas yang sangat dibutukan ketika mudik. 

Baca Juga: 7 Tips Persiapan Mudik Lebaran 2023, Agar Aman dan Menyenangkan

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Febriyana W

Febriyana W

Strawberry Yogurt Chia Pudding

Strawberry Yogurt Chia Pudding

(5.0)

10 mnt

415

Re Milik

Re Milik

Risoles Roti Tawar Mayo

Risoles Roti Tawar Mayo

(5.0)

6 langkah

recooks-0

Artikel Lainnya di tips