6 Menu Sahur ala Dokter Zaidul Akbar, Puasa Tetap Bertenaga!

Puasa jadi lebih bertenaga!

6 Menu Sahur ala Dokter Zaidul Akbar, Puasa Tetap Bertenaga!

penulis:

Zulfatul Jannah

Bagikan:

Menu sahur dr. Zaidul Akbar begitu dicari. Nah, dr. Zaidul Akbar adalah seorang dokter yang sering dikenal sebagai pengagas Jurus Sehat Rasulullah (JSR). Biasanya, beliau sering membagikan pola hidup Rasulullah, yaitu metode pengobatan sunnah dengan bahan-bahan alami untuk menyembuhkan suatu penyakit. Pola hidup ini biasanya ia lontarkan di media sosialnya, baikIinstagram maupun YouTube pribadinya.

Pembahasan menu sahur saat Ramadan juga pernah menjadi salah satu topik yang sering ia biacarakan. Dalam hal ini, dr. Zaidul Akbar menyarankan beberapa kombinasi menu sahur yang bisa kamu konsumsi agar tubuh tetap bertenaga walau harus berpuasa. Yuk, simak beberapa kombinasi menu sahur di bawah ini!

1. Infused water dari rempah-rempah

minuman rempah
ilustrasi minuman rempah (yummy.co.id/lailypuspitasari)

Biasanya kita sering menjumpai infused water yang berasal dari buah-buahan seperti lemon, timun, maupun stroberi. Namun, kali ini dr. Zaidul Akbar menyarankan infused water dari bahan yang sedikit berbeda, dengan menggunakan rempah-rempah.

"Anda bisa campur (irisan) kunyit, kencur, dan lada hitam. Cemplungin aja ke sini (botol berisi air mineral) dan gak usah di-refill (isi ulang). Kalau sudah selesai masa usianya, buang aja. Gak bagus kalau di-refill," begitulah tuturnya.

Kamu juga bisa mencobanya di rumah, lho. Minuman ini dianggap bisa memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk tubuh sehingga puasamu bisa lebih bertenaga.

2. Kurma dengan jeruk atau semangka

BUah kurma untuk penderita darah rendah
ilustrasi buah kurma (pexels.com/pictavio)

Kurma, buah kecil ini memang selalu menemani bulan Ramadan kita. Memakan kurma saat sahur sendiri merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan oleh Rasulullah. Hal ini dibuktikan dengan adanya salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud, mengenai kebiasaan Rasulullah untuk mengonsumsi kurma saat sahur.

Tak hanya itu, dr. Zaidul Akbar juga mengatakan bahwa "Sains menjelaskan bahwa ternyata Fe (zat besi) pada kurma ini terikat sempurna dan bisa meningkatkan fungsinya ini ketika bertemu dengan vitamin C". Hal ini semakin memperkuat bahwa buah ini sangat bermanfaat jika dikonsumsi saat puasa.

Baca Juga: 7 Manfaat Susu Kurma dan Cara Membuatnya, Stamina Terjaga saat Puasa

3.Minyak zaitun

Gambar minyak zaitun
Ilustrasi minyak zaitun(unsplash.com)

Siapa sangka minyak zaitun juga menjadi salah satu menu sahur yang dianjurkan. Ya, minyak zaitun merupakan salah satu minyak yang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Manfaat ini mulai dari melembabkan kulit sampai baik untuk kesehatan jantung.

Itulah mengapa, dr. Zaidul Akbar memasukkan minyak zaitun menjadi salah satu menu yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Beliau mengatakan bahwa "Minyak zaitun itu menurut sains mengandung yang namanya MUFA atau monounsaturated fatty acid, salah satu kandungan terbaik yang bisa digunakan untuk meningkatkan fungsi jantung, memperbaiki kolesterol".

4. Karbohidrat yang cukup

Ilustrasi makanan berkarbohidrat
Ilustrasi makanan berkarbohidrat (freepik.com/freepik)

Dalam pemaparannya beliau juga menyarankan untuk tidak mengonsumsi karbohidrat yang berlebihan. Mengonsumsi karbohidrat yang berlebih terkadang membuat kita lebih mudah untuk mengantuk.

"Jangan terlalu banyak karbohidratnya, ya," ujar dr. Zaidul Akbar. Karbohidrat sendiri memang dibutuhkan untuk tubuh, akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan tentunya tidak akan baik. Kamu bisa mengonsumsi karbohidrat yang lebih sehat, seperti beras merah, kentang, ubi, ataupun singkong.

Baca Juga: ​10 Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan 2024 

5. Buah alpukat dengan madu

ilustrasi alpukat madu
ilustrasi alpukat madu (istockphoto.com/Everyday better to do everything you love)

"Kalau gampang saya kasih tipsnya. Alpukat satu gitu dikerok saja, kasih madu sedikit, lalu minum minyak zaitun juga bisa. Kemudian, air putih itu sangat cukup untuk kebutuhan kita," ujar dr. Zaidul Akbar.

Alpukat sendiri mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup melimpah, sehingga makanan satu ini baik dikonsumsi untuk sahur dan cukup mengenyangkan. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus atau hanya dikerok dan dicampurkan madu.

6. Serat dan protein yang cukup

ilustrasi serat dan protein
ilustrasi serat dan protein (istockphoto.com/fcafotodigital)

Dalam menjalankan ibadah puasa, tentunya kamu membutuhkan makanan yang mengandung serat dan protein yang cukup untuk membuat tubuhmu tetap bertenaga. Hal ini juga disampaikan dr. Zaidul Akbar melalui YouTube pribadinya.

"Kalau mau tetap fit, ya, sebenarnya adalah empat per enam dari isi piringnya itu adalah sayuran dan buah-buahan. satu sampai enamnya adalah protein," ujar dr. Zaidul Akbar. Kamu bisa mengganti beberapa isi piringmu dengan serat dan protein yang lebih seimbang sehingga membantu untuk tetap kuat menjalani hari di kala puasa.

Baca Juga: 12 Makanan Berserat Tinggi yang Baik untuk Pencernaan

Itulah keenam menu dan tips sahur yang diberikan oleh dr. Zaidul Akbar. Kamu juga bisa menerapkannya di rumah. Puasa akan jadi lebih nikmat dengan menu makanan yang lezat.

Tak hanya itu, dr. Zaidul Akbar juga menekankan  untuk tetap fokus pada ibadah di bulan Ramadan. "Jangan sibuk dengan makanan. Sibuk dengan ibadah, banyakin zikir. Untuk yang kerja, kalau sudah selesai kerja, baca Al-Qur'an. Kita harus komitmen kalau Ramadan, kita menjadi sahabatnya Al-Qur'an," ujarnya.

Semoga ibadah Ramadan kita diterima oleh Allah SWT. Nantikan rekomendasi serta tips kuliner Ramadan lainnya di Yummy App. Download sekarang, jangan sampai ketinggalan!

Topik

Bagikan:

Artikel Terpopuler

resep masakan terkait

Yummy Official

Yummy Official

Minuman Rempah Ala Yummy

Minuman Rempah Ala Yummy

(4.7)

25 mnt

recooks-0
recooks-1
recooks-2
recooks-3

+1

Rhezhe Cozzy

Rhezhe Cozzy

Ayam Zaitun Saus Tiram

Ayam Zaitun Saus Tiram

(5.0)

5 langkah

362

Artikel Lainnya di tips