15 Makanan Khas Kendari yang Legendaris, Pernah Mencoba?

Nama makanannya serba unik

15 Makanan Khas Kendari yang Legendaris, Pernah Mencoba?

penulis:

Dian Rahma Fika Alnina

Bagikan:

Terkenal sebagai daerah pesisir, kota Kendari memiliki kuliner beraneka ragam yang bisa memancing rasa penasaran wisatawan. Mulai dari makanan khas hingga oleh-oleh, kamu bisa menemukan banyak sajian yang mengingatkan cita rasa lokal. 

Tidak hanya nama makanannya yang unik, hidangan khas ibu kota Sulawesi Tenggara ini juga menarik untuk dicoba, lho. Berikut daftar makanan khas kota Kendari yang berhasil dirangkum Yummy App. 

1. Kasuami

potret kasuami makanan khas Kendari
potret kasuami makanan khas Kendari (facebook.com/ODhe Shry Asmira)

Kasuami adalah makanan khas dari Kendari dan beberapa daerah di Sulawesi Tenggara. Bentuknya yang mengerucut mungkin mengingatkan pada tumpeng, tapi alih-alih nasi, kasuami terbuat dari sari pati ubi yang dinanak menggunakan uap.  

Kasuami memiliki rasa tawar sehingga cocok jadi makanan pokok untuk dinikmati dengan ikan. Selain dikenal dengan nama kasuami, makanan ini juga disebut kasoami, soami, dan sangkola.

2. Kabuto

Masih berbahan dasar umbi-umbian, kabuto adalah makanan khas Kendari yang terbuat dari fermentasi campuran singkong dan ubi. Cara pembuatan kabuto adalah melalui proses pengeringan yang dibiarkan hingga berjamur.

Setelah itu kabuto harus dikukus agar lunak dan ditambah parutan kelapa saat dihindangkan. Sebagai makanan pengganti nasi, kabuto biasa disantap dengan ikan goreng. 

3. Lapa-lapa

potret lapa-lapa
potret lapa-lapa (facebook.com/Misnawati)

Makanan khas Kendari yang juga populer di seluruh Sulawesi adalah lapa-lapa, yang sekilas menyerupai lepet. Lapa-lapa terbuat dari campuran beras, beras ketan, dan juga santan. 

Kamu dapat merasakan gurih dari kelapa dan tekstur kenyal dari lapa-lapa ini. Meski sering dinikmati dengan kuah santan, lapa-lapa juga enak dimakan langsung begitu saja.

4. Kapusu Nosu

Kudapan lain yang menggunakan sumber karbohidrat kompleks adalah kapusu nosu. Makanan asli Wakatobi yang juga terkenal di Kendari ini memiliki tampilan kemerahan khas bubur kacang merah yang dicampur jagung. 

Tumbukan biji jagung yang direbus bersama santan dan kacang merah, menciptakan rasa gurih alami yang memikat lidah. Sebagian resep kapusu nosu juga menambahkan gula sebagai pemanis tambahan. Hidangan ini lebih enak dimakan selagi masih hangat.

5. Sinonggi

potret sinonggi makanan khas Kendari
potret sinonggi makanan khas Kendari (Google Maps/Muhammad Tayyib)

Sinonggi adalah papeda ala Kendari yang sama-sama terbuat dari sagu. Bedanya, sinonggi memiliki tambahan rempah-rempah khas Sulawesi Tenggara. 

Tektur yang lengket dari sinonggi cocok dinikmati bersama kuah ikan yang pedas dan segar. Variasi lauk pendamping untuk sinonggi adalah daging dan sayur mayur.

6. Ikan Dole

Beralih ke sajian lauk khas Sulawesi Tenggara, ikan dole adalah olahan daging tenggiri yang dicampur parutan kelapa dan digoreng sampai kecokelatan. 

Pengolahan yang hanya memanfaatkan daging ikan ini menambah kelezatan karena mudah dimakan. Rasanya yang gurih dan bergizi tinggi, membuat ikan dole jadi favorit masyarakat Kendari.

7. Boiku

potret boiku makanan khas Kendari
potret boiku makanan khas Kendari (Google Maps/Brave Heart)

Bagi masyarakat setempat, boiku adalah salah satu makanan khas Kendari yang paling nikmat. Boiku sendiri berarti keong sawah berwarna hitam yang ukurannya cenderung kecil.

Pembuatan boiku cukup simpel, tumis bumbu dasar putih dan tambahkan lengkuas. Lalu masukkan keong sawah yang sudah dibersihkan dan siram dengan air. Bumbui dengan garam dan lada, maka boiku siap dinikmati sekeluarga.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Tegal Paling Populer, Enaknya Kebangetan!

8. Sate Gogos Pokea

Tidak jauh-jauh dari keong, makanan khas Sulawesi Tenggara ada juga yang berbahan dasar kerang (pokea) yang diolah menjadi sate. Kerang yang telah direbus akan ditusuk dan dicampur bumbu agak pedas. 

Sate gogos pokea ini tidak perlu dibakar, karena kerang sudah matang saat dibacem dengan bumbu. Biasanya sate gogos disajikan dengan sambal kacang yang legit dan gurih. 

9. Pisang Epe

potret pisang epe
potret pisang epe (flickr.com/Said Toni)

Pisang epe adalah makanan khas Kendari yang cocok dinikmati saat bersantai di malam hari. Hidangan ini dibuat dari pisang kepok yang dibakar di atas arang sampai sedikit kehitaman. 

Saat setengah matang, pisang dipipihkan dan dibalik di sisi berlawanan. Penyajian pisang ape yang disiram larutan gula merah menjadikan kudapan ini sangat pas dinikmati sebagai makanan penutup. Kalau singgah ke Kendari, pastikan untuk ke kedai pisang epe, ya!

10. Kue Bagea

Makanan khas Kendari selanjutnya yang memiliki rasa manis adalah kue bagea. Kue berbentuk pipih memanjang ini berbahan dasar sagu yang begitu lembut saat masuk mulut. 

Karena termasuk sebagai kue kering, bagea sudah jadi produk oleh-oleh yang disukai wisatawan karena tahan lama. Tambahan topping berupa kacang tanah atau biji kenari juga menambah keragamam tekstur bagea.

11. Kacang Mete

Kacang mete yang diberi bumbu
ilustrasi kacang mete berbumbu (flickr.com/nushie)

Tahukah kamu, kalau ibu kota Sulawesi Tenggara ini terkenal dengan kacang mete yang berkualitas tinggi? Sehingga tak heran banyak produk oleh-oleh khas kota Kendari yang menonjolkan cita rasa mete. 

Olahan klasik yang paling diminati adalah kacang mete goreng, yang renyah dan gurih. Saat ini tersedia variasi kacang mete goreng yang diperkaya bumbu, jadi semakin banyak opsi yang bisa dipilih secara suka-suka. Apalagi jika kamu membeli kacang mete mentah, akan ada banyak resep yang bisa dicoba di rumah.

12. Karasi

Karasi adalah camilan tradisional yang berasal dari daerah Sulawesi. Bentuknya berserabut seperti gulungan rambut dan sangat rapuh. Di balik kerapuhannya itu, karasi sangat renyah dan mudah dikunyah. 

Tekstru krispi karasi dihasilkan dari adonan tepung beras yang digoreng kering lalu dibentuk sesuai keinginan. Penggunaan gula dalam adonan karasi menciptakan rasa manis dan warna khas karamelisasi.  

13. Brownies Mete

ilustrasi brownies mete
ilustrasi brownies mete (freepik.com/topntp26)

Olahan kacang mete yang populer menjadi buah tangan dari Kendari adalah brownies mete. Kelezatan kue brownies yang manis, sangat cocok dipadukan dengan gurihnya kacang mete.

Taburan mete yang dipotong-potong di atas brownies juga memperkaya tekstur kue yang biasanya dipanggang ini. Kalau kamu suka kudapan manis, brownies mete adalah makanan wajib yang tidak boleh dilewatkan.

14. Keripik Mete

Pernah membayangkan bagaimana rasa mete yang dijadikan keripik? Kalau penasaran, kamu bisa membungkus makanan unik ini saat berkunjung ke Kendari.

Keripik mete memiliki tekstur yang renyah serta rasa asin yang bikin nagih. Kamu bisa menemukan keripik mete dengan mudah di toko oleh-oleh dengan harga yang variatif. 

15. Jus Patikala

ilustrasi jus patikala
ilustrasi jus patikala (freepik.com/azerbaijan_stockers)

Jus patikala adalah minuman berwarna merah yang terbuat dari sari kecombrang. Patikala sendiri merupakan sebutan kecombrang di daerah Sulawesi.

Buah patikala meninggalkan rasa asam yang tidak terlalu kuat, sehingga sangat segar saat dinimati sebagai minuman. Minuman khas kendari ini dibuat dengan cara menghaluskan patikala dengan air. Untuk merasakan khasiat jus patikala, minuman ini biasa dinikmati tanpa tambahan pemanis. 

Cukup dengan tambahan es batu, kesegaran jus patikala sudah pasti mengusir dahaga.

Makanan khas Kendari yang sangat beragam, menunjukkan kekayaan kuliner yang memberi banyak pilihan untuk wisatawan. Mulai dari sajian berat hingga camilan, bersiaplah terpukau dengan masakan asal Kendari yang unik dan berani. Nah, dari sekian banyak sajian yang dibahas, mana, kah, yang membuatmu paling penasaran dan ingin jadikan oleh-oleh khas Kendari?

Baca Juga: 10 Makanan Khas Kupang NTT yang Terkenal Lezat, No Debat!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Elva Silvana

Elva Silvana

Coklat Mete #JagoMasakMinggu7Periode3

Coklat Mete #JagoMasakMinggu7Periode3

(5.0)

5 langkah

1.4 rb

Artikel Lainnya di kuliner